Sukses


Manfaat Membaca Selawat Nabi bagi Umat Islam, Ketahui Bacaannya

Bola.com, Jakarta - Selawat merupakan satu di antara bacaan umat muslim untuk memanjatkan doa dan memuji Nabi Muhammad saw. Membaca selawat nabi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan umat Islam.

BACA JUGA: Bacaan sholawat Nabi Muhammad SAW sesuai sunnah serta keutamaan membacanya

Membaca selawat Nabi bisa mendatangkan pahala dan keberkahan tersendiri untuk umat Islam. Manfaat membaca selawat nabi ada beragam, satu di antaranya bisa menghapuskan dosa umat muslim.

Amalan ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, baik dibaca sebagai zikir setelah salat maupun dibaca untuk mengisi waktu luang.

Hal tersebut seperti hadis nabi tentang selawat, Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, berselawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan selawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada." (HR. Abu Daud)

Itulah mengapa, umat Muslim perlu memahami bahwa membaca selawat nabi bukan hanya sekadar pelafalan saja, ada banyak manfaat yang bisa didapat saat membacanya.

Berikut manfaat membaca selawat nabi bagi umat Islam beserta bacaannya, disadur dari Merdeka, Senin (22/8/2022).

2 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Selawat Nabi

Menghilangkan Kesedihan

Hidup tidak bisa luput dari persoalan. Baik persoalan berat, ringan maupun sedang. Namun, bila menyertai keseharian dengan membaca selawat maka hidup akan lebih bahagia.

Memudahkan Terkabulnya Doa

Di antara makna selawat adalah doa maka bila ingin doa cepat terkabul oleh Allah, bacaan selawat harus dibaca sebelum memanjatkan keinginan kepada Allah.

Mendapat Kebahagiaan dan Ketenangan Hati

Siapa yang ingin mendapat kebahagiaan dalam hidup maka bacalah selawat dalam hari-hari sehingga mendapat ketenangan jiwa dan merasakan manisnya imam kepada Allah.

Selain itu, ketenangan batin serta hati menjadi jaminan wajib yang didapatkan bagi mereka yang selalu senantiasa membaca selawat nabi.

3 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Selawat Nabi

Mendapatkan Balasan Selawat dari Allah

Keutamaan membaca selawat nabi yang berikutnya yaitu akan mendapatkan balasan selawat dari Allah. Dikatakan, bagi siapa saja yang membaca selawat untuk Nabi Muhammad saw. maka Allah akan membalas 10 kali selawat untuknya.

Hal ini pun disebutkan dengan jelas dalam sebuah hadis, di mana Rasulullah bersabda, "Siapa yang berselawat untukku sekali, maka Allah Swt. berselawat untuknya 10 kali."

Mendapatkan Sambutan Selawat dari Rasulullah

Setiap umat muslim yang berselawat kepada Nabi Muhammad, beliau sendiri akan menyambut dengan berselawat untuknya.

Bukan hanya itu, orang yang berselawat untuk nabi juga akan dicatat 10 kebaikan. Dalam sebuah hadis riwayat Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik dikatakan, "Siapa yang berselawat untukku maka selawat itu akan sampai padaku dan aku akan bersalawat untuknya, dan baginya akan dicatat 10 kebaikan".

Mendapatkan Ampunan Dosa

Bukan hanya mendapatkan pahala kebaikan, Anda akan diampuni dari segala dosa oleh Allah jika membaca sewalat untuk Nabi Muhammad saw.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil, Rasulullah bersabda, "Wahai Abu Kahil, siapa yang berselawat untukku saban hari tiga kali dan saban malam tiga kali karena cinta dan rindu kepadaku, sungguh Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu."

4 dari 6 halaman

Manfaat Membaca Selawat Nabi

Mendapatkan syafaat Rasulullah

Syafaat dalam hal ini adalah pertolongan. Pada kehidupan akhirat nanti hanyalah orang-orang beriman yang akan mendapatkan pertolongan Rasulullah dari berbagai kesulitan yang harus dijalani di hari akhir.

Maka dengan memperbanyak amalan selawat nabi, Anda bisa mendapatkan pertolongan Rasulullah dengan lebih mudah.

Mengalirkan Keberkahan

Umat muslim yang berselawat untuk nabi maka akan termasuk golongan manusia yang paling utama di sisi-Nya.

Bukan hanya itu, Allah juga akan mengalirkan keberkahan dan kebaikan bagi siapa saja yang berselawat pada Rasul utusan Allah. Bahkan keberkahan tersebut akan terus mengalir hingga anak dan cucunya.

5 dari 6 halaman

Bacaan Selawat Nabi

Selawat Mukafaah

Allohumma sholli ala sayidina muhammadin wa ala alihi sayidina muhammad, sholatan maqbulatan tu,addi biha anna haqqohul adzim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat, salam, dan berkah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang menjadi kekasih Allah Swt., yang luhur pangkatnya dan yang agung kemuliaannya, dan limpahkanlah pula atas keluarganya dan para sahabatnya."

Selawat Ibrahimiyah

Allahumma shalli alaa sayyidinaa muhammad waalaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa shallaita alaa sayyidinaa ibraahiima waalaa aali sayyidinaa ibrahiia wabaarik alaa aali sayyidinaa muhammadin kamaa baarakta alaa sayyidinaa alaa sayyidinaa ibraahima wa alaa aali sayyidina ibraahima, fil aalamiina innaka hamiidun majiidun.

Artinya:

"Ya Allah, berilah kasih sayang kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi kasih sayang-Mu kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berkatilah kepada junjungan kita Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkati junjungan kita nabi Ibrahim dan kelurganya di antara makhluk makhluk-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Mulia."

Selawat Nur Al-Anwar

Allahumma Shalli Alaa Nuuril Anwaari Wasirril Asraari, Watiryaaqil Aghyaari Wamiftaahi Baabil Yasaari, Sayyidinaa Wamaulaana Muhammadinil Muhtaari Wa Aalihil Ath Haari Wa Ash Haabihil Ahyaari Adada Niamillaahi Wa Ifdhaalih.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, belakang layar dari segenap rahasia, penawar sedih dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Yang Mahakuasa dan karunia-Nya."

6 dari 6 halaman

Bacaan Selawat Nabi

Selawat Fatih

Allahumma sholli ala sayyidina muhammaddinil fatihi lima ughliqo wal khotimi lima sabaqo, nashiril haqqi bil haqqi wal hadi ila shirotikal mustaqim wa ala alihi haqqo qodrihi wa miq darihil adzim.

Artinya:

"Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah kepada Nabi Muhammad saw. sebagai pemuka sesuatu yang terkunci dan penutup sesuatu (para nabi) yang terdahulu, dialah penolong yang benar dengan membawa kebenaran serta petunjuk menuju jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya kepada keluarga dan para sahabatnya dengan sebenar-benarnya dengan pangkat dan kedudukan yang agung".

Selawat Nariyah

Allaahumma sholli sholaatan kaamilatan wasallim salaamaan taamman alaa sayyidinaa muhammadinil ladzii tanhallu bihiluqodu watanfariju bihilkurobu watuqdhoo bihilhawaaiju watunaalu bihir roghooibu wahusnul khowaatimi wayustasqaal ghomaamu biwajhihilkariimi waalaa aalihii washohbihii fii kulli lamhatin wanafasin biadadi kulli maluumin laka.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah selawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujan pun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan embusan napas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Selawat Matsurah

Allaahumma sholli alaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi wasallim.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah selawat kepada Nabi Muhammad yang tiada dapat membaca dan menulis (Ummy) dan semoga keselamatan tercurah kepada segenap keluarganya."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Edelweis Lararenjana. Published: 20/4/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer