Sukses


Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sering Diajukan beserta Jawabannya

Bola.com, Jakarta - Wawancara kerja merupakan sebuah tahapan yang harus dilalui oleh pelamar kerja. Terkadang pada tahap ini, bisa membuat stres pelamar kerja. Pasalnya, si pelamar kerja akan diajukan berbagai pertanyaan.

Tidak sedikit pertanyaan saat wawancara kerja, yang penuh "jebakan", harus dihadapi para pelamar. Hal ini tentu bukan tanpa alasan.

Berbagai pertanyaan yang diajukan berguna supaya para recruiter memiliki pandangan dan penilaian kepada si pelamar kerja. Bisa dibilang untuk menentukan diterimanya atau tidak si pelamar kerja.

Maka itu, sangat penting bagi para pelamar kerja untuk meriset, apa saja pertanyaan dan jawaban yang biasa muncul ketika wawancara kerja.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan wawancara kerja yang sering diajukan, lengkap beserta jawabannya, dikutip dari laman Duniakaryawan, Selasa (23/8/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja beserta Jawabannya

1. Ceritakan tentang diri Anda?

Jawaban: Nama saya Faisal Setiawan. Saya alumni Ilmu Komputer dari Universitas Indonesia. Sekarang ini saya bekerja di PT Maju Mundur sebagai teknisi jaringan. Saya bekerja di perusahaan tersebut sejak Januari 2013.

2. Mengapa Anda memilih jurusan Ilmu Komputer?

Jawaban: Saya menyadari bahwa saya menyenangi komputer sejak sekolah dasar. Dengan kuliah di jurusan Ilmu Komputer, saya menambah wawasan dan pengetahuan saya tentang komputer.

Selain itu, saya belajar di jurusan tersebut dengan menyenangkan karena topiknya sesuai minat dan kesenangan saya.

3. Bagaimana cara Anda membayar kuliah Anda?

Jawaban: Sebagian besar kuliah saya dibiayai orang tua saya. Namun, saya juga berusaha meringankan beban orang tua dengan bekerja sebagai paruh waktu di sebuah percetakan kaos dekat tempat tinggal saya.

4. Apakah Anda memiliki rencana melanjutkan pendidikan?

Jawaban: Ya, rencananya tiga tahun mendatang. Hal ini karena saya kuliah D3 sehingga saya ingin meneruskan ke jenjang S1.

Dengan kuliah di S1, wawasan dan pengetahuan saya akan meningkat sehingga saya bisa berkarier dengan lebih baik di masa mendatang.

5. Selain pendidikan formal, apakah Anda memiliki keterampilan lain?

Jawaban: Ya. Saat kuliah saya mengikuti kursus bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Selain itu, saya pernah juga mengikuti pelatihan kepemimpinan selama seminggu yang dilaksanakan himpunan mahasiswa universitas saya.

Saya juga mampu mengoperasikan komputer dengan berbagai program, seperti MS Words, MS Excell, MS Power Point, Photoshop, dan MS Access.

3 dari 4 halaman

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja beserta Jawabannya

6. Apa makna pekerjaan buat Anda?

Jawaban: Bagi saya, pekerjaan bukan semata-mata mencari uang. Namun, bagaimana saya bisa melakukan yang terbaik sehingga berkontribusi bagi kemajuan perusahaan.

7. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

Jawaban: Kelebihan saya adalah jujur, cepat belajar, dan pekerja keras. Sementara itu, kelemahan saya adalah suka lupa. Namun, saya berusaha mengatasi kelemahan ini dengan mencatat hal-hal penting terkait pekerjaan di buku saku saya.

8. Apakah Anda memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja?

Jawaban: Ya. Saya pikir hubungan saya dengan semua rekan kerja saya berjalan dengan baik.

Memang pernah saya memiliki masalah dengan seorang rekan kerja terkait pembagian tanggung jawab, tapi kami menyelesaikannya dengan cara berdiskusi bersama sehingga kami memiliki tanggung jawab masing-masing yang jelas.

9. Apakah Anda lebih senang bekerja seorang diri atau dalam tim?

Jawaban: Bergantung pada pekerjaan yang harus saya selesaikan. Meski saya lebih senang bekerja sendiri, saya dapat bekerja dalam tim.

10. Jika Anda diharuskan bekerja di dalam tim, posisi apa yang akan Anda pilih?

Jawaban: Saya lebih suka menjadi seorang konseptor. Dengan begitu, saya bisa merencanakan langkah-langkah yang harus diambil, membuat daftar sumber daya yang diperlukan, mengindentifikasi hambatan, dan membuat ukuran kesuksesan suatu projek.

4 dari 4 halaman

Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja beserta Jawabannya

11. Mengapa Anda pindah kerja dari perusahaan sebelumnya?

Jawaban: Saya ingin pekerjaan yang lebih menantang, dan saya kira perusahaan ini dapat memenuhi keinginan saya tersebut.

12. Apa halangan tersulit yang Anda temukan pada pekerjaan sebelumnya?

Jawaban: Halangan tersulit saya di pekerjaan tersebut adalah jam kerja yang tidak teratur. Terkadang saya bekerja di pagi hari dan di malam hari.

13.  Apakah Anda bersedia bekerja lembur?

Jawaban: Ya, saya bersedia. Itu tidak masalah bagi saya.

14. Apa yang membuat Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Jawaban: Perusahaan ini menawarkan pekerjaan yang sesuai pengalaman dan pendidikan saya. Dengan demikian, saya dapat berkontribusi dalam memajukan perusahaan ini.

15. Seberapa baik Anda mengenal perusahaan kami?

Jawaban: Saya cukup mengenal perusahaan ini karena banyak teman yang membicarakan dan menggunakan produknya. Selain itu, saya juga melihat iklan perusahaan ini di media massa ternama.

 

Sumber: Duniakaryawan

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer