Sukses


Pengertian Sudut beserta Macam-Macamnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Sudut merupakan satu di antara materi yang dipelajari dalam geometri. Geometri adalah cabang matematika yang berhubungan dengan pertanyaan bentuk, ukuran, posisi relatif gambar, dan sifat ruang.

Dalam geometri, sudut adalah bentuk geometris. Sudut juga sering kali ditemukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan dalam matematika, sudut adalah pengukuran yang digunakan untuk menunjukkan ukuran sudut atau rotasi. Ukuran ini menjadi perbandingan panjang busur lingkaran dengan jari-jarinya.

Sudut juga digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti animasi, arsitektur, pertukangan kayu, dan fisika. Jenis-jenis sudut ini memiliki nama, yakni sudut siku-siku, tumpul, lancip, lurus, dan banyak lagi.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang sudut, disadur dari Liputan6, Rabu (24/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pengertian Sudut

Sudut adalah bentuk geometris yang dibentuk oleh perpotongan dua ruas garis. Sudut merupakan ukuran jarak rotasi yang dibandingkan dengan jarak linier. Sudut juga bisa dianggap sebagai pecahan dari lingkaran.

Sudut merupakan bentuk yang dihasilkan dari dua garis dengan arah yang menyebar dari satu titik yang disebut titik vertex.

Dalam bangun dua dimensi yang beraturan, sudut dapat diartikan sebagai ruang antara dua buah ruas garis lurus yang saling berpotongan.

Satuan sudut diukur dalam derajat dan ditulis dengan tanda °. Angka maksimum dari sudut adalah 360 °.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Sudut

Sudut nol derajat (0°)

Dalam bahasa Inggris sudut ini disebut dengan "zero degree". Nol derajat sudut adalah sudut yang memiliki 0° di mana kedua garis pada sudut saling berimpit dan sama sekali tidak membentuk daerah sudut.

Sudut tersebut hanya terlihat seperti sebuah garis lurus, padahal sebenarnya merupakan dua garis yang saling berimpit. 

Bayangkan dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan salah satu garis berputar ke arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama.

Sudut yang mereka buat telah menyusut dari ukuran aslinya menjadi nol derajat. Sudut yang terbentuk memiliki ukuran nol derajat.

Sudut lancip (0° < x < 90°)

Sudut lancip adalah tipe sudut yang memiliki besar sudut antara 0° hingga kurang dari 90°. Notasi matematika dari sudut ini adalah 0° < x < 90°. X merupakan besar sudut yang diukur. Sudut ini lebih kecil dari sudut siku-siku.

Dalam bahasa Inggris sudut lancip disebut dengan "acute angle". Segitiga yang dibentuk oleh semua sudut berukuran kurang dari 90˚ juga dikenal sebagai segitiga lancip.

Poligon seperti segitiga, jajaran genjang, trapesium terdiri dari setidaknya satu sudut lancip di dalamnya.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Sudut

Sudut siku-siku (90°)

Sudut siku-siku adalah sudut yang memiliki besar sudut tepat 90°. Jika dua garis lurus saling berpotongan pada sudut 90˚ atau saling tegak lurus di persimpangan, keduanya membentuk sudut siku-siku.

Sudut siku-siku diwakili oleh simbol ∟. Sudut siku-siku, di dalam bahasa Inggris juga umum disebut dengan "right angle".

Contoh sudut siku-siku ada di kehidupan sehari-hari. Kamu bisa melihat sudut siku-siku pada sudut-sudut ruangan, buku, kubus, jendela dan beberapa tempat lainnya.

Sudut Tumpul (90° < x < 180°)

Sudut tumpul merupakan satu di antara jenis sudut yang mempunyai besar sudut antara 90° hingga kurang dari 180°.

Jika diterjemahkan dalam notasi matematika, sudut tumpul dituliskan dengan 90° < x < 180°, di mana x adalah besar sudut yang diukur.

Dalam bahasa Inggris sudut tumpul disebut juga sebagai "obtuse angle". Sudut tumpul sebuah segitiga ada pada segitiga yang satu di antara sudutnya lebih besar dari 90 derajat.

Segitiga tumpul bisa berupa segitiga sama kaki atau tak sama panjang.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Sudut

Sudut lurus (180°)

Sudut dengan ukuran 180 derajat disebut sudut lurus. Itu terlihat seperti garis. Namun, sudut lurus berbeda dengan sudut 0 derajat.

Bayangkan dua garis yang membentuk beberapa sudut lebih besar dari nol derajat. Kemudian bayangkan satu di antara garis berputar berlawanan arah garis lainnya sampai keduanya terletak pada garis yang sama. Inilah yang disebut dengan sudut lurus.

Dalam bahasa Inggris, sudut lurus disebut "straight angle". Sudut lurus terlihat seperti garis lurus, tetapi memiliki dua lengan. Di sisi lain, garis lurus hanya memiliki satu lengan yang menunjuk ke satu arah.

Sudut refleks (180° < x < 360°)

Jenis sudut ini memiliki besar sudut antara 180° hingga kurang dari 360°, atau jika ditulis dalam notasi matematika 0° < x < 90°, dengan x merupakan besar sudut yang diukur.

Sudut refleks memiliki julukan "reflex angle" dalam bahasa Inggris. Sudut ini lebih dari satu sudut lurus, tetapi kurang dari satu rotasi penuh.

Ukuran sudut refleks ditambahkan ke sudut lancip atau tumpul untuk membuat lingkaran 360 derajat penuh.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Tyas Titi Kinapti. Published: 18/11/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer