Sukses


3 Contoh Teks Ulasan, Lengkap beserta Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks ulasan diartikan sebagai teks yang mengulas isi, kelebihan, dan kekurangan suatu karya yang telah diterbitkan oleh sang pembuat.

Adapun fungsi teks ulasan untuk menimbang, menilai, serta mengajukan kritik terhadap suatu karya yang diulas tersebut.

Fungsi lain dari teks ulasan yakni untuk menginterpretasikan suatu karya yang telah dibuat oleh orang lain dengan bahasa kita sendiri.

Jenis karya yang biasanya diulas seperti karya sastra, artikel, hingga karya seni. Tak hanya itu, teks ulasan juga digunakan untuk mengulas sebuah peristiwa atau sebuah kegiatan yang sedang dilaksanakan.

Pada umumnya teks ulasan ditulis dalam bentuk artikel. Untuk memahami lebih dalam mengenai teks ulasan, kamu bisa menyimak beberapa contoh teks ulasannya.

Berikut ini beberapa contoh teks ulasan, lengkap beserta strukturnya, dikutip dari laman Dosenpendidikan, Rabu (24/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

  • Isi Resensi/Ulasan

Kotak merupakan satu di antara band di Indonesia dengan tiga personel. Tantri sebagai vokalis, Chua sebagai bassist, dan Cello sebagai gitaris. Album lagu kotak yang kedua bernama Kotak Kedua. Album ini dirilis pada 2008. Album lagu Kotak Kedua merupakan album kedua yang diluncurkan Band Kotak. Album ini dirilis melalui Warner Music Group.

Di dalam album Kotak Kedua terdapat 12 lagu. Lagu-lagunya, yaitu Beraksi, Kosong Toejoeh, Tinggalkan Saja, Berbeda, Lagi-Lagi, Tetap Ada, Masih Cinta, Terluka, Mencintai Ku dan Dia, Bayang Abadi, dan Rock Never Dies, serta Kembali Untukmu. Album lagu yang dirilis Juni 2008 ini pernah mendapat penghargaan AMI Award untuk Album Rock Terbaik.

  • Penilaian

Secara keseluruhan, album ini menarik banyak perhatian masyarakat. Dengan hal itu dapat dikatakan album Kotak Kedua ini sukses. Hal itu dilihat dari penghargaan yang diraih. Selain itu, lagu-lagu di dalamnya tetap eksis dan diminati pencinta musik hingga kini. Padahal, jika dihitung usia album lagu Kotak Kedua sudah sepuluh tahun lamanya.

  • Rangkuman

Dengan keunikan dan keunggulan yang dimiliki, album lagu Kotak Kedua layak untuk dibeli. Bagi pencinta musik rock, melewatkan album ini dapat menjadi suatu kesalahan. Lagu-lagu di dalamnya sangat ekspresif. Selain itu, lagu-lagunya memberikan semangat tersendiri sehingga, bagi pencinta musik khususnya pencinta musik rock, sangat dianjurkan membelinya.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Ulasan Buku

  • Orientasi

Sepatu Dahlan

Judul: Sepatu Dahlan

Penulis: Khrisna Pabichara

Penerbit: Noura Books

Tahun terbit: 1 Mei 2012

Tebal halaman: 369 halaman

  • Isi Resensi/Ulasan

Buku dengan judul "Sepatu Dahlan" ditulis oleh Khrisna Pabichara. Kisah dalam buku ini juga pernah dibuat menjadi film. Buku ini menceritakan perjuangan hidup seorang Dahlan Iskan. Ia pernah menjabat sebagai Menteri BUMN. Dahlan memiliki prinsip "Hidup, bagi orang miskin, harus dijalani apa adanya". Namun, keadaan hidupnya yang sulit tak menyurutkan niatnya untuk selalu bersekolah.

Buku "Sepatu Dahlan" mengisahkan tentang perjuangan Dahlan untuk sampai ke sekolah. Dahlan merupakan anak ketiga dari empat bersaudara. Puluhan kilometer harus ia tempuh tanpa menggunakan alas kaki. Dengan perjalanan tanpa alas kaki, kaki Dahlan lecet dan melepuh. Setelah lulus dari Sekolah Rakyat (SR), Dahlan gagal melanjutkan ke sekolah yang ia inginkan.

  • Penilaian

Di SMP, Dahlan menjadi ketua tim bola voli. Keinginannya untuk mendapatkan sepatu makin besar. Namun, musibah mulai datang saat sang Ibu jatuh sakit lalu meninggal. Walau begitu, Dahlan tetap kuat dan semangat. Hingga pada akhirnya ia diutus untuk menjadi pelatih tim voli tersebut. Dengan upah yang lumayan besar, Dahlan mampu membeli sepatu baru.

Kelebihan yang ada di dalam novel ini yaitu menceritakan tentang besarnya semangat hidup seseorang. Walau hidup dalam keadaan yang sulit, niat dan motivasi untuk selalu menempuh pendidikan tinggi tetap ada. Namun, hal yang kurang dari novel ialah alurnya yang tidak menentu.

  • Rangkuman

Jika dinilai secara keseluruhan, buku ini layak dibaca untuk menambah motivasi dalam hidup.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Ulasan Puisi

  • Isi Resensi/Ulasan

Puisi berjudul "Ibu" merupakan hasil karya Cantika Ayu. Puisi ini telah diterbitkan di majalah kalangan usia menengah. Isi dari puisi "Ibu" tentang doa seorang anak untuk ibunya. Di dalam puisi ini juga diungkap ucapan terima kasih atas jasa-jasa seorang Ibu. Digambarkan dalam puisi, Ibu merupakan seseorang yang selalu ada untuk putra dan putrinya.

  • Penilaian

Pada bait pertama hingga bait ketiga, penulis mengungkapkan doa-doa untuk Ibu. Seorang anak berharap senyum sang Ibu tak pernah pudar dan juga bahagianya jangan sampai hilang. Selain itu, ia juga berdoa agar di setiap langkah Ibu selalu dalam tuntunan Tuhan. Digambarkan pula, kendati Ibu orang yang banyak bicara, seorang anak tetap berharap rezeki Ibu mengalir deras.

Puisi ini menggambarkan betapa rasa kasih seorang anak kepada ibunya. Cinta kasih dan segala yang telah diberi sang ibu tidak akan dapat terbalaskan. Namun, ucapan terima kasih saja dirasa tak cukup sehingga doa-doa tulus seorang anak harus tetap dipanjatkan. Keunggulan puisi ini yaitu isinya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari yang dialami ibu dan anak.

  • Rangkuman

Meski ada beberapa kekurangan, secara keseluruhan, puisi "Ibu" layak dibaca. Puisi ini juga dapat dijadikan referensi untuk membuat puisi dengan tema yang sama. Kata-kata di setiap baitnya mampu membuat pembaca sadar betapa besar pengorbanan seorang Ibu. Puisi ini juga dapat dijadikan motivasi setiap anak agar tidak menyakiti hati seorang Ibu dan harus menjadi anak yang membanggakan.

 

Sumber: Dosenpendidikan

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer