Sukses


Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli, Kenali Ciri-Ciri dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Inovasi adalah berbagai hal baru yang berangkat dari ilmu pengetahuan serta dapat memberikan manfaat dalam kehidupan manusia.

Ilmu pengetahuan dibutuhkan dalam pengembangan inovasi. Tanpa adanya ilmu pengetahuan, inovasi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Bahkan, bisa menjadi salah sasaran dan tidak bertahan lama.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada dan sudah dikenal. 

Pengertian inovasi penting untuk diketahui. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu kerap mendengar kata inovasi.

Sesuatu yang disebut inovasi harus baru dan menciptakan nilai. Sesuatu yang menjadi inovasi, itu harus bisa menyebar ke orang-orang yang dapat mengekstrak nilainya.

Untuk bisa menciptakan sebuah inovasi, pemikiran yang inovatif harus disertai beberapa ketentuan. Selain elastis, komprehensif, dan luas, pemikiran inovatif perlu disertai dengan produktivitas, sensitivitas, originalitas, dan kreativitas tinggi.

Itulah penjelasan singkat mengenai inovasi. Untuk lebih jelasnya bisa membaca pengertian dari para ahli.

Berikut pengertian inovasi menurut para ahli, serta kenali ciri-ciri dan manfaatnya, seperti disadur dari Merdeka, Kamis (25/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengertian Inovasi Menurut UU dan Para Ahli

UU No. 19 Tahun 2002

Inovasi ialah kegiatan penelitian, pengembangan, dan atau perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, ataupun cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk ataupun proses produksinya.

Stephen Robbins

Inovasi ialah sebuah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau membarui suatu produk atau proses dan jasa.

Everett M. Rogers

Inovasi ialah sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik yang dilandasi serta diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang ataupun kelompok tertentu untuk diaplikasikan atau diadopsi.

Kuniyoshi Urabe

Inovasi bukan merupakan suatu kegiatan satu kali pukul (one time phenomenon), melainkan sebuah proses yang panjang dan kumulatif yang meliputi banyak proses pengambilan keputusan oleh organisasi, dari mulai penemuan gagasan sampai implementasinya di pasar.

Van de Ven, Andrew H

Inovasi ialah pengembangan dan implementasi gagasan-gagasan baru oleh orang, dalam jangka waktu tertentu yang dilakukan dengan berbagai aktivitas transaksi di dalam tatanan organisasi tertentu.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Inovasi

Ada beberapa ciri-ciri inovasi yang perlu kamu ketahui, di antaranya:

Baru

Ciri-ciri inovasi yang pertama yaitu selalu bersifat baru. Jadi, gagasan tersebut benar-benar murni dan belum pernah digunakan oleh siapapun.

Selain itu, dapat juga diartikan sesuatu yang sudah pernah digunakan orang lain, tetapi ingin diadopsi lantaran dirasa cocok dijadikan solusi.

Khas

Ciri-ciri inovasi berikutnya yaitu memiliki ciri khas. Inovasi akan selalu bersifat khas, kendati berawal dari pengadopsian.

Hal ini bisa diartikan, dengan segala pengadopsian yang dipraktikkan di tempat baru akan memunculkan ciri khas tersendiri.

Terencana

Inovasi merupakan suatu hal yang terencana karena termasuk sengaja dibuat. Hal ini berarti, inovasi dilakukan melalui proses yang dipersiapkan dengan matang, jelas, tidak tergesa-gesa dan sudah direncanakan terlebih dulu.

Memiliki Tujuan yang Jelas

Suatu inovasi pasti memiliki tujuan yang jelas. Ini berdasarkan pada ilmu pengetahuan yang digunakan.

Ilmu pengetahuan pasti menitikberatkan pada objek dan subjek dalam pengembangan. Jika tidak menentukan objek dan subjek yang jelas, inovasi tidak akan tepat sasaran bahkan gagal diterapkan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Inovasi

Memecahkan Masalah

Inovasi ialah ide dan gagasan baru yang dapat digunakan untuk penyelesaian masalah. Masalah baru tentunya harus diselesaikan dengan ide baru juga.  

Menciptakan Kualitas Unik

Manfaat inovasi berikutnya yaitu menciptakan kualitas yang unik. Banyak orang yang tidak menyadari jika berinovasi membuat dirinya memiliki kualitas yang unik.

Apabila inovasi berhasil dibuat dan dijalankan, perbedaannya pun akan terlihat. Hal ini berarti inovasi akan menonjolkan diri dan terlihat memiliki kualitas yang unik.  

Meningkatkan Produktivitas

Berinovasi juga akan berdampak baik bagi produktivitas. Mulai karyawan, bos, atau bahkan mahasiswa akan mendapat dampak ini jika melakoninya.

Tangguh

Seseorang yang pintar dalam berinovasi termasuk sosok yang tangguh. Hal ini berarti penyesuaian diri dengan masalah baru dan penyelesaiannya bisa dilakukannya dengan baik.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Addina Zulfa Fa'izah. Published: 24/3/2021)

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer