Sukses


4 Contoh Teks Argumentasi yang Bisa Dipelajari

Bola.com, Jakarta - Teks argumentasi adalah sebuah tulisan yang membuktikan kebenaran suatu pendapat dengan data serta fakta sebagai alasan atau bukti.

Data dan fakta yang disajikan dalam teks argumentasi mencakup hasil penelitian, data, teori, pendapat dari ahli, dan yang lainnya.

Secara sederhana, teks argumentasi adalah tulisan mengenai pendapat atau alasan penulis untuk membuktikan kebenaran dari suatu hal.

Teks argumentasi sering kali menjadi landasan dalam teks debat. Sebab, jenis teks ini menyajikan suatu bentuk retorika yang berusaha memengaruhi sikap atau pendapat orang lain.

Bagi yang membutuhkan referensi, di bawah ini ada beberapa contoh teks argumentasi yang bisa dipelajari.

Berikut ini beberapa contoh teks argumentasi, dikutip dari laman Dosenpendidikan dan Dosenpintar, Kamis (25/8/2022).

2 dari 5 halaman

Kapan Pendidikan Gratis Terwujud

Pendidikan gratis hanya janji yang bergema luas saat kampanye dan pemilihan pimpinan daerah maupun pusat. Saat pemilihan usai, akan lain ceritanya. Anak-anak miskin di kota, desa, dan pedalaman tetap mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan yang layak.

Di perkotaan sekolah berlomba-lomba meningkatkan sarana dan prasarana dengan jalan menaikkan pungutan dengan dalil sumbangan pendidikan, uang gedung, dan lain-lain karena biasanya masyarakat perkotaan lebih memilih sekolah yang mempunyai sarana pendidikan yang baik sehingga mereka tidak akan segan untuk membayar mahal demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka.

Sebaliknya di pinggiran kota, pedesaan, dan pedalaman, sekolah tidak bisa mengenakan pungutan kepada orang tua siswa karena tidak ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. Para siswa harus puas dengan kondisi fasilitas pendidikan.

3 dari 5 halaman

Bahaya Rokok bagi Kesehatan

Kebiasaan merokok dapat mengantarkan Anda kepada kematian. Sudah banyak sekali korban yang meninggal akibat merokok. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan setiap 10 menit sekali ada orang yang meninggal akibat rokok di Indonesia.

Memang efek kematian yang disebabkan oleh rokok tidak bisa dirasakan langsung oleh perokok melainkan butuh waktu yang lama hingga beberapa tahun.

Menurut Dr. Aria Nugraha, asap yang dihisap oleh perokok akan menggerogoti organ pernapasan mereka seperti paru-paru tenggorokan dan lain-lain sehingga menyebabkan beberapa penyakit seperti bronchitis, serangan jantung, dan gangguan kehamilan pada ibu yang sedang mengandung. Makin lama asap yang mereka hirup akan makin mempercepat proses itu.

Lalu mengapa rokok sangat berbahaya? Di dalam sebuah batang rokok terdapat zat-zat kimia yang berbahaya seperti racun, pemutih lantai, dan bahkan bahan bakar roket. Tidak hanya batang rokok saja yang berbahaya, asap dan tar juga bisa menyabakan kanker karena kandungan nikotinnya yang sangat berbahaya bagi tubuh kita.

Oleh karena itulah merokok bisa menyebakan kematian karena rokok dapat menyebakan berbagai macam penyakit yang bisa mematikan Anda.

4 dari 5 halaman

Facebook

Dunia sekarang ini tak lepas dari perkembangan teknologi, contohnya aplikasi Facebook, di situ kita bukan hanya bisa bertukar pesan status, gambar, dan video yang menyebabkan kita semua mendapat dampak untuk lebih mudah berkomunikasi secara jarak jauh.

Sejauh ini bukan hanya sebagai sarana hiburan dan komunikasi, Facebook juga bisa digunakan sebagai media bisnis yang murah, dilengkapi dengan mode gratis, yang menyebabkan kita mendapat kemudahan dalam memulai bisnis.

5 dari 5 halaman

Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas

Jumlah akibat terjadinya kecelakaan di jalan raya tahun ini akan terus meningkat. Bahkan lebih parah lagi dari lima tahun belakang. Menurut data yang didapat dan dirilis oleh pihak kepolisian, tahun kemarin jumlah dari kasus kecelakaan telah mencapai 4.500 kasus, yang dibandingkan dengan tahun ini telah mencapai jumlah 5.300 kasus pada H+2 Lebaran sehingga sudah bisa dipastikan akan terus makin bertambah.

Dari jumlah 5.300 kasus tersebut, persentase yang menunjukkan angka paling banyak adalah kendaraan beroda dua atau bermotor. Meningkatnya jumlah angka kecelakaan ini dengan disebabkan oelh bertambahnya jumlah para pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

 

Sumber: Dosenpendidikan, Dosenpintar

Dapatkan artikel contoh dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer