Sukses


Contoh Teks Khotbah Salat Jumat, Singkat dan Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Salat Jumat merupakan ibadah wajib yang harus didirikan oleh umat Islam terutama bagi kaum pria. Satu di antara syarat sah melakukan salat Jumat adalah mendengarkan khotbah.

Orang yang menyampaikan khotbah disebut khatib. Seorang khatib biasanya menyampaikan khotbah atau ceramah yang mengandung pesan berharga bagi para jemaah.

Dalam isi khotbah tak jarang khatib juga membawakan atau mengutip ayat-ayat yang ada dalam Al-Qur'an atau hadis nabi.

Ketika seseorang sedang memberikan khotbah, ia berharap audiens atau para jemaah bisa memahami apa yang disampaikan.

Di sisi lain, jalannya khotbah ini kurang bisa berjalan lancar tanpa adanya teks khotbah Jumat. Teks tersebut bisa memudahkan seorang khatib saat menyampaikan isi khotbah pada para jamaah.

Informasi yang disampaikan dalam teks khotbah harus memiliki pondasi atau rujukan yang jelas. Selain itu, dalam khotbah juga ada yang memberikan contoh kasus atau kisah supaya para jemaah bisa memahami informasi dengan lebih baik.

Berikut contoh khotbah salat Jumat, yang singkat dan mudah dipahami, disadur dari Brilio, Kamis (25/8/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Khotbah Salat Jumat

Contoh Khotbah tentang Menuntut Ilmu

Assalamualaikum wr.wb

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah Swt., yang mana berkat rahmat, taufik, hidayah serta inayah-Nya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Kedua kalinya selawat serta salam tetap tercurah kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw., yang telah membimbing kita dari zaman jahiliah menuju zaman zakiyyah. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai menuntut ilmu.

Pada dasarnya, menuntut ilmu itu sangat penting karena sesungguhnya ilmu adalah kehidupan dan cahaya. Keutamaan ilmu yang paling nyata adalah bahwa ilmu merupakan sarana untuk bertakwa kepada Allah Swt. Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang disukai, sepenting-penting sesuatu yang dicari dan sesuatu yang paling bermanfaat, daripada lainnya.

Ilmu pengetahuan merupakan sesuatu yang utama, mulia dan penting. Untuk itu semua harus menyadari tentang hal ini, setiap pendidik pada lembaga pendidikan manapun harus mampu menyadari akan keutamaan dan pentingnya ilmu, menyalurkannya kepada peserta didik, sehingga manfaat dan fungsi ilmu pengetahuan dirasakan secara menyeluruh, bukan sekadar formalitas belaka.

Sekian penjelasan terkait pentingnya menuntut ilmu.

Wassalamu’alaikum Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Khotbah tentang Pergaulan Bebas

Assalamualaikum wr.wb

Selamat siang generasi muda berkualitas Indonesia. Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt., karena kita bisa berada di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat. Izinkan saya menyampaikan beberapa patah kata bagi saudara sekalian

Apakah saudara sekalian pernah mempunyai pacar? Atau ada yang mempunyai geng dan suka bergerombol? Dunia remaja yang identik dengan kebebasan perlu mendapatkan pengawasan ekstra. Perubahan hormon dan lingkungan sosial bisa sangat berpengaruh pada kebiasaan remaja tersebut. Di masa ini, perhatian orang tua berperan penting agar remaja tidak terjerumus pada pergaulan bebas.

Cara mengontrol remaja pun perlu disesuaikan dengan karakternya, seperti dengan memberikan edukasi langsung, menegur, hingga meminta bantuan psikolog. Kesalahan dalam menegur remaja maupun terlalu mengekang justru membuat remaja semakin tertutup hingga berpotensi melakukan pelanggaran.

Waspadai pergaulan bebas yang bisa merusak generasi muda sejak dini. Generasi yang baik akan memberikan kontribusi positif pada Indonesia. Mari kita bangun negeri ini dengan generasi berkualitas. Sekian khotbah dari saya.

Wassalamualaikum wr.wb

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Khotbah Salat Jumat

Contoh Khotbah tentang Pendidikan

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt., karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan khotbah mengenai pendidikan.

Pada kesempatan ini, saya bermaksud menyampaikan tema pendidikan, terutama mengenai minat membaca buku. Minat baca buku anak-anak remaja hingga dewasa kini semakin menurun dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut bisa dilihat dengan penurunan tingkat literasi masyarakat. Tidak mengherankan, memang. Apalagi saat ini arus informasi melalui media elektronik lebih cepat dibandingkan media cetak. Penurunan minat baca tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada kualitas pendidikan kita.

Fenomena yang terjadi terkait minat seseorang, terutama siswa bukan tanpa sebab. Kondisi tersebut merupakan hal yang lumrah jika siswa sekolah menengah membawa ponsel sendiri. Kita juga tidak dapat mengontrol penuh aplikasi apa saja yang ada di dalamnya. Hampir sebagian besar waktu siswa dihabiskan untuk berselancar di media sosial dan berkomunikasi bersama teman-temannya. Sisanya, waktu dihabiskan untuk mengerjakan PR dan tugas sekolah lainnya. Siswa pun kesulitan menyisihkan waktu untuk membaca buku lain di luar buku pelajaran. Padahal, diperlukan pengetahuan tambahan di luar sekolah agar siswa mampu bersaing setelah lulus nanti.

Kita tidak dapat memungkiri bahwa informasi lebih cepat beredar melalui media elektronik. Namun, alangkah baiknya jika kita lebih tegas pada diri sendiri dengan memantau hal-hal penting yang ada di ponsel. Memanfaatkan aplikasi baca buku atau langganan buku online menjadi satu di antara alternatif. Jangan sampai penurunan kualitas pendidikan karena minat baca rendah justru disebabkan kita sendiri yang tidak siap dengan kemajuan teknologi.

Akhir kata, mohon maaf jika ada salah dalam penyampaian. Semoga setelah ini kita bisa menjadi generasi yang lebih baik lagi. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Khotbah tentang Ikhlas

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt., karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai ikhlas.

Rasulullah saw. mengingatkan, "Allah tidak menerima amal kecuali apabila dilaksanakan dengan ikhlas untuk mencari rida Allah semata."

Walaupun keringat dingin bertetesan, segenap tenaga habis, pikiran terkuras, kalau tidak ikhlas, sebesar apa pun amal kita semuanya pasti sia-sia di mata Allah Swt. Maka itu, sangat rugi orang yang sedekah habis-habisan hanya ingin disebut dermawan.

Mulai dari sekarang marilah kita membangun rasa ikhlas ketika beramal ibadah dan amal saleh dan juga ketika melakukan hal-hal lainnya. Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil makna dari ceramah ini dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Wassalamualaikum wr.wb

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Khotbah Salat Jumat

Contoh Khotbah tentang Berdoa

Assalamualaikum wr.wb

Rasa syukur terhadap kebesaran Tuhan semesta alam, Allah Subhanallahuwataala. Senantiasa kita haturkan melalui lisan maupun perbuatan atas nikmat dan karunianya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua.

Selawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada Rasulullah Muhammad Salallahualaihiwasalam, semoga kita selalu mendapat syafaatnya pada hari kiamat nanti.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai berdoa.

Berdoa kepada Allah Swt. merupakan perbuatan mulia yang sangat penting untuk dikerjakan oleh orang Islam. Berdoa tidak sekadar menyampaikan keinginan dan harapan seorang hamba kepada-Nya. Akan tetapi, berdoa juga merupakan perbuatan ibadah yang berpahala.

Di dalam berdoa, hendaknya kita lakukan dengan merendahkan diri di hadapan-Nya dan dengan suara yang lembut.

Berdoa juga perlu dilakukan dengan hati yang takut kalau tidak diterima, sehingga disampaikan dengan sungguh-sungguh dan harapan yang besar akan dikabulkan oleh Allah Swt. Dan, agar doa kita dikabulkan, hendaknya kita berusaha memenuhi perintah-Nya dan berada dalam keimanan serta kebenaran.

Berdoa memang perlu dan penting untuk kita lakukan. Agar keinginan dan harapan kita dikabulkan oleh Allah Swt. agar segalanya terasa lebih mudah karena kita senantiasa dalam pertolongan-Nya.

Cukup sekian khotbah mengenai berdoa. Mohon maaf bila ada kalimat yang tak berkenan di hati Anda.

Wassalamualaikum wr.wb

Contoh Khotbah tentang Bersedekah

Assalamualaikum wr.wb

Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah Swt, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita bisa sama-sama berkumpul di sini dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai sedekah.

Sedekah merupakan perilaku terpuji yang sangat disukai oleh Allah Swt. dan sangat dianjurkan bagi kita yang mempunyai rejeki lebih. Harta yang kita miliki sebagiannya adalah hak orang-orang yang tidak mampu, jadi kita harus mengeluarkan hak mereka agar harta kita menjadi bersih.

Rasulullah saw. sudah mengajarkan kepada umat-umatnya untuk mengutamakan bersedekah. Sedekah akan membuat hidup menjadi barokah. Allah juga berjanji bahwa bersedekah tidak membuat kita menjadi miskin. Justru Allah akan melipat gandakan harta yang sudah kita sedekahkan.

Semoga dengan bersedekah akan memberi manfaat bagi kehidupan kita di masa yang akan datang dan membuka pintu rejeki seluas-luasnya.

Demikian yang bisa saya sampaikan, Wassalamualaikum wr.wb

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Khotbah Salat Jumat

Contoh Khotbah tentang Larangan Berpacaran

Assalamualaikum wr.wb

Sebelumnya, mari kita bersama-sama memanjatkan puja dan puji syukur atas nikmat dan rahmat yang Allah Swt. berikan kepada kita semua. Selawat serta salam semoga terus tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. yang telah membimbing kita menuju jalan yang lurus dan terbebas dari kebodohan dan kejahiliahan. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan memberikan ceramah mengenai pacaran.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pacaran kini sudah menjadi hal yang biasa di kalangan masyarakat Indonesia khususnya para remaja. Masyarakat tidak menyadari bahwa pacaran yang dilakukan oleh anak muda zaman sekarang sudah sangat jauh dari kebenaran akhlak seorang muslim yang sebenarnya.

Allah Swt. telah beberapa kali mengingatkan kita untuk tidak berpacaran. Karena ketika seorang wanita dan pria sedang berpacaran, maka secara otomatis itu akan menyebabkan perzinahan. Mengapa demikian?

Dengan hanya memikirkan orang yang kita cintai saja kita sudah dapat dikatakan berzina, karena setelah kita memikirkan orang yang kita cintai tidak menutup kemungkinan jika suatu hal negatif pun akan terlintas dipikirannya. Selain zina pikiran ada juga zina mata, yaitu dimana kita sedang memandang orang yang kita cintai dengan penuh nafsu syetan.

Yang lebih parah adalah jika seseorang itu telah melakukan zina perbuatan, yaitu ketika kita sampai bersentuhan atau berbuat hal yang tidak semestinya. Maka Allah akan melaknat orang telah melakukan perbuatan yang demikian. Seperti yang telah dijelaskan oleh Allah Swt. di dalam Alquran surah Al-Isra’ ayat 32 yang artinya:

"Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk." (Q.S. Al-Israa’/17:32)

Untuk itu kita sebagai umat manusia, marilah kita saling mengingatkan satu sama lain agar kita tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan.

Demikian ceramah saya pada kali ini, semoga teman-teman bisa mengambil manfaat dari ceramah ini.

Wassalamualaikum wr.wb

 

Disadur dari: Brilio.net (Penulis: Shofia Nida. Published: 9/12/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer