Sukses


Contoh-Contoh Energi Terbarukan dan Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Energi terbarukan adalah jenis energi yang diperoleh dari sumber daya alam bumi yang tidak terbatas. Jadi, energi terbarukan tidak akan habis karena terbentuk dari proses alam yang berkelanjutan.

Meski energi alternatif yang terbarukan tidak akan habis, kita juga harus tetap melakukan penghematan energi mulai sekarang.

Berbeda dengan energi tak terbarukan, yang apabila energi tersebut habis maka butuh waktu jutaan tahun untuk tergantikan dengan energi yang baru.

Energi terbarukan bisa diciptakan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang makin canggih sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif.

Energi terbarukan menjadi alternatif energi tradisional yang mengandalkan bahan bakar fosil, dan cenderung tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan.

Berikut ini beberapa contoh energi terbarukan beserta penjelasannya yang perlu diketahui, dilansir dari laman sumber.belajar.kemdikbud.go.id, Jumat (26/8/2022).

2 dari 6 halaman

Tenaga Air

Energi air adalah satu di antara sekian banyak sumber energi terbarukan yang telah banyak dimanfaatkan untuk menggantikan energi fosil.

Air sifatnya terus-menerus bergerak. Tiap gerakan air menghasilkan energi alami yang sangat besar. Energi ini datang baik air dari sungai yang mengalir atau gelombang air yang berupa ombak di lautan.

Energi yang dihasilkan oleh air dapat dimanfaatkan dan dikonversikan menjadi listrik. Tidak seperti tenaga matahari dan angin, manfaat energi terbarukan dari air ini dapat menghasilkan tenaga terus-menerus selama 24 jam setiap harinya.

3 dari 6 halaman

Panas Bumi

Energi Geo (Bumi) thermal (panas) berarti memanfaatkan panas dari dalam bumi. Inti planet kita sangat panas, estimasi sekitar 5,500 celcius (9,932 F).

Kemudian tiga meter teratas permukaan bumi suhunya konstan sekitar 10-16 Celcius (50-60 F) sepanjang tahun.

Sumber energi terbarukan yang berasal dari dalam inti atom bumi ini memiliki tenaga yang sangat kuat dan jumlahnya sangat melimpah.

Pembangkit listrik tenaga geothermal biasanya menggunakan sumur dengan kedalaman sampai 1.5 km atau lebih untuk mencapai cadangan panas bumi.

4 dari 6 halaman

Biomassa

Biomassa adalah sumber energi terbarukan yang berasal dari organisme yang ada di bumi, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia.

Contoh biomassa antara lain adalah tanaman, pepohonan, rumput, ubi, limbah pertanian, limbah hutan, tinja, dan kotoran ternak.

Biomassa cukup umum digunakan sebagai sumber energi (bahan bakar).

5 dari 6 halaman

Tenaga Surya

Energi surya atau matahari telah cukup banyak dimanfaatkan di banyak negara. Jika dimanfaatkan dengan tepat, sumber energi terbarukan yang melimpah ini akan mampu menyediakan kebutuhan konsumsi energi harian dunia.

Potensi energi surya pada suatu wilayah sangat bergantung pada posisi antara matahari dengan kedudukan wilayah tersebut di permukaan bumi.

Indonesia, yang berada dalam wilayah khatulistiwa, mempunyai potensi energi surya yang cukup besar sepanjang tahunnya.

Pemanfaatan energi terbarukan ini dapat dilakukan secara langsung dengan membiarkan objek pada radiasi matahari, atau menggunakan peralatan yang mencakup kolektor dan konsentrator surya (panel surya).

6 dari 6 halaman

Tenaga Angin

Angin dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi menggunakan kincir angin. Energi mekanik yang dihasilkan oleh kincir angin dapat dimanfaatkan secara langsung atau dikonversi menjadi energi listrik.

Keuntungan dari tenaga angin ialah ramah lingkungan. Sumber energi terbarukan ini bebas dari polusi yang sering diasosiasikan dengan pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan nuklir.

Untuk mendapatkan energi yang stabil, penempatan turbin angin disarankan dilakukan pada daerah yang memiliki kecepatan angin yang relatif konstan, dan dengan arah angin yang tak berubah-ubah.

 

Sumber: sumber.belajar.kemdikbud.go.id

Dapatkan artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer