Sukses


Contoh Teks Moderator yang Bisa Digunakan Sebagai Referensi

Bola.com, Jakarta - Moderator adalah istilah umum yang digunakan untuk orang yang menjadi pemandu sebuah kegiatan, diskusi, atau acara lainnya.

Tugas moderator mirip dengan MC, tetapi keduanya memiliki sedikit perbedaan.

Seorang moderator hanya memegang kendali pada sesi tertentu dalam sebuah kegiatan atau acara, sedangkan MC bertugas mengendalikan seluruh acara.

Peran utama seorang moderator adalah mengendalikan sesi presentasi dari narasumber dan sesi tanya jawab atau diskusi.

Untuk menjadi seorang moderator yang baik, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Satu di antaranya mempelajari teks moderator terlebih dahulu supaya acara dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini beberapa contoh teks moderator, yang bisa digunakan sebagai referensi, dikutip dari laman Salamadian, Senin (29/8/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator 1

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang kami hormati para undangan, narasumber, dan hadirin yang berbahagia.

Bersyukurlah kita karena telah diberi nikmat berupa kesehatan dan kesempatan untuk menghadiri acara ini. Sebagaimana telah diketahui, pagi ini kita akan mengikuti seminar tentang pentingnya peran agama bagi para remaja. 

Saya, selaku moderator, terlebih dahulu akan menjelaskan ketentuan sesi diskusi ini. Kita akan terlebih dahulu mendengarkan pemaparan dari narasumber kita hari ini, masing-masing sekitar 20 menit.

Selanjutnya, barulah acara kita lanjutkan dengan sesi tanya-jawab yang akan dibagi dalam tiga termin dengan tiga pertanyaan pada tiap termin. Disksusi akan ditutup dengan kesimpulan yang akan saya bawakan selaku moderator.

Baiklah, kita mulai saja sesi ini dengan mendengarkan bersama materi dari narasumber pertama. Kepada Bapak/Ibu ……………, kami persilakan.

Terima kasih kepada narasumber atas pemaparan materinya dan selanjutnya, saya buka termin pertama untuk tiga penanya. Kepada audiens, saya persilakan.

Hadirin sekalian, dari diskusi yang terjadi pada sesi tanya-jawab ini, dapat kita simpulkan bahwa agama memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan karakter remaja di era milenial sekarang ini ……………………..………………

Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta atas perhatian dan antusiasmenya selama mengikuti seminar ini. Semoga seminar ini mendatangkan manfaat bagi kita semua.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator 2

Assalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak dan ibu guru yang saya hormati serta teman-teman tercinta, marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah Swt. atas nikmat iman dan Islam serta kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di sini. Tak lupa, kita sampaikan selawat dan salam kepada junjungan kita yang mulia, Nabi Muhammad saw.

Pada pagi ini, Rabu, tanggal 23 Februari 2018, kita akan bersama-sama melaksanakan kegiatan diskusi yang mengangkat tema "Sumbangsih Ilmuwan Muslim pada Peradaban Dunia".

Sebagaimana telah disampaikan oleh pembawa acara, narasumber kita kali ini adalah Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc. yang akan segera kita simak pemaparannya. Setelah nanti Bapak Ilham menyampaikan materinya, saya akan memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk bertanya.

Untuk mengefektifkan waktu, kepada Bapak Drs. Ilham Setiadi, M.Sc. saya persilakan.

Baiklah, demikian tadi materi dari narasumber kita hari ini dan sekarang kita memasuki sesi tanya-jawab. Adapun peraturan untuk sesi ini adalah penanya terlebih dahulu memperkenalkan diri dan setiap penanya hanya boleh memberikan satu pertanyaan.

Alhamdulillahirabbil alamin, sesi tanya-jawab sudah selesai. Dari hasil diskusi tadi, saya simpulkan bahwa ………………………………..

Sekian diskusi kita hari ini, terima kasih saya ucapkan kepada narasumber dan seluruh peserta atas partisipasinya sehingga acara ini bisa berjalan dengan sukses. Saya mohon maaf jika terdapat kesalahan, dan acara saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wabillahitaufiq walhidayah, wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Moderator 3

Assalaamualaikkum warahmatullahi wabarakatuh.

Bapak-bapak dan ibu-ibu peserta sosialisasi Sensus Ekonomi 2017 yang saya hormati.

Baiklah, mari kita lanjutkan acara sosialisasi ini dengan mendengarkan pemaparan dari narasumber kita kali ini, yaitu Bapak/Ibu …………………….. (sebutkan namanya) dari ……………………….. (sebutkan instansi atau lembaganya).

Namun, sebelumnya, saya informasikan bahwa acara sosialisasi ini terbagi dalam dua sesi, yaitu sesi pertama pemaparan materi oleh narasumber dan sesi kedua tanya-jawab. Selanjutnya, mari kita simak bersama pemaparan dari narasumber. Kepada Bapak/Ibu ……………………. saya persilakan.

Terima kasih atas pemaparannya, kita berikan tepuk tangan sekali lagi untuk narasumber.

Selanjutnya, kita masuki sesi tanya-jawab. Untuk termin pertama, saya akan memberikan kesempatan kepada tiga orang penanya. Kepada bapak dan ibu yang ingin bertanya harap menyebutkan nama dan instansinya.

Terima kasih atas pertanyaannya, silakan Bapak/Ibu ………………. menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ketiga peserta yang telah mengajukan pertanyaan.

Terima kasih atas jawaban yang diberikan, semoga cukup jelas bagi penanya.

Bapak dan ibu sekalian, demikianlah acara sosialisasi Sensus Ekonomi 2017 pada hari ini. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, kegiatan sensus ekonomi tahun 2017 dapat berjalan dengan lancar.

Akhir kata, saya mohon maaf jika terdapat kekurangan selama acara ini berjalan. Selanjutnya, saya kembalikan kepada pembawa acara.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Sumber: Salamadian

Dapatkan kumpulan artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer