Sukses


Pengertian Edukasi, Tujuan, Jenis, dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Edukasi adalah suatu proses pembelajaran yang dilakukan baik secara formal maupun non formal yang bertujuan untuk mendidik, memberikan ilmu pengetahuan, serta mengembangkan potensi diri.

Kegiatan edukasi bisa dan bahkan harus dilakukan kepada seseorang mulai dari awal dia mampu memahami sesuatu hingga seumur hidup. Sebab, hampir setiap hal yang berkaitan dengan kegiatan kehidupan sehari-hari memerlukan edukasi.

Proses edukasi ini dalam kehidupan sehari-hari lebih dikenal dengan sebutan proses belajar. Dalam hal ini edukasi adalah proses belajar dari tidak tahu menjadi tahu.

Edukasi tidak hanya bertujuan mengembangkan ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih dari itu, yang paling penting adalah edukasi masalah moral atau adab manusia.

Sebab, seberapa pun pintar seseorang jika tidak punya adab atau berperilaku buruk maka tidak akan berguna bagi kehidupan orang banyak.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman tentang edukasi, disadur dari Liputan6, Minggu (28/8/2022).

2 dari 4 halaman

Tujuan Edukasi

1. Meningkatkan kecerdasan.

2. Mengubah kepribadian manusia suapaya memiliki akhlak yang terpuji.

3. Menjadikan mampu untuk mengontrol diri.

4. Meningkatkan keterampilan.

5. Bertambahnya kreativitas pada hal yang dipelajari.

6. Mendidik manusia menjadi lebih baik dalam bidang yang ditekuni.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Edukasi

1. Formal

Proses pembelajaran ini umum diselenggarakan di sekolah dan ada peraturan yang berlaku serta harus ditaati. Lalu ada pihak terkait yang mengawasi proses pembelajaran di sekolah.

Di Indonesia, pendidikan formal yang bisa ditempuh oleh setiap individu adalah mulai jenjang SD, SMP, dan SMA, hingga pendidikan tinggi.

2. Non Formal

Edukasi non formal biasanya banyak ditemukan di lingkungan tempat tinggal, contohnya tempat pendidikan baca tulis Al-Qur'an di masjid, lalu kursus-kursus seperti kursus mobil, kursus musik, dan lain sebagainya.

3. Informal

Edukasi informal adalah jalur pendidikan yang terdapat di keluarga dan lingkungan sekitar rumah. Dalam edukasi informal ada proses pembelajaran secara mandiri dan dilakukan atas dasar kesadaran serta rasa tanggung jawab yang dimiliki.

Hasil dari pendidikan informal telah diakui sama dengan pendidikan formal dan non formal serta digagas oleh pemerintah meliputi: anak harus dididik dari lahir hingga dewasa, pendidikan awal dimulai dari keluarga.

Keluarga merupakan tahap edukasi yang penting karena banyak anak sekarang dikarenakan keluarganya berantakan sehingga sangat memengaruhi pendidikan di sekolah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Edukasi

1. Mencerdaskan kehidupan bangsa untuk membangun peradaban negara.

2. Memberikan pengetahuan luas tentang apa yang dipelajari.

3. Mengembangkan kepribadian manusia menjadi lebih bermartabat.

4. Mengembangkan bakat yang telah dimiliki sehingga lebih berpotensi.

5. Memperbaiki kesalahan seseorang agar menjadi lebih baik.

6. Membekali manusia untuk menyongsong masa depan yang cerah.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 30/5/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer