Sukses


Jenis-Jenis BBM yang Berkualitas dan Bikin Mesin Kendaraan Awet

Bola.com, Jakarta - Kita harus bisa memilih jenis BBM (bahan bakar minyak) yang cocok untuk kendaraan kita agar mesin menjadi awet.

Jika kita salah memilih akan berpotensi BBM tidak terbakar sempurna sehingga menyebabkan masalah pada mesin kendaraan.

BBM memiliki bermacam jenis dan kegunaan. Kendati begitu, masih banyak di kalangan masyarakat yang belum memahami jenis BBM, yang sesuai dengan tipe kendaraan yang dimiliki.

Agar tak salah menggunakan BBM untuk mesin kendaraan Anda, penting menyimak informasi pada artikel ini.

Sebagai informasi, PT Pertamina (Persero) adalah ritel BBM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Berikut ini jenis-jenis BBM yang berkualitas dan bikin mesin kendaraan awet, dikutip dari laman mypertamina.id, Senin (29/8/2022).

2 dari 6 halaman

Pertalite

Pertalite adalah jenis BBM dengan angka oktan 90 yang tepat digunakan untuk kendaraan yang mempunyai kompresi 9:1 hingga 10:1. Jenis BBM ini tepat digunakan untuk kendaraan yang biasa beredar di Indonesia saat ini.

Sebenarnya untuk jenis ini lebih cocok digunakan untuk kendaraan keluaran lama. Namun, karena angka oktan 90, Pertalite masih cocok untuk kendaraan yang banyak beredar di Indonesia saat ini.

3 dari 6 halaman

Pertamax

Untuk Pertamax memiliki angka oktan 92 serta sudah standar internasional. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi 10:1 sampai 11:1. Pertamax sudah termasuk jenis BBM yang ramah lingkungan sehingga membuang gas emisi dengan karbon lebih sedikit.

Pertamax mampu membersihkan bagian dalam mesin serta dilengkapi juga dengan antikarat serta dapat melindungi mesin sehingga lebih awet karena pembakaran di mesin menjadi lebih efisien.

4 dari 6 halaman

Pertamax Turbo

Pertamax Turbo merupakan jenis BBM yang dikembangkan antara Pertamina dan Lamborghini. Untuk Pertamax Turbo memiliki angka oktan 98, lebih tinggi dibandingkan Pertamax. Untuk jenis ini direkomendasikan untuk kendaraan dengan kompresi 11:1 hingga 13:1.

Jenis BBM ini mampu meningkatkan akselerasi dan kecepatan kendaraan serta mampu menyempurnakan pembakaran pada mesin. Pertamax Turbo juga memiliki emisi yang lebih ramah lingkungan.

Untuk Pertamax Turbo lebih cocok digunakan untuk kendaraan tipe sport, baik kendaraan mobil maupun motor.

5 dari 6 halaman

Dexlite

Berbeda dengan Pertalite dan Pertamax, untuk kualitas BBM ini diukur berdasarkan nilai cetane. Dexlite memiliki angka cetane 51 serta mengandung sulfur paling maksimal 1200 ppm. Jenis BBM ini sangat disarankan untuk kendaraan bermesin diesel.

6 dari 6 halaman

Pertamina Dex

Pertamina Dex memiliki angka cetane 53 dan mengandung sulfur kurang dari 300 ppm serta sudah memenuhi standar Euro 3. Direkomendasikan untuk kendaraan bermesin diesel modern. Jenis ini cocok untuk kendaraan umum atau pribadi.

 

Sumber: mypertamina.id

Dapatkan kumpulan artikel jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer