Sukses


Contoh Teks Deskripsi tentang Alam, Singkat dan Mudah Dipahami

Bola.com, Jakarta - Banyak materi yang sering dijadikan bahan pembelajaran oleh siswa di sekolah, satu di antaranya teks deskripsi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Adapun struktur yang ada pada teks deskripsi ada tiga, meliputi identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian.

Teks deskripsi biasanya berisi tentang penggambaran suatu objek sehingga pembaca terkesan bisa melihat, mendegar, dan merasakan objek tersebut.

Dengan kata lain, melalu teks ini, penulis berusaha untuk menciptakan impresi atau sensasi indra pembaca dalam rangka menghasilkan kesan berdasarkan pemikiran dan imajinasinya.

Agar lebih bisa memahaminya, kamu bisa membaca contoh teks deskripsi mengenai alam di bawah ini.

Berikut contoh teks deskripsi tentang alam, yang singkat dan mudah dipahami, dikutip dari laman Materibindo, Rabu (31/8/2022).

2 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Pelangi

Pelangi adalah fenomena alam yang terjadi karena adanya proses pembiasan atau pembelokan cahaya. 

Pelangi memiliki berbagai macam warna yang indah, tetapi sebenarnya hanya memiliki satu warna, yaitu putih. 

Kita bisa melihat pelangi saat cahaya matahari mengalami pembiasan karena air hujan. Untuk dapat melihat pelangi, kita harus berada di antara hujan dan sinar matahari.

Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung yang terdapat di perbatasan antara kabupaten Bandung Barat dengan kabupaten Suang.

Gunung ini memiliki pemandangan alam yang indah serta kawahnya yang terkenal. Saking menakjubkannya sering dijadikan sebagai satu di antara destinasi favorit saat liburan, khususnya bagi yang sedang berpergian ke Jawa Barat.

Selain pemandangannya yang indah dan asri, suasana yang sejuk dan kawah yang cantik membuat siapa saja yang memandangnya terpesona.

Gunung ini tidak jauh dari Kota Bandung, hanya sekitar 25-30 km. Selain saat liburan, hari-hari biasa pun tidak pernah sepi pengunjung, bus-bus dari luar kota silih berganti datang mengantar wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Gunung Tangkuban Perahu.

3 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Gunung Bromo

Gunung Bromo terletak di kabupaten Probolinggo. Di sekitar gunung terdapat asap tebal membubung tinggi yang menyelimuti ujung Gunung Bromo.

Burung-burung beterbangan di sekitaran gunung, hamparan pohon hijau di lereng gunung, dan tampak dari kejauhan sungai yang mengalir deras.

Suara-suara germicik air menetes dari daun, cuaca di sekitar gunung sangat dingin sekali. Melihat warga sekitar yang sedang beraktivitas dengan pekerjaannya masing-masing, tampak ada yang sedang bercocok tanam, menanam sayur buah-buahan dan lain-lain.

Terlihat keindahan matahari terbit, hamparan savana rumput yang hijau, banyak juga yang sedang berkuda, serta ada pula yang menawarkan makanan ringan dan minuman.

Banyak yang bermain offroad dengan sepeda motor trill-nya. Angin yang berembus kencang menerbangkan pasir-pasir di sekitar gunung.

Terdapat tangga menuju puncak gunung, di puncak gunung muncul asap dari dalam gunung. Sangat menakjubkan melihat Gunung Bromo.

Gili Trawangan

Gili Trawangan merupakan satu di antara pulau yang ada di Kepulauan Lombok. Pulau ini hanya mempunyai panjang 3 km dan lebar 2 km sehingga dapat dikelilingi hanya dengan berjalan kaki saja.

Pulau ini mempunyai pasir putih yang lembut serta air lautnya yang jernih. Selain itu, ombak di pantai pulau ini pun tergolong kecil. Di pantai ini, akan terlihat pemandangan Gunung Rinjani dan Gunung Agung dari kejauhan.

Sinar matahari yang kemerahan pada saat sunset bisa disaksikan di tempat khusus yang disediakan pulau ini, yaitu Sunset View. Jika wisatawan ingin menyelami lautan Gili Trawangan, pemandangan terumbu karang dapat memanjakan mata, serta ikan-ikan kecil yang melintas.

Tak hanya itu, penyu yang merupakan hewan langka bisa ditemukan disini, tepatnya di kedalaman 10-20 meter.

4 dari 4 halaman

Contoh Teks Deskripsi tentang Alam

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir berada di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Di sini saat matahari terbit dan tenggelam dapat dilihat sangat indah.

Bentuk dari bukit yang kecil, mudah didaki oleh siapa saja dan memungkinkan orang yang belum pernah naik gunung sekalipun bisa mendaki ke Bukit Sikunir untuk menikmati sunrise.

Pemandangan pagi dari Bukit Sikunir begitu indah nan memesona. Dengan adanya sebuah gardu pandang, menjadikannya mirip dengan sebuah daerah di Pulau Bali.

Hanya saja, Bali pemandangannya berupa lautan, sedangkan Sikunir adalah hamparan awan di langit.

Sementara itu, tak jauh darinya adalah Telaga Cebong yang indah dan memikat. Sepanjang perjalanan pulang, ada banyak petani kentang yang sedang bertani secara tradisional. Mereka memakai jaket tebal, seperti orang Eropa saat musim dingin.

Sebuah hal yang lazim dilakukan oleh pendaki ialah mengabadikan foto saat kemunculan matahari pagi. Mereka umumnya akan berpose dengan latar belakang kemunculan sang surya dengan warna emasnya.

 

Sumber: Materibindo

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer