Sukses


Contoh Autobiografi Diri Sendiri untuk Anak SMA, Singkat dan Menarik

Bola.com, Jakarta - Autobiografi adalah tulisan berisi gambaran tentang pengalaman yang dialami oleh seseorang dalam hidupnya. Pengalaman hidup ini bisa berupa cerita tentang kegagalan maupun keberhasilan yang pernah dialami.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, pengertian autobiografi adalah riwayat hidup pribadi seseorang. 

Umumnya, isi dalam autobiografi ditulis mulai masa kanak-kanak sampai keadaan sang penulis saat ini. Ada beberapa tujuan dibuatnya autobiografi, satu di antaranya untuk mengenalkan diri sendiri kepada orang lain.

Penulisan autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya) berbeda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke tiga.

Bagi siswa SMA biasanya ada tugas khusus untuk membuat autobiografi, dan dibuat untuk lebih mengenal diri sendiri.

Berikut contoh autobiografi diri sendiri untuk anak SMA, yang singkat dan menarik, dikutip dari laman Materibindo, Kamis (1/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Struktur Autobiografi

Latar belakang keluarga

Berisi tentang kedua orang tua, tanggal lahir, dan tempat tinggal, anak ke berapa, dan lain-lain.

Latar belakang pendidikan

Berisi tentang pendidikan yang telah dicapai sampai sekarang berikut dengan tahun dan nama sekolahnya.

Latar belakang prestasi

Berisi tentang semua prestasi yang telah dicapai mulai dari kecil hingga sekarang.

Latar belakang pekerjaan

Jika sudah bekerja maka mencantumkannya, akan tetapi jika masih pelajar maka bagian ini bisa dihilangkan.

Latar belakang hasil karya

Bagian ini secara khusus yang sudah bekerja dan untuk pelajar poin ini bisa tidak dibuat.

3 dari 4 halaman

Contoh Autobiografi Diri Sendiri untuk Anak SMA

Contoh 1

Namaku Dewi Anggraini, lahir di Majalengka, 12 Desember 1997. Aku adalah anak kedua dari lima bersaudara, dari pasangan Dimas Koswara dan Nyimas Ratuwangi. Dewi adalah sapaan akrabku, aku terlahir dari keluarga sangat sederhana. Ayahku seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), sedangkan ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah tsanawiyah. Sejak kecil ayahku selalu menasihatiku agar rajin beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama.

Ketika umurku 6 tahun, aku mulai bersekolah di SDN 1 Pasawahan, Majalengka, kemudian setelah lulus melanjutkan pendidikan di SMPN 4 Majalengka pada 2009. Selepas lulus SMP, aku pindah ke kota Bandung dan tinggal bersama paman di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA di sana.

Sebenarnya sejak SMP aku suka menulis dan membaca puisi atau cerpen. Semenjak SMA, aku memberanikan ikut lomba menulis puisi antar SMA se-Kota Bandung bertemakan remaja dan pendidikan.

Aku menjadi peringkat ketiga dalam lomba tersebut dengan puisi yang kubuat berjudul, 'Senja di Barat Cikapundung'. Ketika aku kelas XII SMA, setelah lulus nanti aku berencana melanjutkan kuliah di jurusan Sastra Indonesia di UGM.

Contoh 2

Nama saya Al Habib Sholihul Amri biasa dipanggil Habib dan ada pula yang memanggil saya Amri. Saya anak laki-laki yang lahir pada 29 Februari 2000 di Pekanbaru, Riau. Saya adalah anak pertama dari tiga bersaudara, dari pasangan bapak Danil dan ibu Eka Suhela.

Saat usia 6 tahun, saya bersekolah di SDN 031 Pekanbaru yang sekarang berganti menjadi SDN 145 Pekanbaru. Setelah lulus SD, saya diterima di SMPN 22 Pekanbaru. Kemudian, saya melanjutkan ke SMKN 2 Pekanbaru.

Di SMKN 2 Pekanbaru saya mendapatkan dua prestasi yang pertama, yakni mendapat peringkat ketiga lomba Jaringan Olimpiade Teknologi Informasi dan Komunikasi (OTIK-9) SMA/SMK Sederajat se-Provinsi Riau yang diadakan oleh UIN Suska Riau. Selanjutnya saya mendapat peringkat kedua lomba jaringan Information Techonology Olympiad (ITO-6) yang diselenggarakan oleh Politeknik Caltex Riau.

4 dari 4 halaman

Contoh Autobiografi Diri Sendiri untuk Anak SMA

Contoh 3

Nama lengkap saya Annisa Rahma biasa dipanggil Rahma, sedangkan di sekolah saya sering dipanggil Annisa. Saya lahir di Kediri, 1 Februari 1998. Saya adalah anak pertama dari dua bersaudara. Ayah saya bernama Suharsono dan ibu bernama Nunik Dyah Winarni.

Saya mulai memasuki jenjang pendidikan pada usia 4 tahun, yaitu di TK Perwanida. Saya menempuh TK selama dua tahun. Setelah SD, saya melanjutkan ke SMP 3 Kediri. Di SMP saya mengikuti ekstrakurikuler qosidah/rebana, dan group qosidah saya mendapatkan peringkat kedua pada lomba qosidah tingkat provinsi dalam rangka hari ulang tahun NU.

Kemudian saya melanjutkan ke SMA 3 Kediri. Saya mengikuti ekstrakurikuler jurnalistik, di ekskul tersebut saya mendapatkan posisi sebagai ketua redaksi. Prestasi yang pernah saya dapat adalah peringkat ketiga karya tulis jurnalistik dalam event Festival Komunikasi STAIN tahun 2013.

Contoh 4

Nama saya Andrian Pratama, biasa dipanggil Ian. Saya laki-laki yang lahir di Sleman pada 17 September 1997. Ibu saya bernama Siti Khotijah dan ayah saya bernama Daroji. Saya adalah anak tunggal.

Pendidikan pertama saya di TK Pertiwi Gondanlegi, setelah itu saya bersekolah di SDN 1 Wonogiri. Selanjutnya saya meneruskan di SMPN 2 Turi dan kemudian saya meneruskan di SMK Muhammadiyah 1, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Hobi saya bermain game, keinginan saya ingin menjadi seorang pengusaha hebat yang bisa membuka lowongan pekerjaan bagi orang banyak.

 

Sumber: Materibindo

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer