Sukses


Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan, Jangan Anggap Sepele

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, memiliki berat badan ideal adalah impian banyak orang. Tidak hanya baik bagi kesehatan, memiliki tubuh ideal juga akan menunjang penampilan.

Namun, untuk meraih berat badan ideal bukan perkara yang mudah. Dalam menurunkan berat badan sangat membutuhkan upaya ekstra serta konsistensi.

Tidak sedikit orang yang gagal menurunkan berat badanmeski telah melakukan berbagai upaya, seperti diet dan olahraga teratur.

Beberapa hal sehari-hari tanpa kamu sadari mungkin bisa membuat upaya menurunkan berat badan yang kamu jalani menjadi gagal.

Maka itu, penting mengetahui penyebab gagal menurunkan berat badan. Apa saja penyebabnya?

Berikut ini beberapa penyebab gagal menurunkan berat badan, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (2/9/2022).

2 dari 6 halaman

Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

1. Terlalu Banyak Gula dalam Makanan

Satu di antara penyebab gagal menurunkan berat badan adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan kemasan yang bisanya memiliki kandungan gula tersembunyi yang tinggi.

Guna menghindari hal tersebut, bacalah label fakta nutrisi yang tertera di kemasan setiap makanan yang hendak Anda konsumsi.

Jika gula menjadi satu di antara bahan utama dari makanan itu, Anda perlu membatasi asupannya tidak lebih dari 10 gram.

2. Terlalu Banyak Garam dalam Makanan

Berdasarkan studi yang diterbitkan di The Journal of Nutrition, makanan yang terlalu banyak mengandung sodium akan menurunkan sensor kenyang di tubuh Anda. Sodium merupakan satu di antara komponen garam.

Bahkan, konsumsi makanan tinggi garam juga akan membuat Anda lebih banyak makan. Oleh sebab itu, pastikan untuk membatasi asupan sodium tidak lebih dari 2300 miligram dalam sehari.

3 dari 6 halaman

Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

3. Tidak Minum Air Putih sebelum Makan

Sebuah penelitian tahun 2015 menemukan bahwa orang-orang yang minum 473 mililiter air pada 30 menit sebelum makan dapat mengurangi asupan kalori yang masuk ke tubuh dengan lebih optimal.

Hal itu karena minum air putih dapat membantu mengenali rasa lapar yang sebenarnya. Selain itu, dengan minum air putih sebelum makan, perut Anda juga akan terisi sehingga makanan yang dikonsumsi bisa dibatasi.

4. Tidak Makan Lemak Sama Sekali

Beberapa penelitian mengatakan bahwa diet rendah lemak akan meningkatkan nafsu makan.

Hal ini terjadi karena saat tubuh tidak mengonsumsi lemak, semua karbohidrat dicerna dengan cepat. Ini justru dapat membuat gula darah turun dengan cepat.

Sejatinya, lemak adalah asupan penting yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah seimbang untuk memperlambat pencernaan dan pelepasan gula ke dalam aliran darah. Lemak juga bertugas untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Maka itu, Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi lemak sebanyak 40-60 gram dalam sehari.

Pastikan pula lemak baik tersebut berasal dari sumber yang sehat, seperti ikan salmon, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan minyak zaitun.

4 dari 6 halaman

Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

5. Sering Konsumsi Makanan Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh umumnya terdapat dalam makanan yang diolah dengan cara digoreng. Fakta menyebutkan bahwa terlalu sering mengonsumsi makanan mengandung lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Makin tinggi kadar kolesterol jahat, makin besar pula risiko terjadinya kelebihan berat badan atau obesitas.

6. Kurang Makan Serat

Konsumsi serat dalam jumlah cukup dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini pada akhirnya dapat mencegah Anda untuk makan secara berlebihan.

Serat dapat diperoleh dari sayur dan buah. Dari satu porsi makan, pastikan untuk mengisi setengah porsi dengan sayuran, seperempat porsi dengan sumber karbohidrat, dan seperempat lainnya dengan sumber protein.

5 dari 6 halaman

Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

7. Sering Makan Camilan

Keripik, kue, kentang goreng, atau minuman boba memang sangat nikmat untuk dijadikan sebagai camilan. Hanya, makanan-makanan tersebut tergolong sebagai camilan tidak sehat yang justru dapat meningkatkan berat badan Anda.

Maka itu, jika memang Anda ingin makan camilan saat senggang, coba untuk memilih asupan yang lebih sehat. Contohnya, yoghurt atau potongan buah segar.

8. Kurang Istirahat

Jika Anda sering bergadang, kadar hormon stres di dalam tubuh akan meningkat. Kondisi ini bisa memicu tubuh untuk mengeluarkan sinyal lapar secara terus-menerus, sekali pun Anda telah mengonsumsi sesuatu.

6 dari 6 halaman

Penyebab Gagal Menurunkan Berat Badan

9. Malas Gerak

Satu di antara penyebab gagal diet adalah malas gerak. Jadi, meski Anda telah mengatur pola makan sedemikian rupa, berat badan tidak akan turun dengan optimal jika tidak disertai dengan melakukan aktivitas seperti berolahraga.

Selain itu, bergerak aktif dengan berolahraga juga dapat membantu menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Anda pun akan terhindar dari risiko berbagai penyakit.

Mulailah dengan olahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu, dengan durasi selama 30 menit dalam sehari. Lakukan olahraga yang disenangi agar Anda tidak mudah merasa bosan.

10. Tidak Memerhatikan Keseimbangan Kalori

Jika kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada yang dibakar maka berat badan Anda akan sulit turun ke rentang optimal karena untuk dapat mencapai berat badan ideal, penting menjaga keseimbangan kalori yang masuk dan keluar.

Maka itu, cari tahu kebutuhan kalori Anda berdasarkan usia saat ini. Jika ingin menurunkan berat badan, kurangi pasokan sebanyak 500 kalori dalam sehari.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 18/6/2020).

Baca artikel seputar berat badan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer