Sukses


Macam-Macam Keutamaan Salat Istikharah, Dipermudahkan dalam Mengambil Keputusan

Bola.com, Jakarta - Ketika seorang muslim dihadapkan dengan pilihan-pilihan yang berat dan ragu dalam memutuskan, dianjurkan untuk mengerjakan salat istikharah agar diberikan petunjuk terbaik oleh Allah Swt.

Secara istilah, salat istikharah adalah meminta kepada Allah Swt. untuk dipilihkan sesuatu yang menurut-Nya terbaik. Baik itu dalam hal pekerjaan, jodoh maupun hal lain yang masih ragu untuk diambil.

Hukum salat istikharah adalah sunah. Hal ini berdasarkan sebuah hadis Nabi Muhammad saw. dalam riwayat Jabir Ibn Abdillah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda:

"Jika di antara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (salatlah) dua rakaat, kemudian berdoa." (HR. Bukhori).

Sedangkan waktu terbaik untuk mengerjakan salat istikharah ialah pada malam hari atau sekurang-kurangnya setelah mengerjakan salat isya, hingga sebelum masuk waktu salat subuh.

Mendirikan salat istikharah bisa memberikan keutamaan bagi umat muslim, satu di antaranya ialah dipermudahkan untuk mengambil sebuah keputusan.

Berikut ini macam-macam keutamaan salat istikharah, dikutip dari laman Im4j1ner dan Theinsidemag, Senin (5/9/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Istikharah

1. Menyerahkan Hasil pada Allah Swt.

"Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal." (QS At Taubah: 51)

Pada dasarnya salat istikharah adalah permohonan petunjuk dari hamba kepada Allah Swt. agar diberikan jalan terhadap segala ikhtiar atau usahannya selama ini.

Dengan salat istikharah segala ganjalan dan rintangan apabila kita serahkan kepada Allah Swt. pasti akan memberikan pilihan yang sesuai ajaran Islam dan akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selain itu, dengan salat istikharah akan membentengi diri kita dari segala pilihan yang salah dan tidak sesuai agama yang dibenarkan Allah Swt.

2. Menenangkan Diri

Mengerjakan salat istikharah dapat membuat pikiran yang penuh kebimbangan menjadi lebih tenang. Salat istakharah juga dapat menghindarkan diri dari sifat tergesa-gesa dalam mengambil keputusan yang  bisa berujung pada keputusan yang salah.

Dengan meminta petunjuk dari Allah Swt. akan lebih memudahkan segala urusan dan kesulitan dalam memilih.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Istikharah

3. Memberikan Kemantapan Hati

Satu di antara hal yang diinginkan ketika orang sedang berada dalam pilihan yang sulit adalah diberikannya kemantapan hati.

Kendati demikian, tidak semua orang mudah memperoleh kemantapan hati begitu saja, dibutuhkan usaha dan doa agar senantiasa diberikan kemantapan hati oleh Allah Swt.

Satu di antara caranya kita memperoleh kemantapan hati dari segala pilihan sulit adalah dengan salat istikharah meminta petunjuk kepada Allah Swt.

4. Dijauhkan dari Bisikan Setan

Kapan pun dan di mana pun setan selalu membisikkan hal yang tidak benar dan bertentangan dengan agama. Apalagi ketika kita sedang berada dalam kesulitan dan permasalahan yang sulit seperti dilema dalam pengambilan keputusan.

Dengan kesempatan ini setan akan membisikkan sesuatu yang mengarah pada keputusan yang salah dan tidak sesuai dengan ajaran agama.

Mengerjakan salat istikharah dapat menghindarkan kita dari bisikan setan yang menyesatkan.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Keutamaan Salat Istikharah

5. Memilih dengan Pertimbangan Agama

”Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani Allah Swt.” (QS Ali Imran : 154)

Hal dasar yang harus selalu kita ingat dalam setiap menjalankan apa pun adalah sesuai dengan perintah agama, termasuk satu di antara salat istikharah untuk meminta petunjuk dari kebimbangan atau pilihan sulit.

Bukan berarti pilihan sulit tidak dapat diatasi, kita dapat kembali ke jalan-Nya dengan memohon petunjuk yang benar.

6. Ikhlas hanya pada Allah Swt.

Dengan mendekatkan diri kepada Allah Swt. melalui salat istikharah, Allah Swt. akan memudahkan setiap jalan kita, hati lebih tenang dan dapat berpikir jernih ketika dihadapkan pada pilihan atau keputusan yang sulit.

 

Sumber: Im4j1ner, Theinsidemag

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer