Sukses


Pengertian Komitmen beserta Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Komitmen merupakan kata yang kerap kali terdengar ketika menjalin suatu hubungan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, komitmen adalah tindakan untuk melakukan sesuatu.

Dengan kata lain, komitmen merupakan bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu.

Komitmen bisa dilakukan dengan cara suka rela atau tanpa unsur paksaan. Banyak orang menjalani komitmen pada sesuatu karena mencintai apa yang mereka lakukan.

Selain itu, sebagian orang juga berkomitmen terhadap sesuatu karena takut kehilangan ketika tidak membuat ikatan tersebut.

Ada beberapa contoh sikap komitmen yang sering dilakukan, seperti komitmen kepada diri sendiri, terkait pekerjaan, terhadap lingkungan, hubungan percintaan, dan komitmen kepada keluarga.

Berikut ini kumpulan contoh komitmen dalam kehidupan sehari-hari, disadur dari Merdeka, Selasa (6/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 2 halaman

Contoh Komitmen dalam Kehidupan Sehari-hari

Komitmen dalam Keluarga

Satu di antara contoh komitmen dalam keluarga adalah bekerja keras agar memiliki hidup yang baik. Tidak mementingkan diri sendiri dan bertanggung jawab, menjadi bentuk komitmen terhadap keluarga.

Komitmen dalam Hubungan

Komitmen dalam hubungan bisa ditunjukkan melalui beberapa aspek seperti memberikan kebebasan dan kepercayaan kepada pasangan, menyatukan perbedaan, menjadi diri sendiri, dan menjalin hubungan yang serius.

Hal tersebut tentu bisa membuat pasangan lebih bahagia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Selain itu, komitmen dalam hubungan juga akan membuat hubungan lebih harmonis dan langgeng.

Komitmen untuk Diri Sendiri

Selain berkomitmen dengan orang lain, setiap individu juga bisa melakukan komitmen untuk diri sendiri. Komitmen yang didasari oleh keinginan pribadi untuk hal yang lebih baik.

Sebagai contoh, memegang komitmen untuk terus bermain musik agar bisa menjadi seorang musisi yang terampil dan cerdas.

 

Disadur dari Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 27/10/2020).

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer