Sukses


Cara Efektif Mengusir Rasa Malas agar Menjadi Pekerja Keras

Bola.com, Jakarta - Rasa malas menjadi satu di antara musuh terbesar seseorang dalam perjalanan meraih yang terbaik dalam karier atau pekerjaan.

Ada seseorang yang sebenarnya cerdas dan memiliki kapasitas untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Namun, rasa malas yang tak bisa ditaklukkan membuatnya gagal dalam meraih kesuksesan.

Untuk mencapai titik terbaik dalam hidup, diperlukan kerja keras. Menjauhi rasa malas serta memiliki tekad yang kuat juga merupakan modal penting.

Itulah mengapa, Anda perlu menghilangkan rasa malas dan mendorong diri sendiri agar menjadi pekerja keras.

Semua hal yang berharga membutuhkan proses yang panjang dan perjuangan sehingga biasakan diri Anda untuk bekerja keras dan menjauhi sikap bermalas-malasan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan rasa malas dan membuat Anda terus termotivasi.

Berikut cara efektif mengusir rasa malas agar menjadi pekerja keras, seperti dikutip dari Inspiringtips, Rabu (7/9/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengusir Rasa Malas agar Menjadi Pekerja Keras

1. Disiplinkan Pikiran

Tetapkan pikiran Anda untuk mencapai tujuan tertentu setiap hari dan latih untuk fokus. Hal ini mungkin memakan waktu, tetapi ketika Anda secara konsisten mengarahkan pikiran Anda untuk bekerja dengan cepat dan menghindari penundaan, fokus terhadap tugas Anda untuk hari itu akan menjadi kebiasaan suatu hari nanti.

2. Tetapkan Jadwal Mingguan

Cara lain mendorong diri Anda untuk berkembang setiap hari adalah dengan menetapkan jadwal mingguan. Hal ini harus menjadi program yang berisi semua kegiatan rutin Anda yang diharapkan selama seminggu penuh terlaksana. 

Hal tersebut akan efektif jika Anda menantang diri sendiri untuk mengikuti semua jadwalnya.

3. Tantang Diri untuk Mencapai Sebanyak Mungkin dalam Sehari

Coba lakukan ini dengan membuat daftar tugas untuk setiap hari. Kemudian, buat kesepakatan dengan diri sendiri jika dapat menyelesaikan semua tugas yang terdaftar, Anda dapat memperoleh hadiah, seperti berbelanja atau makan sepuasnya setelah bekerja.

4. Jauhi Penundaan

Satu di antara cara untuk melakukannya adalah dengan mencegah diri Anda melamun atau terlalu banyak berpikir selama jam kerja.

Anda juga harus menetapkan aturan seperti tidak bermain media sosial atau menyalakan televisi sampai Anda menyelesaikan tugas Anda. Fokuslah untuk mencapai tujuan Anda untuk hari itu.

3 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengusir Rasa Malas agar Menjadi Pekerja Keras

5. Lakukan Olahraga Teratur

Olahraga selama 30 hingga 45 menit setiap hari dapat membantu Anda menjadi lebih energik setiap hari. Olahraga tidak hanya akan membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan kadar oksigen di otak Anda dan melepaskan hormon bahagia dalam tubuh Anda. 

Hal ini berarti akan membuat Anda lebih bersemangat untuk bekerja dan produktif.

6. Tidur Cukup

Kurang tidur sering kali dapat menyebabkan Anda terlalu lelah untuk bekerja secara efektif. Kondisi tersebut merupakan satu di antara alasan mengapa beberapa orang tidak suka bergerak dan melakukan tugas mereka. 

Jika Anda selalu merasa malas, mungkin Anda harus memeriksa apakah Anda cukup tidur atau tidak.

7. Jaga Kesehatan

Sekeras apa pun tekad Anda untuk bekerja keras jika fisik Anda tidak sehat, ada kecenderungan tubuh Anda langsung menyerah. Untuk itu, Anda perlu menjaga diri agar tidak sakit-sakitan atau tidak fit untuk bekerja.

8. Cintai Apa yang Anda Lakukan

Jika Anda bersemangat tentang karier Anda, Anda akan lebih termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik. Jika Anda termotivasi untuk melakukan sesuatu, tidak ada kemalasan yang dapat mengalahkan keinginan Anda untuk menyelesaikan apa yang Anda lakukan dengan sempurna.

Maka itu, mulailah dengan mencintai atau setidaknya mensyukuri pekerjaan atau studi Anda. 

4 dari 4 halaman

Cara Efektif Mengusir Rasa Malas agar Menjadi Pekerja Keras

9. Jangan Buang Peluang

Banyak orang mengatakan peluang hanya datang sekali. Maka itu, sebaiknya Anda tidak menyia-nyiakan peluang apa pun. Pekerjaan, studi, bisnis, atau posisi apa pun yang Anda miliki sekarang adalah hak istimewa yang tidak boleh Anda hilangkan.

Jadilah pekerja keras yang bertanggung jawab dengan selalu bekerja, tidak mudah menyerah, dan penuh semangat.

10. Tetapkan Tujuan dan Bidik yang Tinggi

Menetapkan tujuan dan memimpikan impian besar dapat memotivasi Anda untuk menjadi pekerja keras. Jika Anda serius untuk mencapainya, Anda akan melakukan apa pun untuk mendapatkannya. Hal ini termasuk bekerja dengan segenap hati dan kekuatan Anda.

11. Terinspirasi Orang Sukses

Mengetahui kisah sukses di balik selebritas atau tokoh ternama lainnya juga dapat menginspirasi Anda untuk bekerja keras dan lebih dekat dengan impian Anda. 

Banyak dari orang-orang sukses ini berlatar belakangan kemiskinan, tetapi kerja keras mereka telah menempatkan mereka di puncak.

12. Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Memikirkan banyak tugas atau pekerjaan sekaligus akan membuat Anda sesak dan frustrasi. Frustrasi diri mungkin membuat Anda kecil hati untuk bekerja dengan antusias, yang mengarah pada kemalasan.

Untuk menghindari hal ini terjadi dan agar Anda dapat menyelesaikan tugas Anda lebih cepat, lebih baik Anda memfokuskan pikiran Anda pada satu hal pada satu waktu.

13. Hargai Pengorbanan Mereka yang Peduli padamu

Jika orang tua Anda atau anggota keluarga lainnya telah mendukung Anda untuk menyelesaikan studi Anda, mendapatkan pekerjaan, atau dengan cara lain yang bermanfaat, Anda harus lebih terinspirasi untuk bekerja keras. 

Setiap kali Anda tergoda untuk berbaring di tempat tidur Anda sepanjang hari, pikirkan tentang pengorbanan yang telah mereka lakukan hanya untuk membantu Anda.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer