Sukses


Manfaat Joging di Dalam Air bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Jaga Berat Badan

Bola.com, Jakarta - Olahraga lari dalam air sering disebut dengan aqua jogging. Aqua jogging adalah campuran antara olahraga lari dan berenang.

Dengan melakukan olahraga ini, Anda bisa mendapatkan manfaat lari serta merasakan suasana berenang secara bersamaan.

Untuk melakukan olahraga ini, perlu masuk ke kolam kemudian berlari kecil seperti joging atau bisa juga dengan lari di tempat. Berlari dalam air menjadi tantangan yang cukup sulit.

Gerakan Anda menjadi tidak leluasa dalam bergerak karena adanya tekanan dari air. Namun, manfaat lari di dalam air ternyata tidak kalah dengan lari di daratan.

Mungkin belum banyak yang mengetahui manfaat dari aqua jogging tersebut. Apa saja manfaat joging di dalam air?

Berikut ini beberapa manfaat joging di dalam air bagi kesehatan, disadur dari Klikdokter, Rabu (7/9/2022).

2 dari 3 halaman

Orang yang Direkomendasikan untuk Melakukan Aqua Jogging

Sebelum mengetahui manfaat joging dalam air, penting juga diketahui orang-orang yang direkomendasikan untuk melakukan aqua jogging.

Berikut ini beberapa orang yang direkomendasikan untuk melakukan aqua jogging:

Pelari Profesional

Pelari profesional perlu membangun kondisi tubuh secara keseluruhan, tidak terkecuali stamina, kekuatan, dan ketahanan.

Oleh karena itu, tidak sedikit pelari profesional yang menambahkan aqua jogging ke dalam rutinitas latihan untuk melengkapi program intensif mereka.

Orang Lanjut Usia

Olahraga lari di air menjadi pilihan yang baik untuk lansia. Pasalnya, olahraga ini memiliki risiko cedera yang tergolong minim. Melakukan lari di air juga baik untuk persendian lansia.

Atlet yang Cedera

Olahraga ini merupakan pilihan yang bagus untuk atlet lari yang sedang terluka atau cedera. Faktanya, latihan berbasis renang terbukti membantu regenerasi serat otot baru yang disebabkan oleh cedera.

Joging di dalam air juga memungkinkan para atlet untuk tetap aktif, meski sedang cedera.

Ibu Hamil

Melakukan aqua jogging merupakan pilihan latihan yang aman dan berdampak rendah bagi ibu hamil. Dilansir dari Very Well, wanita yang melakukan aerobik air dapat mengurangi penggunan obat penghilang rasa sakit selama persalinan.

3 dari 3 halaman

Manfaat Joging dalam Air

Minim Risiko

Berlari di air membuat kaki Anda tidak langsung terhentak ke tanah. Hal ini dapat mengurangi tekanan berlebih pada persendian sehingga risiko cedera juga lebih minimal.

Lari di dalam air juga membuat Anda terhindar dari risiko terjatuh.

Membangun Kekuatan

Menurut Arthritis Foundation, berlari di dalam air dapat melatih ketahanan 12 kali lipat lebih efektif dibandingkan dengan lari di darat. Hal tersebut turut membantu membangun, memperkuat, dan mengencangkan otot-otot di tubuh Anda.

Dengan manfaat ini, postur dan bentuk tubuh Anda juga akan lebih baik. Persendian pun diharapkan dapat berfungsi lebih optimal.

Membantu Menjaga Berat Badan

Faktanya, lari di dalam air membuat Anda lebih sulit bermanuver. Anda harus bekerja lebih keras saat melakukan gerakan aqua jogging.

Oleh karena itu, jenis latihan ini juga bisa membakar lebih banyak kalori. Hal tersebut bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 2/4/2022)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer