Sukses


Macam-Macam Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Pengidap Sakit Punggung Akibat Peradangan

Bola.com, Jakarta - Sakit punggung merupakan satu di antara masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini bisa membuat Anda kesulitan untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk tidur.

Penyebab sakit punggung bisa beragam, satu di antaranya yang cukup sering dialami banyak orang adalah karena peradangan.

Nyeri punggung akibat peradangan dapat terjadi akibat permasalahan antara area ruas tulang belakang dengan pembuluh darah, otot, saraf, maupun ginjal.

Sakit punggung akibat peradangan bisa menyebabkan pengidapnya mengalami rasa sakit yang teramat di punggung hingga bokong.

Selain melakukan pengobatan agar segera sembuh, ada beberapa macam makanan yang pantang untuk dikonsumsi bagi penderita sakit punggung akibat peradangan.

Berikut macam-macam makanan yang perlu dihindari bagi pengidap sakit punggung akibat peradangan, seperti disadur dari Klikdokter, Jumat (9/9/2022).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Sakit Punggung Akibat Peradangan

1. Makanan Manis

Sakit punggung gara-gara peradangan dapat dipicu oleh kondisi nefropati diabetik alias gangguan ginjal akibat diabetes.

Agar tidak memperburuk rasa nyeri di area punggung, pengidap penyakit tersebut mesti menghindari makanan manis. Sebab, makanan manis bisa memicu berbagai masalah, termasuk peradangan maupun neuropati yang menyebabkan nyeri punggung pada pengidap diabetes.

Tidak hanya itu, makanan manis dapat memicu penambahan berat badan yang bisa memperberat sakit punggung.

2. Minyak Sayur

Sebagian besar minyak sayur mengandung asam lemak omega-6 yang tinggi. Senyawa ini bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Mengutip Texas Spine Clinic, ketika kadar omega-6 dalam tubuh lebih banyak daripada omega-3, hal yang terjadi adalah respons peradangan. 

Untuk itu, pengidap nyeri punggung akibat peradangan sebaiknya membatasi penggunaan minyak sayur saat memasak.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Makanan yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Sakit Punggung Akibat Peradangan

3. Biji-bijian dan Jagung Olahan

Biji-bijian dan jagung olahan dapat menyebabkan peradangan. Pasalnya, dua jenis makanan ini bisa meningkatkan kadar insulin.

Insulin bertugas menyerap dan mengubah gula darah menjadi energi. Ketika kadar insulin terlalu tinggi, hal yang terjadi adalah respons peradangan.

Kondisi kadar insulin berlebih alias hiperinsulinemia umumnya dialami penderita diabetes tipe 2. 

Hal ini karena resistensi insulin, ketakmampuan tubuh merespons insulin secara efektif, di saat bersamaan dapat membuat tubuh memproduksi insulin dalam jumlah besar.

4. Daging Merah

Pengidap nyeri punggung akibat peradangan disarankan untuk menghindari konsumsi daging merah. Pasalnya, sumber protein ini mengandung komponen N-Glycolylneuraminic acid (neu5gc). Molekul asam sialat ini dapat memicu peradangan, yang dapat memperburuk keluhan sakit punggung.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 4/1/2021)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer