Sukses


Contoh Penerapan Akhlak dalam Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Akhlak merupakan perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari yang telah melekat pada diri seseorang. Maka itu, akhlak merupakan hal fundamental dalam Islam.

Misi utama Rasulullah diutus oleh Allah juga untuk menyempurnakan akhlak.

Akhlak terbagi menjadi tiga yakni akhlak manusia kepada Allah, akhlak individu manusia kepada masyarakat dan alam serta akhlak manusia kepada dirinya sendiri.

Kata akhlak berasal dari bahasa Arab jama' dari bentuk mufradatnya "khuluqun", yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat.

Sedangkan menurut istilah, akhlak ialah pengetahuan yang menjelaskan mengenai baik dan buruk atau benar dan salah, mengatur pergaulan manusia, dan menentukan tujuan akhir dari usaha dan pekerjaannya.

Agar lebih paham lagi, berikut contoh penerapan akhlak dalam kehidupan, disadur dari Merdeka, Jumat (9/9/2022).

2 dari 3 halaman

Contoh Penerapan Akhlak dalam Kehidupan

Penerapan akhlak yang mulia penting dalam kehidupan sehari-hari mengingat kemuliaan orang ditentukan oleh kemuliaan akhlaknya. Begitu pun dengan sebuah sistem akan berjalan dengan baik apabila diisi dengan orang-orang yang memiliki akhlak baik.

Jabatan, status sosial, kekayaan, popularitas tidak menjamin pemilikinya lantas terhormat. Terlebih bila ia misalnya gemar merendahkan orang lain, korupsi, berbuat sewenang-wenang atau tindakan merugikan lainnya.

Contoh penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari adalah memperhatikan etika sosial saat berkomunikasi dengan orang lain. Siapa pun itu dan di tempat mana pun baik itu di masjid, di sawah, di kantor, di trotoar, di pasar, di warung, di lembaga pendidikan, di lembaga dakwah dan di tempat lainnya di mana pun itu.

Selain itu, hindari sikap egoisme atau kepentingan untuk memuaskan diri sendiri atau golongan yang ujung-ujungnya membuat kita lupa akan hak-hak orang lain dan cenderung meremehkannya. 

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Akhlak dalam Islam

Menurut Islam, akhlak ada dua, yaitu akhlakul mahmudah (akhlak terpuji) dan akhlakul mazmumah (akhlak tercela). Adapun defenisinya, sebagai berikut:

1. Akhlakul Mahmudah

Akhlakul mahmudah atau disebut dengan akhlak yang terpuji merupakan satu di antara golongan macam-macam akhlak yang harus dimiliki setiap umat muslim.

Contoh macam-macam akhlak tersebut di antarannya sikap rela berkorban, jujur, sopan, santun, tawakal, adil, sabar, dan lain sebagainya.

Sebagai umat muslim sudah seharusnya kita selalu menjaga akhlakuk karimah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Akhlakul Mazmumah

Akhlakul mazmumah atau akhlak tercela merupakan satu di antara tindakan buruk yang harus dihindari setiap manusia. Hal ini harus dijauhi karena akhlakul mazmumah dapat mendatangkan mudarat bagi diri sendiri maupun orang lain.

Contoh macam-macam akhlakul mazmumah, yaitu sombong, iri, dengki, takabur, aniaya, ghibah, dan lain sebagainya.

Sebagai orang muslim sudah seharusnya menghindari akhlakuk mazmumah atau akhlak tercela.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Novi Fuji Astuti. Published: 16/9/2020).

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer