Sukses


Contoh-Contoh Gerakan Workout yang Dapat Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Workout merupakan bentuk latihan fisik praktis yang bisa menjadi pilihan pengganti olahraga di luar ruangan. Latihan fisik tersebut cocok bagi orang yang tidak sempat melakukan olahraga karena kesibukan sehari-hari.

Workout adalah kata lain dari latihan fisik berupa aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan atau memelihara kebugaran tubuh.

Latihan fisik yang dilakukan secara benar dan konsisten bahkan sama efektifnya dengan olahraga di gym.

Workout di rumah dapat membuat Anda menghemat waktu dan biaya. Tidak hanya itu, gerakan-gerakan yang dilakukan pun tidak sulit. Hal inilah yang menyebabkan aktivitas workout ini banyak digemari saat ini.

Berikut contoh gerakan workout yang bisa dilakukan di rumah, disadur dari Liputan6, Senin (12/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Contoh Gerakan Workout di Rumah

Push-up

Workout adalah gerakan sederhana yang bisa diterapkan di mana saja. Satu di antara gerakan workout yang paling dikenal ialah push-up.

Untuk melakukan gerakan push-up cukup mudah, Anda tinggal meletakkan kedua telapak tangan dan jari-jari kaki pada lantai untuk menopang tubuh sehingga membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki.

Selanjutnya, tekuklah siku untuk menurunkan tubuh ke lantai dan dorong kembali ke atas. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Jika merasa kesulitan, Anda dapat melakukan gerakan push-up dengan lutut yang juga menempel pada lantai sehingga membuat tubuh lebih mudah terangkat.

Pastikan gerakan push-up yang dilakukan tidak goyah, gemetaran maupun jatuh berulang kali.

Squat

Squat juga merupakan satu di antara gerakan workout yang paling dikenal seperti halnya push up, squat mudah dilakukan.

Anda hanya perlu berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan lengan lurus ke depan. Kemudian, dorong bokong ke bawah hingga kedua lutut menekuk seolah-olah sedang duduk di kursi.

Kembalilah pada posisi awal, dan ulangi gerakan tersebut. Melakukan gerakan ini memungkinkan otot-otot utama di tubuh bagian bawah bekerja.

Forearm Plank

Forearm plank bisa diterapkan dengan memosisikan diri Anda melakukan plank, di mana kedua lengan dan kedua jari-jari kaki menempel pada lantai untuk menopang tubuh.

Tubuh harus membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Selanjutnya, tekuk kedua lutut hingga menyentuh lantai, tetapi pastikan punggung bagian bawah dan pinggul tidak turun.

Tahan posisi tersebut selama 30 detik sampai satu menit, dan ulangi beberapa kali. Workout adalah olahraga yang praktis dilakukan di mana saja.

3 dari 3 halaman

Gerakan Workout di Rumah

Abdominal Crunch

Gerakan workout lain yang bisa dilakukan ialah abdominal crunch ini. Cara melakukannya dengan berbaring telentang dengan menekuk lutut dan kaki lurus berbentuk 90 derajat.

Lalu, letakkan tangan di kepala, jangan mengunci jari-jari atau mendorong kepala ke atas. Dorong punggung ke lantai untuk melibatkan otot perut.

Selanjutnya, geser dagu sedikit sehingga meninggalkan sedikit ruang antara dagu dan dada. Kemudian, mulai angkat bahu sekitar 10 cm dari lantai dan tetap menyimpan punggung bagian bawah di lantai. Tahan sejenak di atas lalu perlahan-lahan kembali ke bawah.

Stationary Lunge

Stationary lunge merupakan gerakan workout lainnya yang bisa dilakukan di rumah. Dalam melakukan gerakan workout ini, Anda harus berdiri dengan kaki kanan berada di depan.

Pastikan telapak kaki kanan menapak pada lantai, sementara jari-jari kaki kiri menyentuh lantai (jinjit).

Kemudian, tekuklah kedua lutut hingga lutut kiri menyentuh lantai, sementara lutut kanan sejajar dengan paha. Lalu, angkat kembali tubuh pada posisi awal dan ulangi gerakan itu dengan sisi kaki yang berbeda.

Side Plank

Cara melakukan side plank mirip seperti plank biasa. Namun, lengan yang bertumpu hanya satu, jika lengan yang bertumpu sebelah kiri maka badan mengkadap ke kanan dan sebaliknya. Posisi tangan yang berada di atas memegang pinggang.

Side plank ini dapat meningkatkan stabilitas tulang belakang serta tubuh bagian atas. Latihan ini berfungsi untuk meningkatkan keseimbangan seluruh tubuh.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 19/2/2021)

Yuk, baca artikel contoh lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer