Sukses


Pengertian Cerita Fiksi beserta Ciri-Ciri dan Jenis-jenisnya

Bola.com, Jakarta - Cerita fiksi menjadi satu di antara bacaan yang masih sering dibaca banyak orang hingga saat ini. Hal ini dikarenakan cerita fiksi memiliki sifat yang menghibur dan bisa menemani saat waktu luang.

Cerita fiksi adalah karangan non-ilmiah yang berasal atau dibuat dari imajinasi pengarang. Dalam cerita fiksi biasanya berisi kisah tidak sesuai fakta yang terjadi di dunia nyata.

Mungkin terkadang ada pengarang yang mengatakan mereka membuat cerita berdasarkan pengalaman, akan tetapi cerita yang dikembangkan tetap mengandung unsur imajinasi.

Cerita fiksi dibagi dalam beberapa jenis, yaitu dongeng, cerita pendek, novel, dan roman. Satu di antara contoh cerita fiksi yang paling terkenal adalah serial novel populer Harry Potter.

Untuk memahami cerita fiksi, kamu bisa membaca pengertian beserta ciri-ciri dan jenisnya yang membedakan cerita fiksi dengan jenis cerita lainnya.

Berikut pengertian cerita fiksi beserta ciri-ciri dan jenisnya, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (15/9/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian Cerita Fiksi

Dalam bahasa Indonesia, kata "fiksi" diartikan sesuatu yang dibentuk, sesuatu yang dibuat, atau sesuatu yang diimajinaksikan.

Melalui arti tersebut, bisa disimpulkan pengertian cerita fiksi adalah karya sastra berisi berbagai cerita rekaan atau yang didasari fantasi dan bukan berdasarkan atas kejadian nyata.

Sedangkan secara umum, cerita bisa didefinisikan sebagai tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dan sebagainya).

Sederhananya, cerita akan menuturkan atau menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa secara merinci dari awal sampai akhir.

Meski ada kemungkinan cerita itu tidak langsung dikisahkan sampai selesai, itu masih dihitung sebagai cerita karena telah diberitahukan urutan awal dan tengahnya. 

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa cerita fiksi adalah cerita rekaan atau khayalan pengarang, tetapi juga dapat berdasarkan fakta. 

Cerita fiksi yang ditulis berdasarkan fakta diperoleh dari berbagai pengalaman, baik pengalaman sendiri maupun orang lain. 

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Cerita Fiksi

Ada beberapa ciri-ciri cerita fiksi yang dapat menjadikan pedoman bagi kamu yang ingin membaca jenis cerita fiksi ataupun ingin menulis cerita fiksi secara sendiri. Berikut ciri-ciri cerita fiksi, di antaranya:

1. Sifatnya rekaan atau mewujudkan imajinasi yang dimiliki oleh pengarang.

2. Dalam cerita fiksi ada kebenaran yang relatif dan tidak mutlak.

3. Fiksi umumnya memakai bahasa dengan sifat konotatif dan bukan sebenarnya.

4. Cerita fiksi tida ada sistematika baku di dalamnya.

5. Karya fiksi umumnya menyasar pada emosi dan perasaan dari pembaca, bukan pada logikanya.

4 dari 4 halaman

Jenis Cerita Fiksi Beserta Penjelasan dan Contohnya

Cerita fiksi yaitu tulisan yang menyajikan cerita yang bersifat fiksi atau tidak nyata. Secara umum cerita fiksi bisa dibedakan menjadi empat jenis yaitu :

1. Dongeng

Dongeng merupakan bentuk cerita bersifat khayal dan ajaib yang berasal dari mulut ke mulut atau dari generasi ke generasi.

Dongeng bertujuan sebagai cerita untuk menghilangkan kesedihan dan mendatangkan kegembiraan. Dalam dongeng banyak terkandung nilai-nilai moral dan nasihat bagi pembaca atau pendengarnya. Dongeng bisa dibagi menjadi beberapa jenis:

a. Sage

Sage merupakan jenis cerita fiksi yang berhubungan pada suatu kejadian atau peristiwa yang ada kaitanya dengan sejarah. Contoh: Lutung Kasarung, Damarwulan

b. Mite

Mite adalah jenis cerita fiksi yang menyangkut suatu kepercayaan dalam masyarakat. Contoh: Cerita Tentang Dewi Sri adalah Ratu Padi.

c. Legenda

Legenda merupakan jenis cerita fiksi yang bersifat khayal untuk menjelaskan tentang terjadinya suatu daerah foto tempat-tempat lainnya. Contoh: Tangkuban Perahu, Asal-usul Banyuwangi.

d. Fabel

Fabel yaitu jenis cerita fiksi yang berisikan cerita hewan hewan yang mempunyayi tingkah laku yang mirip dengan manusia. Contoh: si Kancil dan Peladuk Jenaka.

e. Dongeng Lucu 

Dongeng lucu atau cerita jenaka merupakan cerita fiktif yang berisikan kisah atau perjalanan suatu tokoh yang menimbulkan kelucuan atau humor. Contoh: Lebai Malang dan Abu Nawas.

2. Novel

Novel adalah jenis cerita fiksi yang panjang dan mengandung suatu cerita tentang kisah hidup manusia pada kurun waktu tak tentu dalam hidupnya dan belum ada penyelesaian secara sempurna. Contoh: Koala Kumal, ketika Cinta Bertasbih. 

3. Cerpen atau Cerita Pendek

Cerpen merupakan jenis cerita fiksi yang menceritakan suatu kejadian dalam hidup manusia secara sekilas dan biasanya tidak ada penyelesaian dalam akhir cerita. Contoh: Cinta Laki-laki, Sepotong Cinta Dalam Diam.

4. Roman

Roman yaitu suatu cerita yang berkisah tentang percintaan. Contoh: Layar Terkembang, Siti Nurbaya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Ayu Rifka Sitoresmi, Editor: Rizky Mandasari. Published: 17/5/2021)

Yuk, baca juga artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer