Sukses


Macam-Macam Amalan yang Biasa Dilakukan Rasulullah sebelum Tidur

Bola.com, Jakarta - Amalan baik yang biasa dilakukan Rasulullah saw. sebelum tidur bisa Anda praktikkan untuk mendapatkan kebaikan dan perlindungan dari Allah Swt.

Sebagai umat muslim yang ingin masuk surga, tentu harus berupaya dalam melaksanakan berbagai amalan baik agar mendapatkan pahala dari Allah Swt.

Tidur menjadi waktu yang tepat untuk mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas seharian. Dengan tidur yang cukup, tubuh bisa kembali sehat dan bugar untuk beraktifitas keesokan harinya. 

Perlu dipahami, saat memasuki fase tidur, seseorang akan berada dalam keadaan tidak sadar. Pada saat itulah kita membutuhkan Allah untuk menjaga kita dari berbagai hal yang terlihat maupun tak terlihat.

Amalan yang dilakukan Rasulullah sebelum tidur terdiri dari membaca berbagai doa dan menyucikan diri dengan berwudu.

Berikut macam-macam amalan yang biasa dilakukan Rasulullah sebelum tidur, disadur dari Merdeka, Kamis (15/9/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Amalan yang Biasa Dilakukan Rasulullah sebelum Tidur

Wudu

Kebiasaan baik yang biasa dilakukan Rasulullah sebelum tidur ialah mengambil air wudu, seperti halnya akan mengerjakan salat. Air akan membuat diri Anda lebih tenang, keadaan tubuh yang suci juga menjadi berkah tersendiri.

Apalagi tidur kerap dianggap sebagai kondisi setengah mati, ada pula yang mengalami kematian saat tidur. Dengan keadaan suci tentu bisa menjadi persiapan diri, apabila ditakdir meninggal dalam posisi tidur sudah bersih dari hadas.

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka berwudulah sebagaimana wudumu untuk salat." (HR. Al Bukhari no. 6311 dan Muslim no. 2710).

Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

Amalan Rasulullah sebelum tidur selanjutnya dengan menjaga kebersihan tempat tidur. Menghilangkan debu dan kotoran yang terselip di bantal dan tempat tidur baik untuk menjaga kesehatan kulit dan pernapasan.

Selain itu, dibacakan basmallah sebagai bentuk memohon perlindungan dari Allah Swt. sebab kita tidak tahu apa yang ada di kasur sebelumnya, sesuatu yang kurang tampak.

"Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, bismillaah, karena ia tidak tahu apa yang terjadi di atasnya tadi." - (HR. Al-Bukhari no. 6320, Muslim no. 2714, at-Tirmidzi no. 3401 dan Abu Dawud no. 5050. Lafaz yang seperti ini berdasarkan riwayat Muslim)

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Amalan yang Biasa Dilakukan Rasulullah sebelum Tidur

Perbanyak zikir sebelum Tidur

Memperbanyak mengingat Allah atau zikir menjadi kebiasaan amalan Rasululah sebelum tidur yang patut diterapkan. Bacaan ini akan membuat hati lebih tenang, sesuai firman Allah, "Ala bidzikrillahi tathmainnul qulub (hanya dengan mengingati Allah, hati menjadi tenteram)." (Ar-Ra"du ayat 28).

Membaca Ayat Kursi

Amalan sebelum tidur sesuai sunah Rasulullah berikutnya, yaitu membaca ayat kursi. Dengan membaca Ayat Kursi, Allah Swt. dan malaikat akan menjaga tidur Anda hingga masuknya waktu Subuh.

"Jika engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), maka bacalah ayat kursi. Niscaya Allah akan selalu menjagamu dan setan pun tidak akan mengganggu tidurmu hingga pagi tiba." - (HR Al-Bukhari)

Istigfar

Memohon ampun yang teramat sangat dan tulus kepada Allah Swt. atas segala kesalahan yang sudah diperbuat selama ini.

Berpasrah kepada Sang Pemilik alam semesta, supaya hati menjadi lebih tenang. Dari Aisyah r.a., Nabi saw. terbiasa membaca istigfar.

"Rasulullah banyak membaca: Subhanallah wa bihamdihi, astagfirullah wa atubu ilaihi, (Maha suci Allah dengan segala pujinya, aku memohon ampun kepada Allah) sebelum tidur." (HR Bukhari, Muslim)

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Amalan yang Biasa Dilakukan Rasulullah sebelum Tidur

Membaca Doa sebelum Tidur

Selanjutnya, membaca doa sebelum tidur yang telah biasa dan diajarkan sejak dini, sebagai berikut:

Apabila Nabi shallallahu alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan doa: "Bismikallahumma ahyaa wabismika wa amuut" (Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati). 

Melakukan Ibadah Salat Witir

Kebiasaan amalan Rasulullah sebelum tidur berikutnya dengan melakukan salat witir yang ganjil. Bisa ditunaikan dengan satu rakaat, tiga rakaat, dan seterusnya tanpa adanya paksaan.

"Kekasihku (Muhammad saw) mewasiatkan kepadaku tiga hal yang tidak akan aku tinggalkan selama hidupku, yaitu berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, salat duha, dan salat witir sebelum tidur." (HR Bukhari).

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Kurnia Azizah. Publsihed: 15/9/2020)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer