Sukses


4 Contoh Teks Pembawa Berita dan Reporter yang Bisa Dijadikan Referensi Belajar

Bola.com, Jakarta - Teks pembawa berita dan reporter bisa dimaknai sebagai teks yang mengandung informasi terbaru, aktual, serta tepercaya.

Hal ini agar informasi yang dituturkan dalam teks pembawa berita dan reporter tersampaikan serta ada manfaat yang bisa diambil oleh penonton.

Teks pembawa berita dan reporter dapat ditemui pada siaran-siaran berita di televisi.

Nah, bagi kamu yang sedang belajar menjadi pembawa berita dan reporter, ada beberapa contoh teks pembawa berita dan reporter pada artikel ini yang bisa dicermati.

Contoh teks pembawa berita dan reporter merupakan satu di antara aspek penting yang perlu dipersiapkan supaya penyampaian informasi dapat tersalurkan dengan benar kepada penonton.

Berikut ini beberapa contoh teks pembawa berita dan reporter yang bisa dijadikan referensi belajar, dikutip dari laman Fajarpendidikan dan Salamadian, Jumat (16/9/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Pembawa Berita dan Reporter 1

Selamat pagi pemirsa,

Seputar Info kembali hadir di sela-sela aktivitas Anda, bersama saya, Dimas Permana, yang akan memberikan berita-berita terbaru dan teraktual, 26 April 2018.

Pemirsa, ledakan gudang kembang api yang terjadi tadi malam di Somarende, sebuah kecamatan di Banyuasin. Ledakan tersebut membuat warga setempat gempar. Menurut Badan Penanganan Keadaan Darurat Daerah (BPKDD), ledakan yang terjadi tepat pukul 20.00 waktu setempat bermula dari sebuah toko dan gudang kembang api di kawasan Platuk, Somarende.

Banyak warga yang menyaksikan kejadian tersebut secara langsung karena gudang kembang api tersebut terletak di daerah pemukiman padat penduduk, dan itu juga yang menyebabkan Tim SAR kesulitan dalam mengevakuasi dan mencapai lokasi kejadian.

Karena ledakan cukup dahsyat, sehingga empat mobil pemadam kebakaran pun kehabisan air saat beraksi. Kejadian ini juga mengakibatkan dua orang tewas dan 19 lainnya luka-luka, korban-korban tersebut sedang ditangani oleh petugas Palang Merah. Diduga, korban luka paling parah menderita luka sobek di bagian kaki karena melompat dari jendela rumahnya untuk menghindari kebakaran.

Namun, saat ini sejak datangnya tambahan air untuk pemadam kebakaran api sudah dapat dikendalikan.

Ya, kembang api yang biasa menjadi hiburan juga bisa menimbulkan bahaya yang sangat luar biasa. Maka dari itu, saya mengingatkan kepada pemirsa semua untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan segala kegiatan Anda, karena hal-hal yang tidak diinginkan bisa datang kapan dan di mana saja.

Demikian yang saya laporkan saat ini, Dimas Permana dan segenap kru yang bertugas undur diri. Terima kasih.

Selamat pagi dan sampai jumpa kembali.

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Pembawa Berita dan Reporter 2

Selamat siang pemirsa, berjumpa lagi dengan saya, Dinda Asyifa, dalam acara Seputar Berita edisi Sabtu, 3 April 2018 ,untuk mengambarkan berita-berita yang teraktual dan tepercaya, yang kami rangkum dalam Seputar Berita pagi ini.

Keterlibatan Kirana, dalam pembunuhan Citra Sanusi ternyata tidak hanya memancing korban untuk menemui mantan kekasihnya, Guntur. Kirana pun ikut menyiksa dan membunuh mahasiswi Universitas Tongga Tinggi itu.

Motif dari pelaku wanita yang berusia sebaya dengan pelaku Guntur dan korban itu, terungkap berdasarkan pemeriksaan sementara yang dilakukan pihak kepolisian tadi malam. Pelaku ditangkap dua jam sesudah Guntur ditangkap kepolisian saat melayat jenazah di RS Cipto, Salemba, Jakarta Pusat.

Kirana merupakan kekasih Guntur saat ini. Dia cemburu dengan pertemuan Guntur dengan mantan kekasihnya itu.

Sebelum tewas, kedua pelaku ini sempat menyiksa korban dengan cara dipukul menggunakan balok dan disetrum. Satu di antara pelaku juga menyumpal mulut Citra Sanusi dengan kertas. Nahasnya, sumpalan kertas itu yang membuat Citra Sanusi tersedak dan tidak bisa bernapas hingga akhirnya tewas. Berikut liputan selengkapnya.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Pembawa Berita dan Reporter 3

Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak tiga hari terakhir mengakibatkan sejumlah wilayah di ibu kota terendam banjir, di antaranya Perumahan Bumi Jaya, Kemang, Jakarta selatan, dengan ketinggian air mencapai satu meter sampai satu meter. Anggota tim SAR gabungan telah mengevakuasi warga terutama lansia dari rumah terdampak banjir.

Banjir juga merendam wilayah Grogol, Jakarta Barat. Hingga Rabu siang, beberapa lokasi di Cipinang Melayu, memiliki ketinggian air lebih dari 60 centimeter.

Langkah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merespons banjir yang terjadi dua hari terakhir di Jakarta, yaitu mengutamakan evakuasi warga yang menjadi korban banjir.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut banjir Jakarta diperparah dengan air kiriman dari hulu, tapi pihaknya telah menyiagakan sejumlah pintu air agar banjir tidak merendam kawasan utama di ibu kota.

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG mengingatkan masyarakat harus tetap waspada terhidap peningkatan curah hujan wilayah Jabodetabek.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Pembawa Berita dan Reporter 4

Pemirsa ... gempa berkekuatan 6,1 skala richter di Maluku tengah siang tadi terjadi pada pukul 13 lewat 43 waktu Indonesia timur menimbulkan dampak longsoran bawah laut dan terjadinya kenaikan permukaan air laut.

Detik-detik saat permukaan air laut di Pantai Japutah hingga Pantai Apiahu naik terekam dari video yang tersebar di internet, saat ini warga di sekitar pantai sudah mengungsi ke daerah perbukitan menjauhi pantai

BMKG melalui akun resminya di Twitter juga sudah memperingatkan potensi tsunami atau naiknya permukaan air laut akibat adanya longsor bawah laut sebagai dampak gempa 6,1 skala richter.

Naiknya permukaan air laut membuat panik para nelayan di sekitar Pantai Japutih dan Apiahu, Maluku Tengah, mereka berupaya menyelamatkan perahu dan kapal, tapi naiknya air laut berlangsung cepat sehingga nelayan tidak bisa mengikat perahunya ke tambatan.

BMKG mengeluarkan peringatan potensi tsunami dan juga gempa susulan, BMKG meminta warga di sekitar pantai untuk segera menjauhi pantai dan menuju daerah yang tinggi.

Sebagian warga tampak berada di perbukitan dan hutan sekitar pantai, mereka cukup sigap dengan peringatan BMKG.

 

Sumber: Fajarpendidikan, Salamadian

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer