Sukses


Cara Menjadi Jomblo Bahagia

Bola.com, Jakarta - Pilihan untuk menjadi lajang, single, atau jomblo masih kerap mendapat stigma negatif. Apalagi saat usia sudah beranjak dewasa. Padahal, ada berbagai manfaat positif baik dari melajang.

Beberapa manfaat tersebut di antaranya berdampak terhadap kesehatan fisik, seperti tidur Anda lebih nyenyak, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga, berat badan lebih stabil.

Menjadi jomblo juga punya manfaat bagi kesehatan mental, semisal Anda berkesempatan memiliki teman dekat lebih banyak, stres keuangan berkurang, melatih tanggung jawab Anda, punya lebih banyak waktu untuk me time, lebih berani mengambil risiko, dan Anda dapat mengembangkan potensi Anda.

Meski begitu, adakalanya Anda merasakan anggapan bahwa status jomblo itu menyedihkan. Jika begitu situasi yang Anda hadapi, Anda bisa memberikan bukti bahwa Anda "baik-baik saja" menjadi seorang lajang dan bahkan seseorang yang berstatus single, juga bisa hidup bahagia.

Alhasil, tidak ada salahnya Anda menikmati kesendirian Anda saat ini. Agar Anda lebih bisa menikmati status single lajang, Anda bisa mengisi hari-hari Anda dengan hal-hal positif dan membahagiakan diri Anda. 

Berikut ini beberapa cara agar menjadi jomblo bahagia, yang bisa Anda terapkan, disadur dari Klikdokter, Minggu (18/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menjadi Jomblo Bahagia

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Orang yang tidak memiliki pasangan sering kali merasa telah mengecewakan diri sendiri maupun keluarga. Agar tidak terus-terusan menyalahkan diri sendiri, lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia. 

Menyalahkan diri sendiri saat tidak memiliki pasangan bisa memicu stres. Pada akhirnya ini akan membuat seseorang tidak nyaman dengan status lajangnya. 

Orang tersebut akan tidak menjalani dengan tenang status single ini dan malah menuntut diri untuk segera punya pasangan.

Sekalipun orang tersebut memiliki pasangan, hubungannya juga tidak akan damai karena ia cenderung asal mencari pasangan. 

Bisa juga, ia belum siap untuk memiliki pasangan, tetapi memaksakan diri untuk berpacaran. Jika kondisinya seperti itu, hubungan dengan pasangan pun akan terus dihadapkan pada konflik.

2. Jalin Komunikasi dengan Orang Baru

Menjadi jomblo yang baik dan bahagia bukan berarti menutup diri dari kehidupan sosial dan menolak berteman dengan orang baru. Justru, ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk memperluas pertemanan dan koneksi. 

Dengan jaringan sosial yang luas, peluang Anda untuk mendapatkan pasangan pun akan lebih meningkat. Meski bukan untuk mencari pasangan, hal ini juga bisa digunakan untuk menunjang pencapaian tujuan karier atau hidup Anda.

Bertemu dengan orang baru, terutama yang lajang, juga akan membuat Anda merasa tidak sendiri. Hal ini tentu penting agar Anda tidak terlalu larut dalam pikiran negatif terkait status lajang.

 

3 dari 4 halaman

Cara Menjadi Jomblo Bahagia

3. Melakukan Aktivitas Khusus Lajang

Setelah memiliki pasangan, beberapa orang akan merindukan masa-masa lajangnya. Hl ini karena ada beberapa hal yang akan lebih menyenangkan jika dilakukan sendiri. Ketika sudah punya pasangan, hal-hal tersebut tentu akan sulit dilakukan. 

Anda bisa menanyakan ke teman yang telah memiliki pasangan tentang hal-hal yang dirindukan saat masih jomblo. 

Anda bisa membuat daftar aktivitas khusus lajang, misalnya melakukan hobi di akhir pekan, atau pergi ke bioskop, gym, museum, hingga pantai tanpa harus menghubungi siapa pun.

4. Nikmati Kebersamaan dengan Teman

Seiring berjalannya waktu, teman-teman Anda akan memiliki pasangan, bahkan berumah tangga. Hal ini akan membuat intensitas berkumpul dengan teman-teman Anda makin jarang.

Maka itu, saat Anda dan teman-teman belum memiliki pasangan dan masih memiliki waktu luang, manfaatkanlah untuk berkumpul. 

Lakukan hal-hal yang bisa meninggalkan pengalaman berharga bersama mereka. Dengan begitu, Anda akan merasa telah menjalani hidup dengan lebih berarti.

 

4 dari 4 halaman

Cara Menjadi Jomblo Bahagia

5. Ambil Peluang

Dunia ini luas dan masih banyak orang yang dapat menginspirasi diri Anda. Manfaatkan hal ini dengan mencari tahu banyak hal tentang orang-orang yang inspiratif tersebut. 

Jika Anda memiliki peluang untuk menjalin hubungan dengan orang lain yang memiliki nilai-nilai baik, ambillah kesempatan tersebut. 

Ingat, kendati Anda lajang, bukan berarti Anda tidak membutuhkan orang lain. Terlebih jika orang tersebut akan memberikan dampak baik untuk hidup Anda.

6. Jangan Iri

Anda pasti sering melihat pasangan yang memamerkan kemesraan dan menunjukkan hubungannya yang bahagia. Namun, jangan iri melihat hal tersebut.

Hal ini karena Anda tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di hubungan mereka. Bisa saja keromantisan yang terlihat hanya dilakukan di depan orang lain, bukan realita dari hubungan tersebut.

Iri juga bisa membuat Anda rendah diri sehingga menimbulkan stres. Jadi, sebaiknya alihkan perhatian ke sesuatu yang membuat bahagia demi kesehatan mental Anda.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 12/3/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel cara dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer