Sukses


Ketahui Manfaat Berenang bagi Kesehatan Jantung

Bola.com, Jakarta - Berenang menjadi satu di antara olahraga favorit banyak orang. Sifatnya yang menyegarkan menjadikan renang kerap jadi pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus refreshing.

Manfaat berenang bagi kesehatan di antaranya mampu mengatasi berbagai penyakit, seperti penyakit peradangan sendi – artritis, melawan risiko jantung koroner, mengurangi risiko diabetes, menguatkan tulang, meningkatkan kapasitas dan volme paru-paru.

Berenang juga dapat membantu mengurangi gejala cemas. 

Secara khusus, seperti telah disebutkan di atas, berenang secara rutin dapat bermanfaat baik bagi kesehatan jantung. 

Beberapa manfaat renang untuk jantung, yakni dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah, memperkuat otot jantung, dan membuat detak jantung lebih stabil. 

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan perihal manfaat berenang bagi kesehatan jantung, disadur dari Klikdokter, Senin (19/9/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Berenang bagi Kesehatan Jantung

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Jantung memiliki fungsi utama yaitu mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Hal ini penting karena darah mengandung oksigen yang diperlukan sel, jaringan, maupun organ tubuh untuk menjalankan fungsinya.

Renang untuk jantung bermanfaat membantu fungsi organ tersebut dalam mendistribusikan darah ke seluruh tubuh.  

Manfaat tersebut tidak hanya diperoleh dari gerakan renang, tetapi juga tekanan air di sekitar kulit. Tekanan air dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Dengan memiliki sirkulasi darah yang baik, risiko emboli atau penyumbatan pembuluh darah dapat diminimalkan. Pada akhirnya, berenang dapat mengurangi masalah kardiovaskular, seperti gangguan jantung maupun stroke.

Menurunkan Tekanan Darah

Berdasarkan studi yang dilakukan University of Texas, Amerika Serikat, manfaat berenang untuk jantung dapat menurunkan tekanan darah. 

Manfaat tersebut hanya bisa diperoleh jika renang dilakukan rutin.

Berenang selama beberapa kali per pekan dapat membantu mengurangi pengerasan pembuluh darah sehingga menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi melebihi ambang batas normal merupakan satu di antara faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Berenang bagi Kesehatan Jantung

Detak Jantung Lebih Stabil

Takikardia atau detak jantung terlalu cepat melebihi denyut jantung normal sangat berbahaya. Gangguan jantung tersebut dapat meningkatkan risiko stroke maupun menyebabkan kematian mendadak.

Berenang dapat menurunkan detak jantung sehingga mengurangi risiko komplikasi penyakit akibat jantung berdetak terlalu cepat. 

Hal ini dikarenakan adanya efek relaksasi yang dirasakan tubuh ketika menyelam di dalam air. Ketika berada di dalam air, denyut nadi melambat sehingga turut memperlambat detak jantung.

Memperkuat Otot Jantung

Manfaat berenang untuk jantung berikutnya yaitu melatih dan memperkuat otot jantung. Manfaat ini diperoleh jika renang dilakukan rutin.

Rutin melakukan latihan kardiovaskular seperti berenang dapat meningkatkan ukuran maupun kekuatan otot jantung. Hal ini serupa aktivitas ngegym untuk membangun otot bisep.

Ketika kekuatan jantung bertambah, kemampuannya dalam mendistribusikan darah meningkat. Di saat bersamaan, stres pada jantung dapat diminimalkan sehingga kesehatan jantung terjaga. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 14/2/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel berenang dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer