Sukses


5 Cara Cerdas Menghadapi Orang Toxic yang Bisa Diterapkan

Bola.com, Jakarta - Berurusan dengan orang yang toxic dan terjebak bersama mereka dapat membuat hidup kita memiliki konflik, stres, tidak nyaman, bahkan menimbulkan rasa sakit emosional atau fisik.

Orang toxic dapat ditemukan di mana saja, seperti di lingkungan kerja, pertemanan, maupun keluarga.

Dilansir dari Psych Central, perilaku orang toxic ditandai seseorang bersikap manipulatif, egois, atau kerap berusaha mengendalikan orang lain.

Untuk itu, perlu dilakukan sebuah tindakan yang tegas agar orang toxic bisa menghentikan kebiasaan buruknya.

Jika saat ini Anda berada dalam hubungan atau lingkungan dengan orangĀ  toxic, bisa mencoba beberapa cara cerdas menghadapi orang toxic pada artikel ini.

Berikut ini cara cerdas menghadapi orang toxic yang bisa diterapkan, disadur dariĀ Klikdokter, Senin (19/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tetapkan Batasan Diri

Cara pertama menghadapi orang toxic adalah dengan membatasi interaksi atau hubungan. Membuat batasan yang jelas dapat meminimalkan sikap toxic yang dilakukan orang lain terhadap Anda.

Jika, orang toxic tersebut adalah pasangan, Anda bisa mengambil langkah tegas dengan memutuskan hubungan atau breakup.

Sementara itu, jika sikap toxic itu berasal dari keluarga maupun rekan kerja, Anda bisa menghindari interaksi langsung dengan mereka. Misalnya, ketika mereka mengajak berbicara, Anda bisa mengatakan bahwa sedang sibuk.

3 dari 6 halaman

Jangan Penasaran dengan Masalah Orang Tersebut

Orang toxic sering membagikan cerita dan berusaha menyeret Anda ke dalam masalahnya. Sebagian dari kita mungkin tertarik mendengarkan permasalahan yang sedang orang lain hadapi. Namun, kondisi ini justru membuat Anda masuk ke permasalahan orang toxic tersebut.

Cobalah mengabaikan rasa ingin tahu terhadap masalah yang sedang dialami orang lain. Bila perlu, ungkapkan kepada orang tersebut bahwa Anda tidak ingin terlibat.

Berani mengatakan "tidak" kepada orang lain juga dapat menjadi cara menghadapi orang toxic. Anda dapat pergi ketika orang tersebut mulai membahas percakapan dengan topik negatif.

4 dari 6 halaman

Sampaikan ke Orang Tersebut tentang Sikap Toxic-nya

Tidak semua orang toxic menyadari bahwa yang dilakukannya merugikan orang lain.Ā Maka itu, Anda bisa menyampaikan perihal perilaku orang tersebut saatĀ  situasi sedang tenang atau ketika sedang berdua.

Berbicara secara empat mata dapat menghindari respons atau reaksi yang tidak diinginkan dari orang toxic.

5 dari 6 halaman

Yakinkan Diri Jika itu Bukan Kesalahan Anda

Orang dengan perilaku toxic dapat menuduh Anda sebagai pribadi yang toxic. Mereka dapat memutarbalikkan kata-kata dan menuduh Anda ingin menyakiti mereka. Dampaknya, Anda menganggap diri sendiri yang menjadi racun atau toxic.

Untuk menghadapi hal ini, ingatkan diri sendiri bahwa perilaku mereka tidak ada hubungannya dengan sikap Anda.

Anda dapat menenangkan diri atau dengan sadar menghindari orang toxic. Jadi, saat ada perasaan negatif muncul karena sikap toxic tersebut, Anda tidak menyalahkan diri sendiri.

6 dari 6 halaman

Jujur tentang Apa yang Ia Lakukan

Jika tindakannya diketahui oleh orang lain, orang toxic bisa menganggap dirinya sebagai korban.

Pada saat yang bersamaan, mungkin Anda akan menyetujui tuduhan tersebut. Namun, nyatanya, tindakan ini justru membuat orang tersebut menganggap Anda mendukung perilaku toxic yang ia lakukan.

Agar orang tersebut kapok, Anda bisa jujur dengan mengatakan hal sebenarnya mengenai sikap atau tindakannya yang salah. Hal ini akan membuat ia kesal dan meminimalkan perilaku toxici-nya.

Ā 

Disadur dari: Klikdokter.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer