Sukses


Jenis Literasi Versi Kemdikbud dan Contohnya yang Bisa Diterapkan di Kehidupan Sehari-hari

Bola.com, Jakarta - Belakangan ini makin tidak sedikit orang yang kerap menelan mentah-mentah informasi yang didapatkan tanpa mencari tahu kebenaran dan keakuratannya. Untuk itu, kemampuan literasi sangat diperlukan dimiliki setiap individu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), literasi adalah kemampuan menulis dan membaca, pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu, kemampuan individu dalam mengolah informasi, dan pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Sederhananya, literasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk lebih membudidayakan gerakan membaca serta juga menulis.

Ungkapan literasi bisa dibagi ke dalam beberapa jenis, sesuai perkembangan zaman. Jadi, tidak hanya mengacu pada kemampuan membaca dan menulis saja.

Itulah sedikit gambaran secara umum tentang literasi. Untuk lebih memahami apa saja jenis-jenis literasi, kamu bisa menyimak pembahasannya, dilengkapi dengan contohnya yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa jenis literasi versi Kemdikbud beserta contohnya, dikutip dari laman disperpusip.tegalkab.go.id, Selasa (20/9/2022).

2 dari 5 halaman

Jenis Literasi Versi Kemdikbud

1. Literasi Baca dan Tulis

Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.

2. Literasi Numerasi

Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk:

  • Bisa memperoleh, menginterpretasikan, menggunakan, dan mengomunikasikan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari.
  • Bisa menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan sebagainya) untuk mengambil keputusan.
3 dari 5 halaman

Jenis Literasi Versi Kemdikbud

3. Literasi Sains

Literasi sains adalah pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk mampu mengidentifikasi pertanyaan, memperoleh pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasarkan fakta, memahami karakteristik sains, membangun kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual dan budaya, serta meningkatkan kemauan untuk terlibat dan peduli dalam isu-isu yang terkait sains.

4. Literasi Digital

Literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari.

4 dari 5 halaman

Jenis Literasi Versi Kemdikbud

5. Literasi Finansial

Literasi finansial adalah pengetahuan dan kecakapan untuk mengaplikasikan:

  • Pemahaman tentang konsep dan risiko
  • Keterampilan
  • Motivasi dan pemahaman agar dapat membuat keputusan yang efektif dalam konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan finansial, baik individu maupun sosial, dan dapat berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat.

6. Literasi Budaya

Literasi budaya adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa. Sementara itu, literasi kewargaan adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat.

5 dari 5 halaman

Contoh Gerakan Literasi

Beberapa contoh literasi yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Membuat jadwal membaca rutin.
  • Membuat dinding motivasi.
  • Membaca buku nonpelajaran sebelum pelajaran dimulai.
  • Membuat sudut baca di sudut-sudut sekolah.
  • Mengadakan kompetisi literasi di sekolah.

 

Sumber: disperpusip.tegalkab.go.id

Dapatkan artikel jenis dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer