Sukses


Daftar Makanan yang Bisa Menghilangkan Rasa Cemas

Bola.com, Jakarta - Rasa cemas merupakan kondisi umum dan wajar terjadi. Kecemasan dapat muncul karena berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Perasaan cemas dengan kadar yang tidak terlalu berlebih, terkadang dianggap membantu sebagai pemicu kewaspadaan dan sikap siaga terhadap lingkungan sekitar.

Namun, cemas yang terlalu berlebihan bisa sangat mengganggu pikiran, yang berujung pada terganggunya aktivitas yang sedang dilakukan.

Ada banyak faktor yang memengaruhi terjadinya kecemasan, semisal pekerjaan, urusan rumah tangga, urusan percintaan, dan urusan sekolah.

Selain dengan pengobatan, gangguan kecemasan dapat diatasi dengan pola makan yang tepat dan olahraga yang seimbang. Dengan upaya tersebut, kambuhnya gejala bisa dikurangi.

Berikut daftar makanan yang bisa menghilangkan rasa cemas, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (19/9/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Menghilangkan Rasa Cemas

Ikan

Selain menjaga fungsi kognitif, konsumsi ikan yang kaya omega-3 bisa menangani kecemasan. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah studi kecil di Ohio State University.

Studi tersebut mengungkapkan bahwa pada murid-murid yang diberikan suplemen omega-3, terjadi penurunan angka kecemasan sebanyak 20 persen dibandingkan dengan anak-anak yang hanya diberikan plasebo.

Para peneliti menganjurkan untuk mengonsumsi lebih banyak omega-3 dengan ikan. Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang berperan penting dalam menjaga kesehatan mental dan fungsi kognitif untuk berpikir.

Ikan yang mengandung omega-3 tinggi adalah ikan berlemak, seperti salmon, sarden, makerel, trout, dan lain-lain.

Telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk anxiety, berkat kandungan vitamin B di dalamnya.

Otak sangat membutuhkan vitamin B. Apabila Anda kekurangan asupan vitamin ini, Anda dapat mengalami beberapa keluhan, seperti kebingungan dan kecemasan.

Sumber makanan yang tinggi akan vitamin B adalah telur. Maka itu, Anda sebaiknya mengonsumsi lebih banyak telur, tetapi pastikan tidak terlalu berlebihan. 

Teh Hijau

Teh hijau tinggi akan kandungan asam amino yang dinamakan L-theanine. Asam amino ini memiliki efek menenangkan tubuh. 

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi L-theanine sebanyak 200 mg dapat membantu meringankan kecemasan pada murid-murid yang akan ujian.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Menghilangkan Rasa Cemas

Teh Chamomile

Apakah Anda termasuk pencinta teh chamomile? Teh jenis ini sudah terbukti menguntungkan kesehatan sejak dulu. 

Sebuah studi kecil di tahun 2009 menyebutkan bahwa teh chamomile dapat membantu orang-orang dengan gangguan kecemasan.

Dark Chocolate

Satu di antara makanan penghilang cemas yang bisa Anda coba adalah dark chocolate atau cokelat hitam. 

Manfaat cokelat hitam untuk mengurangi stres diperoleh dari kandungannya, yakni flavonoid yang dapat membantu meningkatkan aliran darah, serta triptofan yang mampu meningkatkan mood.

Kunyit

Kunyit dapat menjadi makanan penghilang cemas karena mengandung kurkumin di dalamnya. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan stres oksidatif pada orang yang mengalami gangguan kecemasan. 

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Menghilangkan Rasa Cemas

Asparagus

Menurut beberapa penelitian, satu di antara penyebab gangguan cemas adalah kurangnya vitamin B. Karenanya, pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin B harian lewat makanan.

Sama halnya dengan telur yang tinggi akan vitamin B, asparagus juga memiliki kandungan vitamin B yang tinggi.

Brokoli

Brokoli dapat dimasukkan daftar makanan penghilang cemas. Kandungan magnesium di dalamnya bisa membantu mengurangi rasa cemas dan membuat relaks setelah mengonsumsinya.

Jeruk

Sudah banyak yang tahu bahwa buah yang satu ini kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam jeruk tidak hanya berperan sebagai antioksidan. Selain menangkal efek buruk radikal bebas, vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu untuk menghilangkan rasa cemas. 

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Menghilangkan Rasa Cemas

Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri baik seperti Lactobacillus dan Bifidobacteria. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa makanan fermentasi dapat mengurangi kecemasan pada beberapa orang usia muda. 

Maka itu, konsumsi yoghurt dan makanan berfermentasi lainnya baik untuk bakteri usus alami serta dapat mengurangi stres.

Bayam

Bayam dan sayuran hijau juga merupakan makanan penghilang cemas. Zat magnesium di dalamnya membantu tubuh merasa lebih tenang. 

Perlu diketahui bahwa magnesium dikenal sebagai mineral penenang yang memengaruhi kadar serotonin.

Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks meningkatkan gula darah secara perlahan sehingga akan menghasilkan energi yang relatif lebih stabil. 

Hal ini juga dapat meningkatkan hormon pada otak yang disebut serotonin sehingga dapat memperbaiki mood Anda. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Publsihed: 29/3/2022)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer