Sukses


Macam-Macam Metode Pembelajaran, Lengkap dengan Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana belajar yang telah disusunĀ agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sederhananya, metode pembelajaran adalah cara-cara yang dilakukan untuk membantu proses belajar berjalan efektif dan efisien.

Metode pembelajaran digunakan oleh pendidik agar para peserta didiknya memahami dan menguasai apa yang diajarkan dalam proses belajar.

Selain itu, metode pembelajaran digunakan agar peserta didik tidak bosan saat proses belajar dari awal sampai akhir.

Ada beberapa macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan di kelas.

Berikut ini macam-macam metode pembelajaran, lengkap dengan penjelasannya yang perlu dipahami, dikutip dari laman Made-blog dan lp2m.uma.ac.id, Selasa (20/9/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Metode Pembelajaran

1. Metode Pembelajaran Ceramah

Metode pembelajaran ini yang sudah ada sejak zaman dahulu. Metode ceramah adalah menyampaikan informasi secara lisan kepada para siswa. Metode ini dianggap sebagai metode yang ekonomis dan praktis.

2. Metode Pembelajaran Diskusi

Metode pembelajaran diskusi lebih mengedepankan aktivitas diskusi siswa serta belajar memecahkan masalah sendiri. Metode ini dilakukan dengan cara membentuk kelompok untuk membahas sebuah masalah.

3. Metode Pembelajaran Demonstrasi

Metode pembelajaran demonstrasi adalah melakukan praktikum sehingga siswa akan melihat secara langsung apa yang sedang dipelajari. Metode ini akan menarik minat siswa serta membuatnya lebih fokus pada materi pelajaran.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Metode Pembelajaran

4. Metode Pembelajaran Resitasi

Dalam metode pembelajaran resitasi, siswa akan membuat resume tentang materi yang telah disampaikan oleh pengajar. Resume akan dituliskan pada kertas dengan menggunakan bahasa sendiri oleh para murid.

5. Metode Pembelajaran Eksperimen

Metode pembelajaran eksperimen adalah kegiatan pembelajaran dengan melibatkan peserta didik untuk mencoba atau mempraktikkan materi pembelajaran yang sedang disampaikan.

Kegiatan praktikum ini umumnya dilakukan di laboratorium sehingga setiap eksperimen yang dilakukan dapat berjalan dengan aman. Biasanya diterapkan pada mata pelajaran yang berhubungan dengan sains (ilmu alam).

6. Metode Pembelajaran Latihan

Metode pembelajaran latihan disebut juga sebagai metode training. Metode ini dilakukan dengan melatih keterampilan atau soft skill siswa dengan cara membuat, merancang, atau memanfaatkan sesuatu.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Metode Pembelajaran

7. Metode Pembelajaran Debat

Metode pembelajaran debat adalah metode pembelajaran yang sering digunakan di mata pelajaran sosial atau humaniora (sastra).

Debat atau adu argumentasi dilakukan antara dua kelompok atau lebih, bisa secara perorangan atau kelompok. Hal itu untuk mengemukakan pendapat atas sikap yang diambil oleh kelompok tersebut.

Biasanya, kelompok dibagi menjadi pro dan kontrak terhadap sebuah permasalahan. Tujuannya, peserta didik dapat meningkatkan kemampuan bicara (public speaking) dan mengemukakan pendapat.

8. Metode Pembelajaran Jigsaw

Metode pembelajaran jigsaw menghendaki siswa untuk belajar secara berkelompok. Guru dapat mendorong siswa untuk kerja sama dalam kelompok.

Setiap anggota kelompok akan mendapat tugas untuk memahami dan mendalami bagian tertentu dari tema yang dipelajari. Kemudian setiap anggota kelompok menggabungkannya hasil belajarnya sehingga terbentuk satu pemahaman yang utuh.

Jenis metode pembelajaran ini membuat siswa belajar mendengar dan belajar satu sama lain.

9. Metode Pembelajaran Daring

Metode pembelajaran daring atau belajar secara online dengan menggunakan komputer menjadi solusi saat kegiatan belajar tidak bisa berjalan normal seperti pada situasi pandemi.

Untuk bisa berjalan dengan baik, akses internet sebagai media pembelajaran harus dalam keadaan optimal. Pembelajaran biasanya dilengkapi dengan pemberian modul pembelajaran, rekaman video, serta rekaman audio.

Ā 

Sumber: Made-blog, lp2m.uma.ac.id

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer