Sukses


Bacaan Surat Al-Kautsar beserta Artinya yang Bisa Dipahami

Bola.com, Jakarta - Al-Qur'an menjadi kitab suci umat Islam yang terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6666 ayat. Satu di antara surat yang sering dibaca saat salat ialah Al-Kautsar.

Surat Al-Kautsar merupakan satu di antara surat pendek di dalam mushaf Al-Qur'an. Bahkan saat salat, surat Al-Kautsar sering menjadi pilihan suratan yang dibaca.

Surat Al-Kautsar terdiri dari tiga ayat dan tergolong ke dalam surat Makkiyyah atau turun di Kota Makkah.

Surat Al-Kautsar terletak di urutan ke-108 di dalam Al-Qur'an. Tepatnya terletak di antara surat Al-Ma'un dan surat Al-Kafirun.

Surat Al-Kautsar diturunkan ke Rasulullah saw. saat beliau merasa sedih. Hal itu dikarenakan beliau ditinggalkan dua orang yang sangat disayanginya. Oleh sebab itu, surat ini merupakan surat yang berfungsi untuk menghibur Rasulullah saw.

Di samping itu, arti surat Al-Kautsar adalah nikmat yang berlimpah dan sebagai nama sungai.

Berikut ini bacaan surat Al-Kautsar beserta artinya yang bisa dipahami umat muslim, disadur dari Liputan6, Rabu (21/9/2022).

2 dari 4 halaman

Bacaan Surat Al-Kautsar Ayat 1-3 beserta Artinya

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَ

"Innaa a'taina kal kauthar."

Artinya: Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

"Fa salli li rabbika wanhar."

Artinya: Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

"Inna shani-aka huwal abtar."

Artinya: Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

3 dari 4 halaman

Keutamaan Surat Al-Kautsar

- Diberikan Nikmat oleh Allah Swt.

Barang siapa yang membaca surat Al-Kautsar, akan ditambahkan nikmat hidup dan di akhiratnya kelak. Surat Al-Kautsar menunjukkan bahwa Allah Swt. memberikan nikmat yang banyak kepada Rasulullah saw.

Nikmat yang banyak itu di antaranya adalah keturunan yang banyak dan telaga Al-Kautsar di surga kelak.

Surat Al-Kautsar memberikan arahan kepada Rasulullah untuk mensyukuri nikmat yang banyak dengan salat dan berkurban, yakni salat yang ikhlas karena Allah Swt. dan kurban yang dipersembahkan kepada-Nya semata.

Dengan membaca surat Al-Kautsar setiap hari, surat tersebut dapat dijadikan sebagai alat untuk pembuka rezeki. Dengan begitu, rezeki yang didapatkan dari Allah Swt. akan lancar dan bertambah.

- Keluarga Menjadi Harmonis

Dengan membaca dan mengamalkannya setelah melaksanakan salat tahajud bersama pasangan, surat Al-Kautsar dapat membantu membuat hubungan antara suami istri serta keluarganya menjadi lebih harmonis, sakinah, mawadah, dan warohmah.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Surat Al-Kautsar

- Alat Ikhtiar untuk Menyembuhkan Penyakit

Surat Al-Kautsar dapat dijadikan sebagai alat ikhtiar untuk meminta kesembuhan kepada Allah dari segala macam penyakit. Dengan membaca surat Al-Kautsar saat akan minum, insyaallah ikhtiar yang dilakukan akan membuahkan hasil.

- Melunakkan Hati Seseorang

Dengan membaca surat Al-Kautsar sebanyak tiga kali, hati orang yang akan ditemui bisa melunak. Selain itu, bagi orang yang senantiasa membaca surat Al-Kautsar juga akan mendapatkan ketenteraman dalam hati.

- Membuka Jalan Terkabulnya Doa

Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan. Sebagai seorang muslim yang baik, untuk mendapatkan sesuatu yang sedang diinginkan tidak hanya dengan berusaha, tetapi juga harus diiringi doa.

Dengan berdoa dan mengamalkan surat Al-Kautsar saat terjadinya hujan disertai rasa ikhlas dari dalam hati, insyaallah doa yang dipanjatkan akan ditunjukkan titik terangnya oleh Allah dengan dikabulkan doa-doanya.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi, Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 3/12/2020)

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer