Sukses


VIDEO: Hadir di Turnamen Kyokushin Karate dan Kudo, Bela Diri Apa Itu?

Bola.com, Jakarta - Budo Combat akhirnya terlaksana setelah mengalami penundaan sebanyak dua kali karena pandemi Covid-19. Turnamen mini yang mempertandingkan olahraga bela diri Kyokushin Karate dan Kudo itu digelar di Proximo Arena, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, pada 4 September 2022.

Nama bela diri Kyokushin Karate dan Kudo mungkin masih asing di telinga. Kita mungkin hanya familiar dengan kata "karate"-nya saja. Lalu, apakah kedua bela diri yang dipertandingkan di Budo Combat itu juga berasal dari Jepang?

Kyokushin memang berasal dari Jepang. Akan tetapi, berbeda dengan karate yang mungkin kita pernah lihat di ajang multi-event olahraga, contohnya di Olimpiade Tokyo 2020.

"Kyokushin Karate itu full body contact system. Memukul dan menendang langsung, tanpa pelindung tubuh," ujar Jesse Chandra, Brand Chief IKO Nakamura Indonesia. Sementara itu, IKO Nakamura adalah salah satu organisasi aliran Kyokushin di Kobe, Jepang.

Namun, untuk di turnamen mini Budo Combat, terdapat modifikasi saat melakukan pertandingan Kyokushin. Para peserta remaja dan dewasa menggunakan sarung tangan (glove) dan pelindung kaki, sedangkan untuk anak-anak dilengkapi lagi dengan pelindung kepala dan dada.

Bagaimana dengan Kudo? Bela diri tersebut juga berasal dari Jepang. Kudo lahir di sekolah bela diri Daido Juku, di mana pendirinya adalah Takashi Azuma, yang juga dikenal di kalangan Kyokushin. Guru dari Azuma adalah Masutatsu Oyama, pendiri organisasi Kyokushin Kaikan pada 1964.

Seperti apa menariknya olahraga bela diri Kyokushin Karate dan Kudo? Para pembaca bisa menikmatinya dalam tayangan peliputan turnamen Budo Combat di atas.

Video Populer

Foto Populer