Sukses


Pengertian CPU dan Fungsi-fungsinya

Bola.com, Jakarta - CPU adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam komputer. CPU atau central processing unit adalah pusat kendali komputer.

CPU merupakan rangkaian sirkuit elektronik yang sangat kompleks dan luas yang menjalankan instruksi program yang tersimpan.

CPU mendukung pemrosesan data dengan melakukan fungsi mengambil, mengode, dan mengeksekusi pada instruksi yang diprogram.

Secara bersamaan, fungsi-fungsi ini sering disebut sebagai siklus instruksi. Selain fungsi siklus instruksi, CPU melakukan fungsi mengambil dan menulis data.

Agar lebih paham, berikut penjelasan terkait fungsi CPU, disadur dari Merdeka, Kamis (22/9/2022).

2 dari 3 halaman

Fungsi Siklus Instruksi CPU

Ketika suatu program berjalan pada komputer, instruksi disimpan dalam memori komputer sampai mereka dieksekusi. CPU menggunakan penghitung program untuk mengambil instruksi selanjutnya dari memori, di mana ia disimpan dalam format yang dikenal sebagai kode assembly. 

CPU men-dekode instruksi menjadi kode biner yang dapat dieksekusi. Setelah ini selesai, CPU melakukan apa yang diperintahkan instruksi, baik melakukan operasi, mengambil atau menyimpan data atau menyesuaikan penghitung program untuk melompat ke instruksi yang berbeda.

Jenis operasi yang biasanya dapat dilakukan oleh CPU mencakup fungsi matematika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

CPU juga dapat melakukan perbandingan antara objek data untuk menentukan apakah mereka sama.

Semua hal luar biasa yang dapat dilakukan komputer dilakukan dengan ini dan beberapa operasi dasar lainnya. Setelah instruksi dieksekusi, instruksi selanjutnya diambil dan siklus berlanjut.

3 dari 3 halaman

Fungsi Data CPU

Saat melakukan fungsi eksekusi dari siklus instruksi, CPU mungkin diminta untuk menjalankan instruksi yang membutuhkan data. Misalnya, menjalankan fungsi aritmatika membutuhkan angka yang akan digunakan untuk perhitungan. 

Untuk mengirimkan data yang diperlukan, ada instruksi untuk mengambil data dari memori dan menulis data yang telah diproses kembali ke memori.

Instruksi yang digunakan oleh CPU dan data yang dioperasikannya disimpan di area memori yang sama. Alamat unik digunakan oleh CPU untuk melacak lokasi memori yang berbeda.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 16/5/2020)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer