Sukses


Cara Mengatasi Kulit Belang, Mudah dan Aman

Bola.com, Jakarta - Kulit belang menjadi satu di antara masalah yang kerap dihadapi, terutama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Maka itu, tak heran banyak yang mencari cara untuk mengatasinya.

Kulit belang atau tidak rata dapat menyebabkan percaya diri menurun lantaran memengaruhi penampilan.

Dilansir dari Klikdokter, kulit yang tampak belang dapat terjadi akibat adanya hiperpigmentasi, yaitu suatu kondisi ketika sel pigmen kulit (melanin) terdapat lebih banyak di satu area ketimbang area lain. Perbedaan warna kulit yang signifikan pun dapat terlihat.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini, yakni perubahan hormon, seperti pada ibu hamil (melasma), paparan sinar matahari, dan hiperpigmentasi pascainflamasi. Hiperpigmentasi ini terjadi sebagai akibat dari luka yang telah ada sebelumnya. 

Meski begitu, Anda jangan terlalu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Anda coba lakukan untuk mengurangi tampilan kulit belang tersebut.

Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit belang dan meratakan warna kulit, disadur dari Klikdokter, Minggu (25/9/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Belang

1. Selalu Menggunakan Tabir Surya

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia mengharuskan Anda untuk tidak absen menggunakan tabir surya setiap hari, terutama bila Anda beraktivitas di luar ruangan.

Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet A dan B. Cara mengatasi kulit belang dengan tabir surya adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilih tabir surya dengan kandungan SPF minimal 30 dan broad-spectrum.
  • Bila Anda beraktivitas di sekitar air, pilih tabir surya yang sifatnya water-resistant.
  • Gunakan tabir surya setidaknya 20 menit sebelum Anda pergi ke luar ruangan. 

2. Oleskan Gel Lidah Buaya

Hiperpigmentasi atau kondisi kulit belang dapat diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Ketika kulit terbakar sinar matahari, gel lidah buaya dapat menjadi pilihan untuk Anda.

Cara mengatasi kulit yang belang menggunakan gel lidah buaya dapat membantu menenangkan kulit serta mencegah timbulnya kulit belang di kemudian hari.

Ketika akan menggunakan gel lidah buaya, Anda dapat menggunakannya sebelum tabir surya. Gel ini dapat diaplikasikan ke kulit setiap dua jam sekali. 

 

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Belang

3. Gunakan Pakaian Tertutup

Cara meratakan warna kulit bisa dilakukan dengan menghindari pakaian terbuka ketika cuaca terik. Anda juga sebaiknya menggunakan pakaian tertutup, khususnya saat beraktivitas di luar ruangan.

Cara mengatasi kulit belang ini bisa Anda terapkan sampai gejala kulit terbakar sinar matahari mereda atau bahkan sampai kulit belang menghilang. 

Anda juga dapat menggunakan pelindung, seperti payung dan topi untuk mengurangi paparan sinar matahari. 

4. Minum Air Putih

Selain memiliki banyak manfaat sehat, memenuhi kebutuhan cairan harian bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit. Hal ini juga dapat membantu mengurangi kulit kering akibat paparan sinar matahari.

Maka itu, sebagai satu di antata cara mengatasi kulit belang, Anda dianjurkan untuk minum air putih setidaknya 1,5 liter per hari. 

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Kulit Belang

5. Nutrisi Lengkap dan Seimbang

Bukan hanya organ tubuh bagian dalam saja yang memerlukan gizi yang seimbang, kulit Anda juga membutuhkannya. Mikronutrien seperti vitamin B12 dan asam folat penting untuk menjaga agar kulit tidak cepat terbakar dan rusak akibat sinar matahari. 

Vitamin B12 berfungsi untuk mengatur pigmen pada kulit dan mencegah hiperpigmentasi sehingga warna kulit pun akan lebih merata serta tak terlihat kusam.

Cara memutihkan kulit belang bisa dilakukan dengan mengonsumsi sumber makanan yang mengandung nutrisi ini. Bahan makanan sumber vitamin B12 tersebut, yakni daging merah, hati sapi, susu, dan telur.

Sementara itu, asam folat berfungsi membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah yang juga penting untuk perbaikan lapisan kulit. Zat ini dapat Anda peroleh dari sayuran hijau dan kacang-kacangan. 

6. Konsultasi ke Dokter Kulit

Jika sudah mencoba beberapa cara mengatasi kulit belang di atas, kondisi masih sama atau bahkan Anda mengalami kulit terbakar akibat sinar matahari, segera konsultasikan kepada dokter kulit.

Dokter umumnya akan mengevaluasi kondisi kulit Anda dan memberikan obat yang mengandung alpha dan beta hydroxy acid, vitamin A, vitamin C, serta bahan-bahan lain yang dapat membantu eksfoliasi kulit dan memperbaiki pigmentasi kulit. 

Video Populer

Foto Populer