Sukses


Contoh Teks Argumentasi Singkat Berbagai Topik yang Bisa Jadi Bahan Belajar

Bola.com, Jakarta - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks argumentasi adalah alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan.

Secara sederhana, teks argumentasi adalah karangan mengenai pendapat atau alasan penulis untuk membuktikan kebenaran dari suatu hal.

Kebenaran itu didasarkan dari pendapat yang didukung dengan fakta-fakta aktual, seperti hasil penelitian, data, teori, pendapat dari ahli, dan yang lainnya sebagai bukti penguat.

Dengan begitu, teks argumentasi tersebut bukan hanya omong kosong saja dan pembaca merasa yakin hingga pada akhirnya sependapat dengan sang penulis.

Untuk memudahkan menulis teks argumentasi, bisa memahami setiap contoh-contohnya di bawah ini.

Berikut ini beberapa contoh teks argumentasi singkat berbagai topik yang bisa jadi bahan belajar, dikutip dari laman smpislampapb.sch.id dan Deckarenas, Minggu (25/9/2022).

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Argumentasi Singkat tentang Lingkungan

Musim kemarau pada tahun ini merupakan kemarau terparah dalam kurun 10 tahun terakhir. Hujan tidak turun selama enam bulan mengakibatkan tanah dan sumber air menjadi kering. Menurut BMKG, tahun ini hujan diprediksi turun pada bulan depan.

Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau yang biasa, dikarenakan terjadi selama tujuh bulan. Padahal, berdasarkan data yang diberi tahu oleh BMKG tahun lalu, kemarau biasanya cuma terjadi selama lima bulan.

Dengan demikian, petani banyak yang merugi sebab gagal panen lantaran tidak ada air yang mengairi sawah mereka.

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Argumentasi Singkat tentang Kesehatan

Rokok mengandung banyak sekali zat yang berbahaya dan sebenarnya sangat mematikan, meski memang memberikan efek yang nikmat. Ada banyak sekali zat racun yang ada di rokok, satu di antaranya adalah zat Aceton, yang biasa dipakai dalam pembersih kuku.

Rokok memiliki zat adiktif juga sehingga orang yang mengonsumsinya akan bisa ketagihan dan tidak bisa berhenti. Kandungan racun yang masuk terus-menerus ke dalam tubuh tentunya akan bisa merusak tubuh secara perlahan dan menyebabkan kematian.

Rokok yang terbakar itu akan menghasilkan karbon monoksida yang merupakan gas yang sangat beracun. Biasanya gas seperti ini muncul dari kendaraan bermotor sehingga merokok sama dengan menghisap asap knalpot dari kendaraan bermotor. Bahkan ada hukuman mati yang menggunakan gas monoksida ini, jadi memang sangat berbahaya.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Argumentasi Singkat tentang Sampah

Permasalahan yang paling besar di Indonesia saat ini sebenarnya adalah sampah, karena sudah tidak terkontrol lagi. Sampah rumah tangga, terutama plastik, menjadi satu di antara kendala yang sangat besar bagi negara Indonesia. Perlu adanya langkah efektif yang bisa memangkas jumlah sampah plastik ini supaya alam tetap sehat.

Sampah yang tidak terkontrol bisa menimbulkan banyak bencana, seperti banjir yang memang sudah seperti agenda rutin. Satu di antara yang menjadi penyebabnya sebenarnya adalah perilaku masyarakat, terutama dalam pengelolaan sampah dalam hal pembuangan. Banyak orang yang masih buang sampah secara sembarangan.

Perlu adanya pendidikan mengenai sampah dan cara membuang yang baik dan benar supaya tidak salah. Pemerintah pun perlu memberi sanksi tegas supaya masyarakat patuh dan disiplin dalam membuang sampah.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Argumentasi Singkat tentang Politik

Pemilu di Indonesia menjadi satu di antara sarana kedaulatan rakyat yang diatur dalam undang-undang 1945 dan juga Pancasila. Pelaksanaan pemilu harus dilakukan secara langsung, jujur, adil, bebas, rahasia, dan juga umum. Prinsip seperti ini sering dimanfaatkan oleh para caleg untuk bisa menjadi pemenang pemilu.

Sampai sekarang ini masih banyak terjadi kampanye uang yang membuat caleg jadi bisa mendapatkan lebih banyak suara. Akan tetapi, ini bukanlah sistem politik yang baik dan sehat karena orang tidak memilih berdasarkan program kerjanya. Padahal, orang itu memilih inginnya bisa menjadi lebih sejahtera kehidupannya.

Karena itu melarang adanya kampanye uang dan menghindarinya menjadi satu cara untuk memajukan sistem politik Indonesia. Pendidikan politik diperlukan supaya rakyat itu melek dengan situasi politik Indonesia pada saat ini. Sesuai pernyataan Aristoteles, bahwa politik yang bermakna adalah yang bisa mengubah hidup masyarakat dari sekadar hidup menjadi hidup yang baik.

 

Sumber: smpislampapb.sch.id, Deckarenas

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer