Sukses


Daftar Buah yang Baik untuk Mencegah Hipertensi

Bola.com, Jakarta - Daftar buah yang baik untuk mencegah hipertensi patut Anda ketahui sehingga Anda bisa menyiapkannya di rumah sebagai bagian tindakan pencegahan dan bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Hipertensi adalah tekanan darah atau denyut jantung yang lebih tinggi daripada normal karena penyempitan pembuluh darah atau gangguan lain.

Gangguan kesehatan satu ini termasuk berbahaya lantaran dapat dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah, yang bisa mengakibatkan komplikasi mulai dari penyakit jantung hingga stroke.

Hipertensi dapat dicegah, satu di antaranya dengan menerapkan pola makan sehat. Beberapa jenis makanan dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, yakni makanan yang kaya akan kalium, magnesium, serat, dan rendah sodiu, di mana kandungan-kandungan tersebut dimiliki buah dan sayur.

Meski tidak secara langsung dapat menurunkan hipertensi, buah-buahan tersebut bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi serta komplikasinya.

Namun, perlu ditekankan, tidak ada satu makanan pun yang paling ampuh dalam menurunkan tekanan darah.

Agar maksimal, lakukan perubahan pola hidup menyeluruh. Jadi, selain mengonsumsi buah-buahan tersebut, terapkan juga pola makan sehat, rutin berolahraga, dan kelola stres dengan baik.

Berikut daftar buah yang baik untuk bantu mencegah hipertensi, disadur dari Klikdokter, Minggu (25/9/2022).

2 dari 4 halaman

Buah yang Baik untuk Mencegah Hipertensi

1. Berbagai Jenis Buah Berry

Buah berry, khususnya bluberi, diketahui kaya akan flavonoid. Sebuah penelitian yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, mengonsumsi flavonoid dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Buah berry lain yang bisa Anda konsumsi adalah rasperi dan stroberi.

Cara mengolahnya mudah, bisa dicampurkan ke semangkuk serealia atau granola Anda pada pagi hari atau bekukan di freezer untuk bahan campuran smoothie atau dessert.

2. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang baik untuk menurunkan darah tinggi. Buah ini kaya akan kalium, yakni 14 mg per 100 gram. 

Kalium berdampak bagus untuk denyut jantung serta dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Naga

Tidak banyak yang tahu bahwa buah naga dapat menurunkan darah tinggi. Buah naga diketahui kaya akan protein, karbohidrat, tinggi vitamin C, B1, dan riboflavin. Kandungan mineral seperti kalsium, besi, dan fosfor dalam buah naga juga tak kalah tinggi.

Kandungan vitamin C dalam buah naga dapat menjaga pembuluh darah tetap sehat dan lentur. Hal ini akan mencegah tekanan darah tinggi.

Bagi yang sudah mengalami hipertensi, mengonsumsi buah ini berguna menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

 

3 dari 4 halaman

Buah yang Baik untuk Mencegah Hipertensi

4. Pisang

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di American Journal of Physiology-Endocrinology and Metabolism, mengonsumsi pisang (juga ubi dan bayam) setiap hari bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Hal ini berkat kandungan mineral dan kalium di dalamnya. Zat-zat tersebut dapat membantu menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh.

Meski demikian, pisang mengandung 25 persen gula murni. Gula dalam jumlah tersebut dapat meningkatkan kadar gula secara cepat.

5. Kiwi

Makan tiga kiwi setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini tertuang dalam hasil studi yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition tahun 2007.

Studi ini melibatkan 118 partisipan pria dan wanita di atas 55 tahun yang memiliki tekanan darah agak tinggi. Para partisipan diminta mengonsumsi tiga kiwi per hari selama delapan minggu atau makan satu apel per hari selama delapan minggu. 

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang memakan kiwi punya tekanan sistolik lebih rendah dibanding dengan kelompok yang makan apel.

6. Alpukat

Setengah porsi alpukat mengandung satu persen kalsium, lima persen magnesium, dan 10 persen kalium. 

Konsumsi satu buah alpukat setiap hari dapat membantu mencegah sindrom metabolik, kondisi tubuh yang membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung dan diabetes.

Risiko yang dimaksud juga termasuk tekanan darah tinggi, lingkar pinggang besar, dan trigliserida tinggi.

 

4 dari 4 halaman

Buah yang Baik untuk Mencegah Hipertensi

7. Semangka

Semangka termasuk buah untuk menurunkan darah tinggi karena mengandung asam amino yang disebut citrulline. 

Citrulline bekerja dengan membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, senyawa yang dapat melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri.

8. Bit

Minum jus buah bit dapat menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek serta jangka panjang.

Peneliti menyatakan, konsumsi jus bit merah dapat menurunkan tekanan darah pada pengidap hipertensi yang minum 250 mililiter jus setiap hari selama empat minggu.

9. Peach dan Nectarine

Khasiat ini diperoleh berkat kandungan kaliumnya, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Satu ukuran sedang buah peach atau nectarin mengandung satu persen kalsium, tiga persen magnesium, dan delapan 8 persen kalium. 

10. Delima

Minum satu cangkir jus delima setiap hari selama 28 hari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dalam jangka pendek.

Hal itu berdasarkan temuan di tahun 2012. Para peneliti menghubungkan manfaat buah delima untuk darah tinggi dengan kandungan antioksidan di dalamnya. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 6/1/2022)

Silakan klik tautan ini untuk artikel kesehatan dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer