Sukses


Arti Harga Diri dan Cara Meningkatkannya

Bola.com, Jakarta - Self esteem atau harga diri adalah istilah dalam dunia psikologi untuk menggambarkan perasaan subjektif seseorang secara keseluruhan tentang nilai atau nilai pribadi.

Dengan kata lain, harga diri dapat didefinisikan sebagai seberapa besar Anda menghargai dan menyukai diri sendiri terlepas dari keadaannya.

Harga diri adalah apa yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri. Ketika itu bersifat positif, kita memiliki kepercayaan diri dan harga diri.

Kita puas dengan diri kita sendiri dan kemampuan, siapa kita serta kompetensi kita. Harga diri relatif stabil dan bertahan lama, meski dapat berfluktuasi.

Harga diri yang sehat membuat kita tangguh dan penuh harapan tentang kehidupan. Memiliki harga diri yang sehat dapat memengaruhi motivasi, kesejahteraan mental, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Namun, memiliki harga diri yang terlalu tinggi atau terlalu rendah bisa menjadi masalah.

Pemahaman yang lebih baik tentang tingkat harga diri seseorang yang unik dapat membantu mereka mencapai keseimbangan yang tepat dalam kehidupan.

Agar lebih paham lagi, berikut rangkuman terkait harga diri, disadur dari Merdeka, Senin (26/9/2022).

2 dari 7 halaman

Arti Harga Diri

Harga diri adalah konsep yang agak abstrak, sulit bagi seseorang yang belum memilikinya untuk mengetahui bagaimana rasanya memilikinya. 

Satu di antara cara bagi orang-orang yang memiliki harga diri yang lebih rendah untuk mulai menghargai bagaimana rasanya memiliki harga diri yang lebih tinggi adalah dengan mempertimbangkan bagaimana perasaan mereka tentang hal-hal dalam hidup mereka yang mereka hargai. 

Misalnya, beberapa orang sangat menyukai mobil. Lantaran mobil penting bagi mereka, orang-orang ini merawat mobil mereka dengan sangat baik. Mereka membuat keputusan yang baik tentang di mana memarkir mobil, seberapa sering harus diservis, dan bagaimana mereka akan mengendarainya. Mereka mungkin mendekorasi mobil dan kemudian memamerkannya kepada orang lain dengan bangga.

3 dari 7 halaman

Harga Diri Memengaruhi Segalanya

Self esteem atau harga diri tidak hanya memengaruhi apa yang kita pikirkan, tetapi juga bagaimana perasaan dan perilaku kita. Hal tersebut memiliki konsekuensi yang signifikan bagi kebahagiaan dan kenikmatan hidup kita. 

Hal ini memengaruhi peristiwa dalam hidup kita, termasuk hubungan kita, pekerjaan dan tujuan kita, dan bagaimana kita merawat diri kita sendiri dan anak-anak kita nantinya.

Orang dengan harga diri yang sehat menghargai diri mereka sendiri ketika segala sesuatunya berjalan dengan baik, dan ketika tidak, mereka mempertimbangkan penyebab eksternal dan juga dengan jujur mengevaluasi kesalahan dan kekurangan mereka. Kemudian mereka memperbaikinya.

Meski peristiwa sulit, seperti putus cinta, sakit, atau kehilangan pendapatan, mungkin dalam jangka pendek menurunkan harga diri kita, kita segera pulih untuk berpikir positif tentang diri sendiri dan masa depan kita. 

Bahkan ketika kita gagal, itu tidak mengurangi harga diri kita. Hal ini berbeda dengan orang yang memiliki harga diri rendah, berbagai peristiwa mungkin akan mengakumulasi perasaannya terkait harga dirinya.

4 dari 7 halaman

Ciri-Ciri dan Penyebab Harga Diri Rendah

Ciri-ciri harga diri rendah

  • Sangat kritis terhadap diri mereka sendiri.
  • Mengecilkan atau mengabaikan kualitas positif mereka.
  • Menilai diri mereka sendiri lebih rendah dari rekan-rekan mereka.
  • Menggunakan kata-kata negatif untuk menggambarkan diri mereka sendiri seperti bodoh, gendut, jelek, atau tidak menyenangkan.
  • Melakukan diskusi dengan diri sendiri (self talk' yang selalu negatif, kritis, dan menyalahkan diri sendiri.
  • Berasumsi bahwa keberuntungan memainkan peran besar dalam semua pencapaian mereka dan tidak menghargai mereka.
  • Menyalahkan diri mereka sendiri ketika terjadi kesalahan alih-alih memperhitungkan hal-hal lain yang tidak dapat mereka kendalikan, seperti tindakan orang lain atau kekuatan ekonomi.
  • Tidak percaya orang yang memuji mereka.

Penyebab harga diri rendah

  • Masa kecil yang tidak bahagia di mana orang tua (atau orang penting lainnya seperti guru) sangat kritis.
  • Prestasi akademik yang buruk di sekolah mengakibatkan kurangnya rasa percaya diri.
  • Peristiwa kehidupan yang penuh tekanan seperti putusnya hubungan atau masalah keuangan
  • Perlakuan buruk dari pasangan, orang tua atau wali, misalnya, berada dalam hubungan yang kasar.
  • Masalah medis yang sedang berlangsung seperti sakit kronis, penyakit serius atau cacat fisik.
  • Penyakit mental seperti gangguan kecemasan atau depresi.
5 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Harga Diri

Menjadi lebih sadar akan pikiran negatif

Belajarlah untuk mengidentifikasi pikiran terdistorsi yang memengaruhi harga diri Anda

Tantang pola berpikir negatif

Ketika Anda mendapati diri kamu terlibat dalam pemikiran negatif, coba lawan pemikiran tersebut dengan pemikiran yang lebih realistis dan/atau positif. 

Gunakan self-talk yang positif

Berlatihlah membaca afirmasi positif untuk diri sendiri.

Berlatihlah welas asih

Berlatih memaafkan diri sendiri atas kesalahan masa lalu dan bergerak maju dengan menerima semua bagian dari diri Anda.

 

6 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Harga Diri

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Sadarilah bahwa setiap orang berbeda dan bahwa setiap kehidupan manusia memiliki nilai dalam dirinya sendiri. Berusahalah untuk menerima diri sendiri, kekurangan dan semuanya.

Akui yang positif

Misalnya, jangan mengabaikan pujian, menganggap pencapaian  sebagai 'keberuntungan bodoh' atau mengabaikan sifat-sifat positif Anda.

Hargai kualitas khususmu

Ingatkan diri Anda tentang poin baik Anda setiap hari. Tulis daftar dan seringlah melihatnya. (Jika Anda merasa tidak dapat memikirkan sesuatu yang baik tentang diri sendiri, mintalah seorang teman tepercaya untuk membantu menulis daftar tersebut.)

Lupakan masa lalu

berkonsentrasi untuk hidup di sini-dan-sekarang daripada menghidupkan kembali rasa sakit dan kekecewaan lama.

7 dari 7 halaman

Cara Meningkatkan Harga Diri

Katakan pada diri sendiri pesan positif setiap hari

Belilah satu set 'kartu inspirasional' dan mulai setiap hari membacakan kartu baru dan membawa pesan kartu itu sepanjang hari.

Berhentilah khawatir

'Khawatir' hanyalah mengkhawatirkan masa depan. Terimalah bahwa kamu tidak dapat melihat atau mengubah masa depan dan cobalah untuk menjaga pikiran kamu tetap di sini dan masa kini.

Bersenang-senang

Jadwalkan acara dan aktivitas yang menyenangkan setiap minggu.

Olahraga

Olahraga adalah dorongan yang baik untuk otak untuk segala macam hal, tetapi terutama untuk memerangi depresi dan membantu Anda merasa baik. 

Target harus selangkah demi selangkah, seperti memulai dengan jalan-jalan keliling blok sekali sehari, mendaftar di kelas olahraga lokal atau berenang.

Harga diri yang rendah dapat berkontribusi atau menjadi gejala gangguan kesehatan mental, termasuk kecemasan dan depresi. 

Pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter atau terapis tentang pilihan pengobatan yang tersedia, yang mungkin termasuk psikoterapi, obat-obatan, atau kombinasi keduanya.

 

Disadur dari: Merdeka.com (Penulis: Ani Mardatila. Published: 6/9/2021)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer