Sukses


Bacaan Doa Pelunas Utang yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Doa pelunas utang bisa menjadi amalan yang dilakukan oleh umat muslim sebagai satu di antara bentuk ikhtiar dalam upaya melunasi utang.

Berutang memang diperbolehkan dalam Islam, lebih tepatnya telah diatur dalam fikih muamalah. Namun, umat Islam juga diminta untuk berhati-hati saat berutang.

Sebab jika sering berutang, dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan. Maka itu, utang hanya diperbolehkan saat dalam kondisi mendesak saja.

Selain berusaha dengan sungguh-sungguh untuk melunasinya, sebagai umat muslim kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah Swt. untuk memperlancar jalan kita.

Berikut bacaan doa pelunas utang yang bisa diamalkan oleh umat muslim, seperti disadur dari Dream, Senin (26/9/2022).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Pelunas Utang

Doa Pelunas Utang Riwayat Muslim

Untuk melunasi utang, manusia perlu bekerja keras. Tidak hanya berusaha dan bekerja untuk melunasi utang-utang dengan cara yang halal, kaum muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa pelunas utang.

Doa ini dibaca agar Allah Swt. melancarkan rezeki Anda sehingga bisa segera melunasi utang-utang yang mungkin telah menumpuk.

Satu di antara doa pelunas utang berikut ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Zuhair bin Harb.

Telah diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan:

"Allahumma robbas-samaawaatis sab'i wa robbal 'arsyil 'azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A'udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih.

Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba'daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi 'annad-dainaa wa aghninaa minal faqri."

Artinya:

"Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).

Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.

Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau yang lahir, tidak ada sesuatu di atas-Mu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran." (HR. Muslim no. 2713)

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Pelunas Utang

Doa Pelunas Utang Riwayat Tirmidzi 

Selain doa pelunas utang dari riwayat Imam Muslim, ada pula doa lain yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi. Doa ini diajarkan Rasulullah saw. kepada Ali bin Abi Thalib r.a. Berikut bacaan doanya:

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka.

Artinya:

"Ya Allah, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu." (HR Tirmidzi) 

Doa Pelunas Utang Riwayat Abu Dawud 

Selanjutnya, doa pelunas utang yang diajarkan Rasulullah saw. kepada Muadz bin Jabal r.a. Bahkan setelah memanjatkan doa ini, Allah Swt. memenuhi utang yang dimiliki Muadz.

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.

Artinya:

"Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku." (HR. Dawud)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 31/5/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer