Sukses


Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil, Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Selama masa kehamilan, penting untuk memperhatikan asupan makanan dan minuman yang tepat. Satu di antara jenis makanan yang bermanfaat bagi ibu hamil adalah buah-buahan.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 2-4 porsi buah per hari. Mengonsumsi buah berperan penting untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Namun, tidak semua buah bisa memberi manfaat baik untuk ibu dan bayi yang sedang tumbuh dan berkembang dalam kandungan.

Biasanya jenis buah untuk ibu hamil sebaiknya mengandung vitamin, folat, serat, dan nutrisi penting lainnya.

Nah, supaya tidak bingung, bisa menyimak penjelasan di bawah ini, mengenai jenis buah yang baik untuk ibu hamil.

Berikut ini daftar buah yang baik untuk ibu hamil, penting diketahui, dikutip dari laman Medicalnewstoday dan Whattoexpect, Rabu (28/9/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

1. Pisang

Pisang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung banyak kalium dan kalori. Kalium di dalam pisang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta membantu kerja otot dan penghantaran sinyal saraf.

Pisang juga baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang sering mengalami morning sickness dan sembelit.

2. Jeruk

Penuh dengan vitamin C, folat, dan serat, jeruk adalah pilihan buah untuk ibu hamil yang bagus. Jeruk menyegarkan dan penuh dengan cairan yang akan membantu ibu hamil untuk tetap terhidrasi.

Lantaran vitamin C membantu menyerap zat besi, asupan buah dengan banyak vitamin C begitu penting.

3. Alpukat

Alpukat merupakan sumber folat yang bagus. Mengonsumsi folat setidaknya satu bulan sebelum konsepsi, serta selama kehamilan sangat dianjurkan. Hal ini membantu mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.

3 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

4. Mangga

Satu di antara manfaat mangga untuk ibu hamil adalah sebagai sumber vitamin C. Satu cangkir buah mangga diketahui dapay memenuhi 100 persen asupan vitamin C harian. Ada juga kandungan vitamin A yang bermanfaat untuk perkembangan sel, tulang, kulit, dan mata bayi dalam kandungan.

Selain itu, asupan vitamin A yang cukup dan tepat dapat mencegah komplikasi kehamilan. Apalagi, buah mangga jadi satu di antara buah yang bagus untuk meredakan mual pada ibu hamil.

Namun, mengingat kandungan gulanya cukup tinggi, Anda mungkin perlu sedikit waspada jika memiliki riwayat diabetes.

5. Pir

Buah pir bagus untuk ibu hamil karena mengandung serat, kalium, dan folat. Kalium bermanfaat untuk merangsang regenerasi sel janin dalam kandungan. Kalium juga bermanfaat untuk kesehatan jantung ibu hamil dan bayi.

6. Apel

Apel dikenal baik untuk sistem kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin D, dan zinc. Apel juga penuh dengan antioksidan, yang penting agar bayi tumbuh dengan cepat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi apel dapat mengurangi risiko asma dan eksim yang mungkin memengaruhi anak di kemudian hari. Apel juga merupakan sumber serat yang bagus sehingga baik untuk sistem pencernaan.

4 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

7. Anggur

Magnesium dalam anggur baik untuk mengurangi kram di masa kehamilan. Efek positif lain yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi anggur, yaitu membantu sistem pencernaan untuk mencerna bahan makanan secara lebih baik.

Anggur juga mengandung folat, fruktosa, dan beberapa vitamin lain yang jika dikombinasikan, baik untuk metabolisme tubuh.

8. Semangka

Satu di antara alasan utama semangka merupakan pilihan bagus buah untuk ibu hamil adalah fakta bahwa itu membuat tubuh terhidrasi. Lantaran kebutuhan air meningkat selama kehamilan, makan semangka merupakan cara bagus untuk tetap terhidrasi.

Semangka juga penuh dengan vitamin, magnesium, dan potasium. Mengonsumsi semangka juga dapat mengurangi kram otot.

9. Delima

Mungkin delima bukan jenis buah yang sering dikonsumsi orang Indonesia. Namun, delima atau pomegranate bagus untuk ibu hamil.

Dalam buah delima terdapat kandungan vitamin K, kalsium, folat, zat besi, protein, dan serat. Kalsium tidak hanya bermanfaat untuk ibu, tetapi juga dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi dalam kandungan.

Sedangkan zat besi berfungsi untuk mencegah kelelahan serta membantu membawa oksigen yang dibutuhkan ibu hamil dan bayi.

 

Sumber: Medicalnewstoday, Whattoexpect

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer