Sukses


Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli, Pahami Tujuan dan Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Pariwisata erat kaitannya dengan dunia hiburan, liburan, dan senang-senang. Banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi, seperti di dalam negeri dan luar negeri.

Perkembangan pariwisata di Indonesia sekarang ini makin pesat. Perkembangan sektor pariwisata menjanjikan dan memberikan manfaat kepada banyak pihak.

Itulah mengapa pemerintah Indonesia berusaha sekuat tenaga untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

Meski banyak dari kita yang suka pergi berwisata, masih banyak juga di antara kita yang belum memahami arti dari pariwisata.

Memahami pengertian pariwisata bisa menambah wawasan dan pengetahuan umum, yang akan berguna di kemudian hari.

Berikut pengertian pariwisata menurut para ahli, serta pahami tujuan dan manfaatnya, seperti dikutip dari laman Dosenpendidikan, Selasa (27/9/2022).

2 dari 3 halaman

Pengertian Pariwisata Menurut Para Ahli

1. A.J Burkat dalam Damanik (2006)

Pariwisata adalah perpindahan orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek ke tujuan-tujuan di luar tempat di mana mereka biasa hidup dan bekerja dan juga kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di suatu tempat tujuan.

2. Pitana dan Gyatri (2005)

Pariwisata adalah kegiatan perpindahan orang untuk sementara waktu ke destinasi di luar tempat tinggal dan tempat bekerjanya dan melaksanakan kegiatan selama di destinasi dan juga penyiapan-penyiapan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan mereka.

3. UU Republik Indonesia No. 9 Th.1990 Tentang Kepariwisataan

Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan perjalanan yang dilakukan secara sukarela dan bersifat sementara untuk menikmati objek dan daya tarik wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata, serta usaha-usaha yang terkait di bidang tersebut 

4. Pendit (1994)

Pariwisata adalah kegiatan orang-orang sementara dalam jangka waktu pendek, ke tempat-tempat tujuan di luar tempat tinggalnya dan tempat bekerjanya, serta di luar kegiatan-kagiatan mereka, dan selama di tempat tujuan mempunyai berbagai maksud, termasuk kunjungan wisata.

5. Mathieson dan Wall (1982)

Pariwisata adalah serangkaian aktivitas yang berupa aktivitas perpindahan orang untuk sementara waktu ke suatu tujuan di luar tempat tinggal maupun tempat kerjanya, aktivitas yang dilakukannya selama tinggal di tempat tujuan tersebut dan kemudahan-kemudahan yang disediakan untuk memenuhi kebutuhannya baik selama dalam perjalanan maupun di lokasi tujuannya.

6. Youti (1991)

Pariwisata berasal dari dua kata, yaitu "pari" dan "wisata". "Pari" dapat diartikan sebagai banyak, berkali-kali,berputar-putar atau lengkap. Sedangkan "wisata" dapat diartikan sebagai perjalanan atau bepergian yang dalam hal ini sinonim dengan kata "travel" dalam bahasa Inggris.

7. Kusdianto (1996)

Pariwisata adalah suatu susunan organisasi, baik pemerintah maupun swasta yang terkait dalam pengembangan, produksi dan pemasaran produk suatu layanan yang memenuhi kebutuhan dari orang yang sedang bepergian.

3 dari 3 halaman

Tujuan dan Manfaat Kepariwisataan

Kepariwisataan merupakan sebuah kegiatan usaha dalam melayani kebutuhan atau memenuhi keinginan seorang wisatawan yang akan memulai atau sedang dalam melakukan sebuah perjalanan wisata.

Selain pengertian dari kepariwisataan, masih ada tujuan serta manfaatnya sesuai instruksi presiden nomor 9 tahun 1969, sebagai berikut:

  • Meningkatkan pendapatan devisa pada khususnya dan pendapatan negara serta masyarakat pada umumnya.
  • Memperluas kesempatan serta lapangan kerja dan mendorong kegiatan-kegiatan industri penunjang dan industri sampingan lainnya.
  • Memperkenalkan keindahan alam dan kebudayaan Indonesia.
  • Meningkatkan persaudaraan atau persahabatan nasional dan internasional. 

 

Sumber: dosenpendidikan.co.id

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer