Sukses


Daftar Buah yang Baik Dikonsumsi Pengidap Asam Lambung

Bola.com, Jakarta - Pengidap asam lambung perlu berhati-hati untuk memilih makanan, tidak terkecuali mengonsumsi buah. Sebab, ada sejumlah buah yang tinggi asam dan berpotensi membuat asam lambung kambuh.

Menderita asam lambung sangat membuat pengidapnya tidak nyaman saat beraktivitas.

Adapun gejala yang umum dikeluhkan pengidap asam lambung seperti mual dan muntah, heartburn, hingga nyeri dada.

Pada kasus asam lambung yang parah, pengidapnya bahkan bisa mengalami sulit menelan makanan.

Itulah mengapa, pengidap masalah pada asam lambung perlu memperhatikan buah yang dikonsumsinya.

Lantas, apa saja buah untuk asam lambung yang aman untuk dikonsumsi?

Berikut ini daftar buah yang baik dikonsumsi oleh pengidap asam lambung, dikutip dari laman Healthcentral dan Thehealthy, Kamis (29/9/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Asam Lambung

1. Apel

Apel merupakan satu di antara pilihan buah yang aman untuk asam lambung karena kadar asamnya tergolong rendah. Selain itu, apel kaya akan serat yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama, serta membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah kenaikan gula darah.

2. Semangka

Semangka masuk daftar buah untuk pengidap asam lambung yang aman dikonsumsi. Pasalnya, buah yang dilengkapi dengan antioksidan, vitamin C dan A, serta asam amino ini diyakini bisa menetralkan asam di dalam lambung sehingga mengurangi jumlah asam yang naik ke kerongkongan.

3 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Asam Lambung

3. Pisang

Buah pisang untuk asam lambung dianggap aman karena memiliki sifat alkalin (basa). Buah ini juga dinilai membantu menyeimbangkan asam di lambung sehingga gejala asam lambung naik atau GERD dapat dicegah.

4. Melon

Buah untuk asam lambung yang aman dikonsumsi selanjutnya yaitu buah melon. Dalam buah melon terdapat kandungan magnesium yang tinggi.

Magnesium merupakan satu di antara kandungan yang digunakan dalam membuat obat antisida untuk meredakan gejala maag.

Buah melon juga memiliki berbagai macam gizi yang akan membantu memenuhi kebutuhan Anda. Beberapa gizi yang terdapat di buah melon yaitu karbohidrat, protein, lemak, serat, mineral, dan beberapa vitamin.

4 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Asam Lambung

5. Pir

Lantaran tidak mengandung asam setinggi buah-buahan sitrus dan tomat, Anda bisa mengonsumsi buah pir untuk asam lambung. Berkat kandungan asam yang rendah ini, buah pir dinilai tidak akan memicu kambuhnya gejala refluks asam lambung.

6. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu mempermudah penguraian protein dan melancarkan proses pencernaan. Dengan begitu, penguraian protein menjadi bentuk terkecil berupa asam amino semakin mudah dilakukan.

Hal inilah yang membuat buah pepaya dapat memulihkan beberapa gejala naiknya asam lambung. Tidak hanya itu, buah pepaya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti melawan diabetes, melawan penyakit jantung, bahkan melawan kanker.

5 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik Dikonsumsi oleh Pengidap Asam Lambung

7. Kurma

Apabila pengidap asam lambung ingin mengonsumsi buah-buahan yang manis, kurma dapat menjadi alternatif yang aman. Sebab, buah yang umumnya dikonsumsi selama bulan Ramadan ini memiliki kandungan asam yang relatif rendah.

8. Buah Naga

Beberapa orang mungkin masih mempertanyakan keamanan mengonsumsi buah naga untuk asam lambung. Sebenarnya, buah naga diklaim aman untuk penderita GERD atau asam lambung naik karena memiliki sifat alkalin dan pH mendekati 7.

 

Sumber: Healthcentral, Thehealthy

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer