Sukses


Cara Mengatasi Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

Bola.com, Jakarta - Badan lemas biasa menjadi tanda tubuh mengalami masalah atau sakit. Namun, pernahkan Anda merasakan badan lemas setelah sembuh dari sakit?

Badan lemas setelah sembuh dari sakit merupakan hal yang wajar. Pada dasarnya, sistem kekebalan tubuh yang telah berjuang melawan serangan virus, bakteri, atau infeksi membutuhkan waktu pemulihan untuk dapat kembali melindungi tubuh.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Dengan penanganan yang tepat, Anda bisa menjadi segar kembali setelah sembuh dari sakit. Penanganannya pun cukup mudah karena tak ada efek samping.

Berikut cara mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit, disadur dari Klikdokter, Kamis (29/9/2022).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

1. Perbanyak Asupan Makanan Bergizi

Untuk menghilangkan rasa lemas setelah sakit dan meningkatkan stamina, caranya bisa dengan memperbanyak asupan makanan bergizi. Contohnya sayuran dan buah. Buah-buahan seperti tomat, pepaya, dan semangka bisa Anda konsumsi. 

Asupan nutrisi yang baik dapat membantu mempercepat sistem imunitas tubuh untuk pulih. Dengan begitu, sistem imun dapat kembali membangun perlindungan tubuh dari serangan virus atau bakteri.

Hal lain, pilihlah makanan yang lebih mudah dicerna agar tubuh tidak bekerja terlalu berat di masa pemulihan ini. Hindari makanan olahan, gula, atau pemanis buatan.

2. Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup untuk mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit. Cara ini efektif untuk membuat Anda lebih fit dan bertenaga. 

Sebagian besar terdiri atas air. Oleh sebab itu, air merupakan satu di antara obat terbaik untuk pemulihan diri setelah sakit dan mengembalikan kebugaran tubuh. 

Air putih bermanfaat untuk membantu mengaktifkan kembali sistem tubuh yang sempat melemah saat sakit. 

Selain itu, dehidrasi merupakan satu di antara keluhan yang paling sering menyebabkan badan lemas. Jadi, jaga selalu tubuh Anda agar tetap terhidrasi dengan baik.

3. Mengontrol Aktivitas untuk Sementara Waktu

Mungkin Anda merasa lelah berbaring terus-menerus selama sakit. Akan tetapi, setelah sembuh dan memasuki masa pemulihan, sebaiknya Anda tetap mengontrol aktivitas sehari-hari agar tidak kembali sakit.

Perlu ditekankan bahwa proses pemulihan sangat penting. Jadi, Anda harus lebih sabar dan menahan diri dari melakukan aktivitas yang berat.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

4. Berolahraga Ringan secara Rutin

Meski Anda diminta untuk mengurangi aktivitas fisik di masa pemulihan, bukan berarti Anda tidak boleh melakukan olahraga. 

Pada kenyataannya, olahraga dapat menjadi cara untuk mengatasi badan lemas setelah sakit dan memulihkan tenaga. 

Namun, pilihlah olahraga yang ringan dan jangan terlalu memaksakan diri. Anda bisa mencoba yoga untuk menenangkan pikiran sehingga lebih memberikan energi positif bagi tubuh.

5. Pastikan Tidur Anda Berkualitas

Anda dianjurkan untuk tidur cukup, yakni selama 7-8 jam setiap malamnya. Saat tidur, energi dalam tubuh lebih mudah pulih dan perbaikan jaringan maupun sel tubuh pun lebih maksimal bekerja. 

Walau mungkin Anda lebih sering berbaring dan tidur siang saat sakit, usahakanlah tetap mengatur pola tidur dengan baik.

6. Kelola Stres dengan Baik

Stres bisa ikut memengaruhi kondisi fisik. Stres juga berkaitan dengan pemulihan kesehatan seseorang.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa 'jika seseorang berpikir sakit maka orang tersebut akan sakit', begitu pula sebaliknya. Maka itu, coba untuk mengelola stres Anda dengan baik.

Ada berbagai cara untuk mengendalikan stres, seperti meditasi, latihan pernapasan dalam (deep breathing), melakukan hobi, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Badan Lemas setelah Sembuh dari Sakit

7. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Untuk mengatasi badan lemas setelah sembuh dari sakit, cara yang juga penting adalah dengan mengubah kebiasaan atau gaya hidup.

Terlepas dari apa pun penyebab sakit sebelumnya, akan lebih baik jika Anda memulai kembali kebiasaan hidup yang lebih sehat, seperti berhenti merokok dan tidak mengonsumsi alkohol.

Selain menghalangi proses penyembuhan, beberapa kebiasaan tidak sehat tersebut juga dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya.

8. Berjalan di Bawah Sinar Matahari Pagi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berjalan di luar rumah sambil berjemur di pagi hari selama beberapa menit akan meningkatkan mood dan kemampuan memori. 

Selain itu, vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari akan membantu meningkatkan sistem imun Anda. Keluhan badan lemas pun bisa ditangani.

9. Kontrol ke Dokter jika Keluhan Menetap

Keluhan lemas setelah infeksi merupakan sesuatu yang sering terjadi. Namun, jika keluhan tersebut menetap, ada baiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan berkala. 

Bisa jadi keluhan lemas ini adalah tanda dari suatu penyakit tertentu yang memerlukan pemeriksaan lebih lengkap.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 1/6/2022)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer