Sukses


Bacaan Doa Pagi Hari sebelum Beraktivitas, Lengkap beserta Artinya

Bola.com, Jakarta - Berdoa bagi umat Islam merupakan senjata yang ampuh setiap melaksanakan kegiatan atau aktivitas. Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, setiap orang dianjurkan untuk memanjatkan doa terlebih dahulu.

Doa merupakan pengharapan seorang hamba kepada Tuhannya. Doa merupakan sumber kekuatan, terutama dalam masa-masa sulit. Doa dapat diibaratkan sebuah senjata, obat, serta pintu segala kebaikan.

Selain usaha, doa merupakan satu di antara faktor agar segala hal yang dilakukan dimudahkan. Apalagi setiap orang bisa saja menghadapi berbagai hal di luar dugaan saat menjalani setiap aktivitas tersebut.

Allah Swt. juga menegaskan kepada hamba-hamba-Nya yang enggan berdoa termasuk orang-orang yang sombong. Maka itu, penting berdoa terlebih dahulu sebelum beraktivitas agar dimudahkan setiap urusannya.

Doa pagi hari bisa dibaca untuk mengawali aktivitas. Dalam menjalani hari, tidak ada kepastian apa yang akan terjadi. Doa pagi hari akan melindungi diri dari keburukan dan membawa berkah sepanjang hari.

Berikut bacaan doa pagi hari sebelum memulai aktivitas lengkap beserta artinya, disadur dari Liputan6, Kamis (29/9/2022).

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Pagi Hari yang Dibaca Rasulullah

Doa memohon berkah

Berikut doa pagi hari memohon berkah dan perlindungan:

اللَّهُمَّ بِكَ أصْبَحْنَا ، وَبِكَ أمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا ، وَبِكَ نَمُوتُ ، وَإلَيْكَ النُّشُورُ

Allahumma Bika Asbahna, Wa Bika Amsayna Wabika Nahya Wabika Namuutu Wailaikannusyuur

Artinya: Ya Allah, Berkat-Mu kami bisa menikmati pagi hari, karena berkah-Mu kami bisa berada di sore hari, karena-Mu pula kami bisa hidup, dan dengan-Mu kelak kami wafat. Hanya kepada-Mu kelak kami akan kembali."

Doa lainnya

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahna wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai‘in qadir. Rabbi, as’aluka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha, wa a‘udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba‘daha. Rabbi, a‘udzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘azabi fin nari wa ‘adzābin dil qabri.

Artinya: "Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan keburukan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Pagi Hari yang Dibaca Rasulullah

Doa memohon perlindungan

Berikut doa pagi hari yang dibaca Rasulullah untuk memohon perlindungan:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu bi kalimatillahit tammati min syarri ma khalaq.

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan ciptaan-Nya." (HR Muslim dan Ibnu Sina)

Doa memohon perlindungan dari setan

Berikut doa pagi hari yang dibaca Rasulullah untuk memohon perlindungan setan:

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَمَوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Allahumma fathiras samawati wal ardhi, ‘alimul ghaibi was syahadah, rabba kulli syai’in wa malikah, ashadu an la ilaha illa anta. A‘udzu bika min syarri nafsi wa syarris syathani wa syirkih.

Artinya: "Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan, dan sekutunya." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Pagi Hari

Doa pagi hari agar terlindung dari bahaya

Berikut doa pagi hari agar dilindungi dari bahaya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِنُورِوَجْهِكَ الَّذِي أَشْرَقَتْ لَهُ السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أَنْ تَجْعَلَنِي فِي حِرْزِكَ وَحِفْظِكَ وجِوَارِكَ، وَتَحْتِ كَنَفِكَ

Allahumma inni as aluka binuri wajhikal ladzi asyraqat lahus samawatu wal ardlu antaj'alani fi khirzika wa khifzhika wa jiwarika wa tahti kanafika.

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu dengan cahaya wajah-Mu yang langit dan bumi bercahaya karena-Nya agar Engkau menjadikan aku dalam pemeliharaan-Mu, pengawasan-Mu, perlindungan-Mu, dan di bawah penjagaan-Mu."

Doa pagi hari agar terlindung dari keburukan

Berikut doa pagi hari agar terlindung dari keburukan:

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ

Bismillahil ladzi la yadhurru ma‘as mihi syai’un fil ardhi wa la fis sama’i wa huas sami’ul ‘alim.

Artinya: "Dengan nama Allah, Zat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia maha mendengar dan maha tahu." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Anugerah Ayu Sendari, Editor: Rizki Mandasari. Published: 24/4/2022)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer