Sukses


Cara Ampuh dan Sederhana Menjaga Hubungan saat Harus LDR

Bola.com, Jakarta - Menjalin hubungan percintaan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) bukan hal yang mudah. Komunikasi dua arah hanya bisa mengandalkan media sosial atau secara virtual.

Maka itu, tidak semua orang bisa dan bersedia menjalani hubungan jarak jauh dengan mudah. Dibutuhkan kemampuan untuk mengatasi rasa sepi dan kerinduan yang mendalam.

Pasalnya, ketika melakukan LDR, kamu dan pasangan tidak bertemu secara langsung dalam durasi waktu tertentu.

Kamu dan pasangan akan menghadapi tantangan, seperti kesepian, diliputi rasa waswas dan curiga, serta bisa jadi bujet komunikasi yang membengkak.

Jika kamu dihadapkan pada situasi sama, jangan resah dulu. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar LDR yang bisa berhasil sehingga hubunganmu dan pasangan bisa terjaga dan langgeng.

Berikut cara ampuh dan sederhana menjaga hubungan saat harus LDR, seperti dikutip dari Inspringtips, Jumat (30/9/2022).

2 dari 5 halaman

Cara Ampuh dan Sederhana Menjaga Hubungan saat Harus LDR

1. Hindari Rutinitas Komunikasi Monoton

Hindari pertanyaan yang terlalu sering ditanyakan, seperti 'Apakah kamu sudah makan?' , 'Apa yang sedang kamu lakukan?', dan 'Jam berapa kamu akan tidur?' Temukan topik menarik lainnya untuk dibicarakan.

2. Mengenang Momen Kenangan

Tetap jatuh cinta dengan kembali ke kenangan favoritmu bersama. Misalnya, ingat bagaimana kamu pertama kali bertemu, siapa yang pertama kali jatuh cinta, dan apa momen paling romantis.

3. Beri Pujian 

Biasakan untuk mengungkapkan pujian satu sama lain. Kamu dan pasanganmu membutuhkan itu untuk mengingatkan diri sendiri mengapa kamu dan si dia memilih untuk tetap bersama selama ini.

4. Menetapkan Tujuan Sama

Lihat satu sama lain sebagai tim dengan tujuan yang sama, serta rencana yang dijalankan bersama. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaanmu dan pasangan akan masa depan hubungan yang dijalani.

3 dari 5 halaman

Cara Ampuh dan Sederhana Menjaga Hubungan saat Harus LDR

5. Tandai Pasangan dalam Pesan atau Foto Manis di Media Sosial

Melakukannya sesekali hal ini dapat membantu menghilangkan pikiran paranoid pasanganmu agar orang banyak tahu kamu dan pasangan saling memiliki.

6. Percaya pada Hubungan Anda

Jarak bukan masalah terburuk yang bisa menantang hubunganmu. Alih-alih khawatir, percayalah bahwa itu dapat bertahan selama beberapa minggu atau bulan tidak bersama secara fisik.

7. Percayai Pasangan Anda Lebih dari Sebelumnya

Tanpa kepercayaan, hubungan Anda akan goyah. Untuk alasan ini, belajarlah lebih memercayai pasangan Anda. Hindari menjadi paranoid bahwa dia bisa berbohong di belakang Anda.

8. Berusaha Berkomunikasi secara Teratur

Sebisa mungkin, tetap berhubungan setiap hari. Dengan tersedianya media sosial yang menyediakan aplikasi chat gratis, komunikasi menjadi lebih mudah bagi para pelaku LDR.

4 dari 5 halaman

Cara Ampuh dan Sederhana Menjaga Hubungan saat Harus LDR

9. Buat Pembicaraan Menarik

Setiap kali kamu berbicara, pastikan kamu dan pasangan berpartisipasi secara aktif. Saat berbicara, berikan perhatian penuh dan hindari gangguan, seperti bermain game atau bermain internet.

10. Berhentilah Berpikir Berlebihan

Beberapa masalah LDR muncul dari kecurigaan dan kecemburuan yang tidak berdasar. Jika setiap hari kamu khawatir, kamu akan stres, takut, dan bahkan depresi. Untuk menghindari hal ini, jangan terlalu berpikir berlebihan.

11. Sepakati Batasan LDR Anda

Jika itu bisa meredakan kekhawatiranmu, buatlah batasan selama LDR. Hal ini semisal mencakup jadwal waktu bertemu secara virtual.

12. Jangan Menuntut Kabar Setiap Saat

Apakah kamu sedang menjalani LDR atau tidak, menanyakan kabar kepada pasangan setiap saat akan merepotkan. Maka itu, jangan terlalu menuntut pasangan untuk melaporkan hal-hal sederhana, seperti apa yang dia makan, acara TV yang dia tonton, dan hal rutin lainnya.

Kamu dan pasangan berdua membutuhkan ruang dan waktu untuk bergerak tanpa harus selalu memikirkan pasangan.

5 dari 5 halaman

Cara Ampuh dan Sederhana Menjaga Hubungan saat Harus LDR

13. Jangan Terlalu Mengontrol

Hindari menjadi begitu mendominasi sampai-sampai kamu mengambil kebebasan pasanganmu untuk mengambil keputusan sendiri. Alih-alih memaksakan apa yang kamu inginkan dalam hubungan, bicarakan bersama.

14. Hindari Bersikap Posesif

Hentikan dirimu dari kecemburuan dan sikap posesif. Jangan melarang dia untuk melihat atau berbicara dengan teman-teman dan koleganya. Juga, berhentilah memandang setiap lawan jenis yang datang di sekitar pasanganmu sebagai ancaman.

15. Jadilah Pemaaf

Salah paham itu wajar, apalagi LDR. Namun, rekonsiliasi akan lebih mudah dan cepat jika kamu dan pasangan bersedia segera saling memaafkan.

16. Jangan Berbohong

Satu kebohongan, sekecil apa pun itu, bisa menghancurkan kepercayaan. Jika ingin tetap kuat dalam LDR, jagalah kepercayaan satu sama lain.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer