Sukses


Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Diabetes

Bola.com, Jakarta - Pengidap diabetes harus lebih selektif memilih makanan yang ingin dikonsumsi, termasuk buah-buahan. Jika pengidap diabetes tidak bisa mengatur pola makannya, dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Diabetes (diabetes melitus) adalah suatu penyakit metabolik yang diakibatkan oleh meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Penyebabnya adalah rendahnya produktivitas insulin pengatur kadar glukosa.

Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Namun, pada pengidap diabetes, glukosa tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh.

Diabetes merupakan satu di antara penyakit yang menjadi momok semua orang. Hal ini dikarenakan penyakit diabetes berlangsung seumur hidup dan dapat menimbulkan sejumlah komplikasi bila pengidap tidak mengendalikannya.

Diabetes dapat menyebabkan terjadinya berbagai komplikasi, seperti penyakit jantung koroner, stroke, obesitas, serta gangguan pada mata, ginjal, dan saraf.

Lalu, apa saja pilihan buah untuk pengidap diabetes yang baik dikonsumsi?

Berikut ini daftar buah yang baik untuk pengidap diabetes, dikutip dari laman Everydayhealth dan Goodhousekeeping, Jumat (30/9/2022).

2 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Diabetes

1. Jeruk

Buah berwarna oranye ini termasuk buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Selain mengandung vitamin C, jeruk mengandung air, kalium, tiamin, dan asam folat yang baik.

Kalium adalah satu di antara nutrisi yang baik untuk membantu mengontrol tekanan darah. Selain itu, kandungan tiamin pada jeruk dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mencegah resistensi insulin.

2. Apel

Apel menjadi satu di antara jenis buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Buah ini kaya kandungan vitamin A, C, kalsium, zat besi, dan serat.

Tak hanya itu, apel termasuk kelompok makanan dengan indeks glikemik rendah. Sebaiknya Anda tidak mengupas apel saat hendak mengonsumsinya karena bagian tersebut mengandung banyak nutrisi dan antioksidan.

3 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Diabetes

3. Pir

Selain apel, pir menjadi pilihan jenis buah yang baik untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Buah pir memiliki kandungan serat yang membantu menyehatkan sistem pencernaan. Buah ini juga mengandung berbagai nutrisi lainnya, seperti vitamin K, air, dan antioksidan.

4. Pepaya

Buah bernama latin Carica papaya ini tidak hanya kaya akan serat, tetapi juga mengandung antioksidan, seperti betakaroten (vitamin A), vitamin C, vitamin B kompleks, flavonoid, asam folat, pantotenat, mineral, kalsium, dan magnesium.

Buah pepaya juga rendah gula sehingga sangat baik dikonsumsi pengidap diabetes.

4 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Diabetes

5. Kiwi

Kiwi merupakan buah yang unik. Kandungan vitamin C, serat, dan kalium yang tinggi pada buah kiwi, ditambah antioksidan yang tinggi di dalamnya menjadikan buah ini sebagai asupan yang baik bagi pengidap diabetes.

6. Anggur

Semua jenis anggur mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, anggur mengandung serat dan rendah kalori.

Anggur adalah satu di antara buah yang baik untuk pengidap diabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah.

5 dari 5 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Diabetes

7. Alpukat

Kebanyakan orang mengira buah alpukat harus dihindari para pengidap diabetes karena tinggi lemak. Faktanya, alpukat justru termasuk buah yang baik untuk pengidap diabetes.

Lemak yang terkandung adalah lemak tak jenuh yang justru bagus untuk mengendalikan gula darah. Alpukat juga baik untuk pengidap diabetes karena bisa menciptakan rasa kenyang lebih lama setelah dikonsumsi. Hal ini mampu meningkatkan kinerja hormon insulin.

Selain itu, alpukat bermanfaat menurunkan risiko sindrom metabolik yang menjadi pemicu utama diabetes.

8. Jambu Biji

Buah ini mengandung banyak serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, jambu biji dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Buah ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

 

Sumber: Everydayhealth, Goodhousekeeping

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Mengintip Markas Latihan Mbappe, dkk di Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer