Sukses


Ketahui Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh

Bola.com, Jakarta - Manfaat serat untuk kesehatan tubuh begitu penting. Itulah mengapa, Anda perlu mendapatkan informasi yang benar perihal serat.

Di sisi lain, tanpa Anda sadari, selama ini Anda telah mengonsumsi serat. Yap, serat memang banyak terdapat dalam makanan yang kita konsumsi sehar-hari.

Akan tetapi, manfaat dari serat kerap kali terlewatkan. Bisa jadi, manfaat paling terkenal yang Anda ketahui, yakni serat bagus untuk pencernaan.

Dilansir dari Klikdokter, sebagian fungsi serat berhubungan dengan koloni bakteri baik di dalam usus. Adanya serat membuat jumlah bakteri di usus tetap seimbang sehingga fungsi saluran cerna di dalam tubuh tetap terjaga baik.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya, manfaat serat bagi kesehatan tubuh, disadur dari Klikdokter, Jumat (30/9/2022).

2 dari 4 halaman

Manfaat Serat bagi Kesehatan

1. Mengatasi Penyakit Saluran Cerna

Ketika mengonsumsi serat, bakteri di dalam usus akan mencernanya melalui proses fermentasi. Serat yang telah diproses akan diubah menjadi asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid), yakni asetat, propionat, dan butirat yang penting untuk sel-sel di dalam usus besar.

Maka itu, mengonsumsi makanan berserat dalam jumlah cukup setiap hari bermanfaat untuk menurunkan peradangan di usus.

Selain itu, asupan serat dapat membantu pemulihan penyakit saluran cerna, seperti kolitis ulseratif, penyakit Crohn, dan sindrom iritasi usus (irritable bowel snydrome).

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Selama lebih dari tiga dekade, sudah banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan tinggi serat, khususnya serat larut, memiliki indeks glikemik yang rendah.

Serat larut bermanfaat untuk memperlambat penyerapan glukosa dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah tiba-tiba setelah makan.

Tak hanya itu, asam lemak rantai pendek yang dihasilkan dari proses fermentasi serat dapat memicu produksi hormon. Hormon ini membuat kerja insulin lebih efektif sehingga kadar gula darah puasa dan nilai HbA1c jadi lebih baik. 

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi merupakan satu di antara faktor risiko berbagai penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Dengan konsumsi makanan tinggi serat maka dapat bermanfaat untuk menurunkan penyerapan kolesterol tersebut.

Serat larut bekerja dengan cara mengikat asam empedu dan komponen kolesterol yang ada di dalam tubuh sebelum akhirnya dikeluarkan melalui feses.

Setiap mengonsumsi 2-10 gram serat larut per hari, angka penurunan kolesterol total bisa mencapai 1,7 mg/dL, sedangkan kadar kolesterol jahat (LDL) bisa menurun hingga 2,2 mg/dL.

Angka tersebut mungkin terlihat kecil, tetapi pakar kesehatan tetap menilai serat berperan penting terhadap penurunan kadar kolesterol.

3 dari 4 halaman

Manfaat Serat bagi Kesehatan

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Satu di antara manfaat mengonsumsi serat adalah dapat mencegah penyakit jantung. Untuk setiap 7 gram serat yang dimakan setiap hari, risiko penyakit jantung Anda turun sebesar sembilan persen menurut ulasan dari 22 penelitian yang dipublikasikan di The BMJ. 

Khasiat ini hadir berkat kemampuan serat untuk menyerap kelebihan kolesterol dalam sistem Anda dan mengangkutnya keluar sebelum dapat menyumbat arteri.

5. Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Kanker usus besar merupakan penyakit kanker yang menyebabkan kematian terbanyak nomor tiga di dunia.

Untuk mencegah dan menurunkan risiko terkena kanker usus besar, konsumsi serat setiap hari. Sebab, serat dapat meningkatkan pertahanan dinding usus dari berbagai penyakit, termasuk kanker.

6. Menguatkan Tulang

Beberapa jenis serat larut tinggi akan mineral seperti kalsium yang dapat membantu menjaga kepadatan tulang.

4 dari 4 halaman

Manfaat Serat bagi Kesehatan

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Serat yang ada di dalam usus dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Kondisi tersebut membuat asupan kalori yang dikonsumsi jadi menurun atau sedikit.

Maka itu, mengonsumsi serat rutin dalam jumlah cukup sering dianjurkan oleh dokter dan ahli kesehatan karena dapat membantu menurunkan berat badan.

8. Mengatasi Obesitas

Bagi Anda yang mengalami kegemukan alias obesitas, satu di antara hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi serat.

Sebuah studi yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan, orang dengan obesitas yang rutin mengonsumsi suplemen serat mengalami penurunan berat badan rata-rata sebanyak 2,52 kg.

9. Hidup Lebih Lama

Para peneliti di Harvard School of Public Health menemukan, orang yang sering makan sereal kaya serat dan biji-bijian memiliki penurunan risiko kematian masing-masing 19 dan 17 persen (dari penyebab kematian apa pun) dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi lebih sedikit serat. 

Dari temuan tersebut bisa diketahui bahwa manfaat serat bagi tubuh berhubungan dengan kemungkinan hidup lebih lama. 

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 22/12/2021)

Silakan klik tautan ini untuk artikel manfaat dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer