Sukses


Pengertian Internet Menurut Para Ahli, Pahami Cara Kerjanya

Bola.com, Jakarta - Pada zaman modern ini, penggunaan internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang di seluruh dunia. Sebab di era digital seperti saat ini, banyak hal membutuhkan akses internet.

Hal ini terutama tampak dalam bidang komunikasi. Dengan internet, kamu bisa berkomunikasi tanpa batas ruang dan waktu. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit.

Selain untuk melakukan komunikasi, dengan adanya internet bisa memudahkan seseorang untuk melakukan bisnis, di mana saat ini begitu mudah menjajakan dagangan dengan cara online.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai internet, kamu bisa membaca pengertian internet dan cara kerjanya di bawah ini.

Berikut pengertian internet menurut para ahli, serta pahami cara kerjanya, seperti disadur dari Kapanlagi, Selasa (4/10/2022).

2 dari 4 halaman

Pengertian Internet Secara Umum

Arti internet secara umum adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Internet berasal dari bahasa latin, yakni "inter" yang berarti antara.

Dapat disimpulkan, internet adalah jaringan yang terdiri dari miliaran komputer yang ada di seluruh dunia.

Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komunikasi global di mana jaringan ini menghubungkan miliaran jaringan dengan komputer di mana ia menggunakan sistem standar global trasnmision control protocol/internet suit (TCP/IP).

3 dari 4 halaman

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Bagaimana dengan pengertian internet menurut para ahli? Ada beberapa pendapat menurut para ahli tentang internet. Meski memiliki pengertian yang berbeda, inti dari arti tersebut sama. Berikut ini beberapa pengertian tentang internet menurut para ahli tersebut:

1. Ned Snell

Internet adalah suatu koridor bagi berbagai jenis sumber daya yang ada padanya, dan setiap sumber daya tersebut diakses melalui piranti yang berbeda-beda.

2. Sarwono

Internet adalah kumpulan jaringan dengan skala global, di mana tidak seorang pun mampu bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri

3. O'Brien

Internet adalah suatu jaringan komputer yang berkembang sangat pesat serta memberikan manfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai pendidikan, bisnis, hingga jaringan pemerintah yang saling berhubungan antara yang satu dengan lainnya.

4. Lani Sidharta

Internet adalah suatu bentuk interkoneksi antara jaringan komputer yang kemudian dapat memberikan pelayanan dalam bentuk informasi yang disajikan secara lengkap.

Lebih lanjut, Lani mengatakan bahwa internet juga merupakan rekan maya atau virtual yang ampuh, yang memberikan berbagai manfaat dalam di bidang bisnis, politik, bahkan hingga untuk hiburan semata.

5. Berners Lee

Internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Pengertian ini memiliki konsep di mana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lain.

6. Sibero

Internet adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan antarkomputer secara global. Lebih lanjut dijelaskan pula bahwa internet dapat juga disebut sebagai jaringan alam, yaitu suatu jaringan yang sangat luas.

7. Onno W. Purbo (Prihatna, 2005)

Internet adalah media yang memungkinkan sebuah proses komunikasi berlangsung efisien dengan menyambungkannya dengan beragam aplikasi.

8. Allan

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung dan memiliki kemampuan membaca dan menguraikan Internet Protocol (IP) dan Transmission Control Protocol (TCP). 

9. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Internet adalah sekumpulan komputer yang terhubung dengan jaringan. Jaringan komputer tersebut bisa diakses dan digunakan oleh siapa pun yang mendapatkan izin akses.

10. Oxford Dictionary

Internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.

4 dari 4 halaman

Cara Kerja Internet

Setelah mengetahui pengertian dari internet, berikut ini bagaimana cara kerja internet. Perlu dipahami bahwa internet diberikan oleh Internet Service Protocol atau ISP.

ISP merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan yang tugasnya menyediakan jasa koneksi internet dan juga jasa lain yang masih ada keterkaitannya. Mereka bertugas menyediakan layanan, mulai pendaftaran domain, hosting, hubungan internet, dan lain sebagainya.

Internet Service Protocol akan memberikan alamat ke komputer atau laptop. Kemudian ISP akan melakukan konfigurasi alamat agar supaya alamat tersebut bisa tersambung ke server ISP.

Cara kerja internet ini biasanya akan dilakukan di router, dari router inilah pengguna bisa melakukan berbagai macam konfigurasi lainnya sesuai kebutuhan. Beberapa konfigurasi yang bisa dilakukan adalah pembatasan sinyal, pembatasan kecepatan, daftar blokir, dan lain-lain.

Makin berkembangnya teknologi saat ini, internet tidak hanya bisa terkoneksi melalui kabel, tetapi juga bisa melalui gelombang radio atau dikenal dengan istilah WiFi.

 

Disadur dari: Kapanlagi.com (Penulis: Dhia Amira. Publsihed: 25/4/2022)

Yuk, baca artikel pengertian lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer