Sukses


Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Asam Urat

Bola.com, Jakarta - Asam urat adalah senyawa alami yang diproduksi tubuh. Jika kadar asam urat dalam tubuh normal, Anda tidak akan mengalami nyeri sendi.

Namun, apabila kadar asam urat melonjak, akan memicu penyakit asam urat. Asam urat kerap muncul di persendian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Kondisi ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman bagi yang mengalaminya sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sakit akibat asam urat paling banyak terjadi malam dan pagi hari saat bangun tidur. Gejala asam urat bisa berlangsung selama 4-11 hari.

Umumnya penyakit asam urat menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. Asam urat bisa datang pada siapa saja dan tidak mengenal usia.

Di sisi lain, penyakit ini bersifat kambuhan. Hal ini berarti gejala asam urat bisa datang bisa sewaktu-waktu. Supaya asam urat tidak kumat, Anda perlu memperhatikan pilihan makanan, contohnya dalam memilih buah-buahan.

Lantas apa saja buah yang baik untuk pengidap asam urat?

Berikut ini daftar buah yang baik untuk pengidap asam urat yang penting diketahui, dikutip dari Healthshots dan Timesofindia, Senin (3/10/2022).

2 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Asam Urat

1. Stroberi

Kandungan vitamin C pada stroberi bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan untuk menghambat pembentukan asam urat sehingga dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Selain itu, stroberi mengandung asam pantotenat (vitamin B5) yang dapat membantu pemecahan asam urat sehingga meningkatkan pengeluarannya melalui urine.

2. Pepaya

Buah pepaya mengandung vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kandungan vitamin C dalam buah pepaya bermanfaat meningkatkan pembuangan asam urat melalui urine.

3. Apel

Buah apel bisa menjadi makanan penurun asam urat. Apel mengandung asam malat yang dapat menetralkan asam urat dalam aliran darah. Maka itu, mengonsumsi apel secara rutin diyakini dapat memberikan kelegaan bagi siapa saja yang menderita kondisi asam urat tinggi.

3 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Asam Urat

4. Semangka

Buah semangka tidak hanya bagus untuk Anda yang sedang menjalankan program diet. Buah yang satu ini juga baik dimakan para pengidap asam urat.

Semangka kaya akan air dan mengandung vitamin A, C, B2, kalium, fosfor, flavonoid, dan likopen. Hal tersebut membuat semangka bisa membantu mengeluarkan kelebihan asam urat dari dalam tubuh.

5. Jeruk

Buah jeruk juga mengandung vitamin C dan vitamin B5 yang berguna untuk melawan penyakit asam urat. Kandungan vitamin C pada buah jeruk terbilang tinggi. Satu buah jeruk berukuran sedang bisa menyediakan 70 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan vitamin C harian mencapai 78 persen.

Kandungan vitamin C ini bermanfaat untuk menghambat pembentukan asam urat sehingga dapat menurunkan kadar asam urat. Sementara, kandungan B5 pada jeruk dapat digunakan membantu pemecahan asam urat sehingga meningkatkan pengeluarannya melalui urine.

6. Pisang

Bagi pengidap asam urat, pilihlah buah yang kaya akan serat seperti pisang. Buah berserat dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui saluran pencernaan.

Konsumsi serat juga dapat mengendalikan kadar gula darah dan menstabilkan hormon insulin yang turut memengaruhi pembentukan asam urat.

4 dari 4 halaman

Daftar Buah yang Baik untuk Pengidap Asam Urat

7. Sirsak

Setiap 100 gram buah sirsak mengandung protein 1 gram, lemak 0,3 gram, kabohidrat 16,3 gram, kalsium 14 mg, fosfor 27 mg, serat 2 gram, dan zat besi 0,6 mg. Sirsak juga mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan vitamin C.

Kandungan vitamin C pada sirsak dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menghambat produksi enzim xantin oksidase yang bisa menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

8. Anggur

Anggur adalah buah dengan kadar purin rendah dan baik dikonsumsi untuk pengidap asam urat. Anggur merupakan buah yang kaya antioksidan, senyawa yang baik untuk mencegah penuaan di tubuh.

9. Buah Beri

Buah-buahan jenis beri, seperti raspbery, mengandung senyawa alami flavonoid. Senyawa aktif flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu tubuh menghilangkan radikal bebas akibat terpapar racun.

Kandungan di dalam buah beri juga dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

 

Sumber: Healthshots, Timesofindia

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Euforia fans Timnas Prancis usai lolos babak 16 besar Piala Dunia 2022

Video Populer

Foto Populer