Sukses


Champion SAC Indonesia 2022: 32 Atlet Atletik Pelajar Bali dan Nusa Tenggara Lolos ke Senayan

Bola.com, Mataram - Kualifikasi kejuaraan atletik bertajuk Champion Student Athletics Championship (SAC) Indonesia 2022 di Bali dan Nusa Tenggara telah digelar pada 30 September hingga 2 Oktober 2022. Kompetisi kualifikasi ini meloloskan 32 atlet pelajar yang bakal tampil di Nation Championship yang digelar 9-11 Desember 2022.

Bertempat di Stadion 17 Desember, Turide, Kota Mataram, kualifikasi kompetisi atletik ini diikuti oleh 3.898 atlet pelajar tingkat SD hingga SMA yang mewakili lebih dari 150 sekolah di wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Selama tiga hari, kompetisi melombakan 12 nomor.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, memberikan apresiasi besar atas inisiatif dan kepercayaan PB PASI dan DBL Indonesia yang menyelenggarakan turnamen kualifikasi ini. Zulkieflimansyah juga hadir sejak pembukaan pada Jumat (30/9/2022) hingga prosesi pengalungan medali pada Minggu (2/10/2022).

"InsyaAllah dengan digelarnya event luar biasa ini, bisa makin menggairahkan minat para pelajar di NTB untuk berprestasi di cabang olahraga atletik. Ini sangat penting karena NTB menjadi pusat atletik nasional," ujar Zulkieflimansyah.

"Apalagi jika tidak ada halangan, NTB akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028. Jadi pelajar inilah yang akan menjadi andalan NTB di cabor atletik saat PON nanti," lanjutnya setelah penutupan Kualifikasi Champion SAC Indonesia 2022 itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Mempertandingkan 12 Nomor Berbeda

Kualifikasi Champion SAC Indonesia 2022 di Bali dan Nusa Tenggara ini mempertandingkan 12 nomor berbeda. Untuk kelompok SMA mempertandingkan nomor lari 100 meter, lari jarak menengah 1.000 meter, lari estafet 4x100 meter, tolak peluru, dan lompat jauh.

Sementara untuk tingkat SMP, ada nomor lari 80 meter, lari jarak menengah 800 meter, lari estafet 5x80 meter, tolak peluru dan lompat jauh. Dan untuk SD ada lari jarak 60 meter, lari estafet 8x50 meter, dan tambahan atletik anak yaitu formula 1 dan lari kanga.

Dalam hari ketiga, atau penutupan kualifikasi, digelar final nomor bergengsi, mulai dari sprint, tolak peluru, estafet, jarak menengah, dan lompat jauh. Untuk tingkat SMA, peserta yang menjadi juara dan runner-up dari setiap nomor lolos mewakili Bali dan Nusa Tenggara untuk bersaing di level nasional.

Total ada 32 atlet pelajar dari Bali dan Nusa Tenggara akan bersaing dengan atlet pelajar dari wilayah lain pada National Championship yang digelar di Jakarta pada Desember 2022.

 

3 dari 4 halaman

Berlanjut ke Papua hingga Jawa Barat

Setelah kualifikasi SAC Indonesia 2022 di Bali dan Nusa Tenggara berakhir, kompetisi kualifikasi atletik ini akan berlanjut di delapan wilayah lain, mulai dari Mimika, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Sumatra Utara, Jakarta, Semarang, dan Bandung.

Kompetisi kualifikasi di delapan wilayah lain itu akan dimulai pada 7 Oktober mendatang di Mimika, Papua, hingga berakhir di Bandung pada 4 Desember 2022.

Sementara fase puncak atau National Championship dari SAC Indonesia 2022 bakal berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta pada 9 hingga 11 Desember 2022.

 

 

4 dari 4 halaman

32 Atlet yang Mewakili Bali dan Nusa Tenggara

Tolak Peluru

  • Putra: Farid Rizwan (SMAN 2 Mataram) dan I Gede Septiawan Yudarta (SMAN 8 Mataram).
  • Putri: Asri Tri Handayani (SMAN 2 Sumbawa) dan Rena (SMKN 5 Mataram).

Lompat Jauh

  • Putra: Zikril Hakim (SMAN 4 Praya) dan Lalu Muhammad Algifari (SMKN 1 Pemenang Lombok Utara)
  • Putri: Tina Safira Lanasari (SMAN 1 Sakra) dan Pili Dwi Ariyanti (SMAN 2 Sumbawa Besar).

1.000 meter

  • Putra: M. Iqra Syahputra dan Yad Hafizudin
  • Putri: Gusti Kadek Widiyartini (SMAN 4 Singaraja) dan Dita Dwi Rizky Ayu Lestari (SMAN 2 Kota Bima).

Estafet 4x100 meter

  • Putra: Tim SMA 1 Poto Tano dan SMAN 4 Praya
  • Putri: MAN 2 Mataram dan SMAN 8 Mataram

100 meter

  • Putra: Muhammad Fahril Wardanang (SMAN 1 Woja) dan Lalu Muhammad Septian Kusuma (SMAN 1 Selong).
  • Putri: Ni Kadek Budiarsini (SMAN 1 Bangli) dan Tufliatin (SMKN 2 Kota Bima).

Video Populer

Foto Populer