Sukses


Macam-Macam Kebiasaan sebelum Tidur yang Merusak Rambut

Bola.com, Jakarta - Tanpa kita sadari, kita mungkin memiliki kebiasaan yang justru merusak rambut. Satu di antaranya kebiasaan yang kita lakukan sebelum tidur. Maka itu, macam-macam kebiasaan yang merusak rambut sebelum tidur perlu Anda ketahui sehingga Anda dapat menghentikan kebiasaan tersebut.

Bagi banyak orang, rambut merupakan bagian tubuh penting lantaran bisa menunjang performa. Maka, tak heran banyak orang rela mengeluarkan banyak uang untuk memiliki rambut indah.

Meski begitu, kesehatan dan keindahan rambut bisa diperoleh dengan cara lebih mudah dan murah, satu di antaranya dengan menjauhi hal-hal yang dapat merusak rambut itu sendiri.

Beberapa kebiasaan yang membuat rambut rusak, semisal mengucir rambut terlalu kencang, terlalu sering menyisir rambut, menyisir rambut segera setelah keramas, dan sebagainya.

Secara khusus, ada kebiasaan buruk sebelum tidur yang harus Anda tinggalkan agar rambut tetap sehat dan indah. Apa saja itu?

Berikut macam-macam kebiasaan sebelum tidur yang merusak rambut, disadur dari Klikdokter, Selasa (4/10/2022).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Kebiasaan sebelum Tidur yang Merusak Rambut

Tidur dengan Rambut Basah

Rambut mudah rapuh dan patah dalam keadaan basah. Maka itu, tidur dalam keadaan rambut basah bisa menjadi penyebab rambut rusak dan bercabang.

Banyaknya gesekan rambut basah pada sarung bantal berpotensi menyebabkan kutikel rambut rapuh. Rambut jadi cenderung terlihat kering dan sulit diatur nantinya. 

Jadi, bila Anda terbiasa keramas sebelum tidur, pastikan rambut sudah dikeringkan terlebih dahulu sebelum tidur.

Mengikat Rambut

Mengikat rambut dengan kencang dan membiarkannya semalaman, saat Anda tidur, akan membuatnya rapuh dan mudah patah, terlebih bila Anda mengikatnya saat basah. 

Ketimbang menggunakan ikat rambut, Anda bisa menggunakan jepit rambut yang lebih aman untuk kesehatan rambut.

Malas Menyisir Rambut

Menyisir rambut, terutama sebelum tidur, akan membuat rambut lebih sehat. Hal ini karena menyisir rambut dapat menyebarkan minyak alami di kulit kepala.

Kulit kepala memiliki kelenjar yang memproduksi minyak. Menyisir rambut saat kering akan mendistribusikan minyak alami tersebut ke sepanjang batang rambut. 

Selain itu, menyisir rambut sebelum tidur dapat menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut.

 

3 dari 4 halaman

Kebiasaan sebelum Tidur yang Merusak Rambut

Tidak Melakukan Perawatan Rambut 

Sama halnya wajah yang mendapat perawatan rutin sebelum tidur, begitu pula dengan rambut. Perawatan rambut dan kulit kepala sebelum tidur bermanfaat untuk membuat tampilan rambut lebih indah di pagi harinya.

Selain itu, dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut setelah terpapar berbagai penyebab rambut rusak di siang hari.

Anda bisa mengaplikasikan serum rambut pada batang rambut. Serum akan memberikan nutrisi yang dapat mengembalikan kekuatan dan mengurangi kerusakan di batang rambut. 

Perawatan khusus lainnya adalah memberikan pijatan lembut pada kulit kepala sebelum tidur.

Tidur tanpa Membersihkan Hairspray di Rambut

Apabila Anda menggunakan hairspray setelah menghadiri undangan, jangan lupa keramas setiba di rumah. 

Sebab, sisa zat dari hairspray akan membuat rambut mudah rapuh dan patah. Pastikan keramas sampai bersih hingga sisa hairspray hilang. Gunakan kondisioner untuk membuat rambut Anda halus kembali.

 

4 dari 4 halaman

Kebiasaan sebelum Tidur yang Merusak Rambut

Malas Menggunakan Kondisioner

Bila terbiasa keramas sebelum tidur, jangan lupa pakai kondisioner. Produk pelembap rambut tersebut dapat menutrisi kutikel rambut dan membantu melembapkannya selama delapan jam saat Anda tidur.

Bila lebih menyukai produk alami, Anda dapat menggunakan produk berbahan dasar minyak kelapa sebagai pengganti kondisioner. 

Jangan lupa, pakai kondisioner mulai batang hingga ujung rambut. Kondisioner tidak perlu dioleskan di bagian akar rambut.

Menggunakan Sarung Bantal Berbahan Katun

Sarung bantal berbahan katun, sayangnya, berpotensi menyebabkan gesekan pada rambut ketika tidur. 

Kalau ingin rambut halus dan sehat, coba ganti sarung bantal dan seprai Anda dengan bahan silk (sutra). Kain yang lembut seperti sutra dapat mengurangi gesekan penyebab rambut rusak.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 3/12/2020)

Silakan klik tautan ini untuk artikel macam dari berbagai tema lain. 

Video Populer

Foto Populer